Walau Nggak Ada Wujudnya, Alat Pemasaran Restoran Ini Ampuh dan Super Efektif!

4 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
alat pemasaran yang satu ini nggak ada wujudnya, tapi super efektif untuk menarik pelanggan

Seiring waktu yang terus melaju, berkembang pula berbagai jenis alat pemasaran untuk berbagai bisnis, termasuk restoran. Berbagai alat pemasaran yang digunakan antara lain brosur, spanduk, kartu member yang bisa digunakan bersamaan dengan loyalty program. Semuanya memiliki wujudnya masing-masing dan ampuh dalam melakukan fungsinya sebagai pemasaran.

Namun, apa jadinya jika ada alat pemasaran yang nggak punya wujud, tapi efeknya super ampuh dan efektif untuk pemasaran restoran kamu?

Yuk Kenalan Dengan Scent Marketing!

Scent marketing adalah salah satu jenis pemasaran yang memanfaatkan scent alias aroma atau wangi yang dihasilkan suatu produk untuk memikat pelanggan yang lalu-lalang di depan toko atau restoran kamu. Aroma dan wangi yang dipilih pun nggak boleh sembarangan dan harus mencerminkan identitas dan ciri khas. Dengan "mempersenjatai" restoran kamu dengan aroma atau wangi yang khas, maka kamu nggak cuma bisa menarik calon pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi juga memiliki identitas yang nggak dipunyai oleh restoran lain.

Di samping menunjukkan dan memperkuat identitas dari brand restoran kamu, scent marketing juga merupakan salah satu faktor yang menunjang suasana restoran kamu. Ketika memiliki aroma yang khas dari produk yang disajikan, pelanggan kamu tentunya akan lebih menikmati pengalamannya dalam bersantap di restoran kamu. Mereka pun jadi lebih tergiur untuk menikmati santapan yang mereka pesan.

2 Jenis Scent Marketing

1. Scent Branding

Scent branding adalah salah satu jenis scent marketing yang digunakan untuk membangun identitas brand dengan menggunakan aroma atau wangi produk sebagai senjata utamanya. Scent branding yang sukses memungkinkan brand kamu untuk dikenal bahkan tanpa orang-orang harus melihat wujud fisik atau logo dari brand kamu.

Contoh terbaik dari scent branding adalah brand Rotiboy dan BreadTalk. Kalau mendengar dua nama brand ini, aroma roti yang begitu kuat dan khas dari masing-masing brand langsung terbayang. Kedua brand ini sukses memanfaatkan aroma produk mereka, yaitu roti dan kue (Untuk rotiboy, tentu saja aroma roti warna coklatnya yang khas) sehingga orang-orang terkadang menyebut kedua aroma ini dengan sebutan "aroma Rotiboy" dan "aroma BreadTalk".

Namun, untuk melakukan scent branding ini, kamu harus memiliki produk dengan aroma yang benar-benar khas dan nggak dimiliki oleh tempat lain. Hal ini perlu agar kamu bisa benar-benar ingin sesuatu yang benar-benar terasosiasi dengan brand kamu, seperti yang dilakukan Rotiboy dan BreadTalk.

2. Ambient Scenting

Ambient scenting adalah salah satu jenis scent marketing yang diterapkan untuk mendorong terciptanya suasana tertentu dalam suatu tempat. Umumnya, berbagai jenis bisnis menerapkan ambient scenting yang ditujukan untuk menciptakan pengalaman dan emosi positif buat pelanggan di tempat tersebut sehingga pelanggan merasa lebih nyaman dan rileks ketika sedang berada di dalamnya.

Biasanya, tempat-tempat tertentu seperti bioskop dan hotel menerapkan ambient scenting sebagai bagian dari strategi mereka agar dapat menciptakan suasana yang nyaman. Hal ini pun membuat pengalaman mereka menonton di bioskop dan menginap di hotel jadi lebih positif dan menimbulkan emosi yang positif pula.

Bermodalkan aroma atau wangi produk yang nggak berwujud, kamu bisa menggaet lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan kamu. Kalau kamu memang benar-benar ingin menjadikan scent marketing sebagai salah satu senjata andalan kamu dalam menggaet pelanggan, saatnya fokus untuk bereksperimen dalam menemukan aroma khas yang bisa kamu gunakan di restoran kamu!