Kehadiran WiFi di sebuah restoran terasa seperti sebuah kewajiban. Pelanggan bisa mengakses internet dan melakukan banyak hal sembari menunggu pesanan mereka tiba.
Tapi, apa kamu tahu kalau WiFi juga bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari usaha marketing kamu ke pelanggan? Bagaimana bisa dan apa yang perlu dilakukan untuk mengubah WiFi untuk marketing restoran kamu?
WiFi marketing merupakan salah satu strategi yang memanfaatkan WiFi untuk mendongkrak kepuasan dan loyalitas pelanggan serta mempromosikan usahamu.
Akses WiFi yang tersedia bisa dipakai oleh usahamu untuk mengumpulkan data pelanggan, mengenal pelanggan lebih dekat, dan memberikan promosi yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pelanggan.
Dengan menggunakan software khusus, kamu bisa mengumpulkan berbagai informasi mengenai pelanggan hanya dengan melalui WiFi.
Ini memang terkesan sensitif, namun kamu bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas layananmu buat pelanggan.
Melalui WiFi marketing, kamu bisa mengetahui konten seperti apa yang biasa dikonsumsi dan dibaca oleh pelanggan. Dari sini, kamu bisa merancang konten pemasaran dan promosi yang tepat untuk pelanggan.
WiFi marketing juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan masukan yang berkenaan pelanggan secara langsung.
Misalnya, kalau pelanggan menggunakan WiFi dalam waktu singkat saja, kamu bisa menduga bahwa WiFi kamu kurang baik performanya atau memang rata-rata pelangganmu memilih memesan secara takeaway.
Sumber: Freepik
Sesaat setelah pelanggan login ke dalam WiFi di restoranmu, kamu bisa langsung menawarkan diskon atau voucher makan. Kamu juga bisa mengirimkan diskon atau voucher tersebut ke email yang mereka pakai untuk login ke WiFi.
Nggak semua orang memiliki preferensi atau minat yang sama mengenai suatu produk. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan WiFi, kamu bisa mengetahui produk seperti apa yang pelangganmu ingin lihat.
Alhasil, kamu bisa menampilkan promosi atau iklan produk yang sesuai dengan keinginan mereka.
Agar WiFi marketing yang kamu lakukan semakin maksimal, kamu bisa menggabungkan WiFi marketing kamu dengan loyalty program di restoranmu.
Misalnya, kamu bisa mendorong pelanggan untuk mendaftar sebagai member dan setiap kali mereka login, mereka bisa dapat rewards atau points yang bisa mereka tukarkan untuk berbagai hadiah tertentu.
Hal pertama yang tentu kamu mau lakukan adalah memastikan kamu punya koneksi WiFi di restoranmu. Kalau belum, kamu bisa segera memasang internet dengan mencari provider yang kamu rasa paling tepat dari segi harga dan kualitas.
Selain itu, kamu perlu memastikan agar internet atau koneksi WiFi yang kamu pasang adalah untuk public dan bukan private.
Memasang WiFi saja nggak cukup. Untuk bisa menerapkan WiFi marketing, software khusus dibutuhkan agar pelanggan bisa login ke WiFi kamu dan kamu bisa memperoleh informasi pelanggan.
Kamu bisa mencari WiFi marketing software yang tersedia di pasaran yang kamu rasa cocok dengan kebutuhanmu.
Kalau kamu ingin juga memberikan konten pemasaran atau loyalty program buat pelangganmu, kamu bisa juga mencari loyalty apps atau software untuk melakukan email marketing agar kamu bisa memberikan konten yang tepat dan menarik buat mereka.
Setelah semuanya siap, saatnya kamu membuka akses WiFi di restoranmu untuk pelangganmu. Pasang stiker dengan tulisan "Free WiFi" atau cantumkan nama WiFi di struk transaksi untuk mendorong pelanggan login ke restoranmu.
Menyediakan WiFi sebagai bagian dari fasilitas saja sudah biasa. Kini, saatnya kamu memanfaatkan WiFi yang kamu pakai di restoranmu untuk menyajikan konten pemasaran yang tepat dan membangun kepuasan serta loyalitas pelanggan!