Sebagai industri yang setiap harinya selalu memenuhi kebutuhan primer masyarakat, industri kuliner dan restoran punya dinamika yang siap menguras fisik dan mental siapapun yang bekerja di dalamnya.
Hal ini termasuk mereka yang memiliki posisi sebagai waiter atau pelayan restoran.
Bila kondisi kelelahan fisik dan mental yang mereka alami diabaikan begitu saja, mereka bisa mengalami kondisi yang disebut waitmare.
Apa itu waitmare, dan apa saja penyebab kondisi ini di samping tingginya tekanan dalam industri kuliner? Lalu, bagaimana kondisi ini bisa kamu tangani sebagai pemilik restoran?
Waitmare adalah suatu istilah yang merupakan gabungan dari dua kata, yaitu waiter yang merujuk kepada pelayan atau server di restoran dan nightmare yang memiliki arti mimpi buruk.
Istilah ini dipakai untuk menjelaskan kondisi pelayan atau server restoran yang mengalami kondisi yang seolah seperti "mimpi buruk" saat bekerja di restoran.
Dalam kondisi ini, pelayan restoran umumnya jadi rentan melakukan kesalahan, bingung dalam bekerja, hingga memperoleh tekanan dan stres yang tinggi dan berujung pada performa pekerjaan yang buruk.
Bila dibiarkan berlama-lama, kondisi waitmare akan membuat
Multitasking memang memungkinkan seseorang untuk mengelola dan mengerjakan banyak tugas sekaligus.
Namun, multitasking yang dialkukan secara rutin dalam jangka waktu yang lama akan bikin seseorang merasa lelah dan nggak bisa fokus untuk mengerjakan setiap tugas yang dipegangnya dengan baik.
Alhasil, pekerjaan pun akan berakhir nggak maksimal dan bikin pelanggan nggak puas.
Jadwal kerja yang berubah-ubah secara mendadak dan konstan akan bikin staf restoran kamu yang berposisi sebagai pelayan jadi kebingungan dan kewalahan dalam mengatur jadwal kerjanya dengan jadwal pribadinya.
Dampaknya, mereka pun akan terkejut ketika diminta untuk bekerja secara mendadak dan hal ini akan berpengaruh terhadap bagaimana mereka menjalani kehidupan pribadi mereka.
Salah satu duka dalam bekerja menjadi seorang pelayan restoran adalah kehadiran pelanggan yang banyak menuntut dan meminta.
Jenis pelanggan seperti ini bisa bikin pelayan restoran kamu merasa tertekan hingga bingung, terlebih lagi ketika mereka memiliki permintaan yang aneh dan mengedepankan temperamen dalam bertanya, meminta sesuatu, atau melayangkan komplain.
Riuh ramainya restoran adalah kondisi yang umum dialami setiap pelayan restoran ketika bekerja.
Bila terjadi berlama, pelayan restoran kamu akan terkuras secara mental maupun fisik, membuat mereka kebingungan dalam bekerja hingga menurun fokusnya.
Agar bisa menangani tingginya traffic restoran dan pelanggan yang demanding, kamu perlu mengikutsertakan setiap pelayan restoran kamu di dalam program latihan khusus. Mereka akan belajar menangani berbagai kondisi tersebut dan lama-kelamaan akan terbiasa.
Namun, perlu diingat, meskipun seorang pelayan restoran sudah terbiasa menangani traffic restoran yang tinggi dan pelanggan yang terlalu banyak menuntut, kondisi-kondisi tersebut cepat atau lambat akan bikin mereka lelah.
Untuk itu, kamu perlu beberapa solusi selanjutnya untuk membuat mereka jadi lebih baik.
Benefits adalah hak yang perlu diterima setiap staf restoran agar kehidupan mereka jadi lebih baik dan mereka bisa menjadi makin betah dengan restoran kamu.
Salah satu benefits yang perlu diterima adalah benefits yang berkenaan dengan wellness dan kesehatan fisik mereka.
Untuk itu, kamu bisa memberikan benefits seperti keanggotaan gym, asuransi kesehatan, hingga akses ke klub yoga atau meditasi untuk membantu mereka menjaga kondisi fisik dan mental mereka.
Jam operasional restoran yang cukup panjang, ditambah kemungkinan traffic yang tinggi, harus diseimbangkan dengan durasi istirahat yang tepat.
Ketika kamu mengalami traffic tinggi, berikan waktu istirahat yang lebih panjang untuk para staf kamu.
Dengan waktu istirahat yang lebih panjang, mereka bisa punya kesempatan untuk berlibur ke luar kota hingga menghabiskan waktu bersama teman-teman dengan keluarga. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan outing program untuk mengajak mereka berlibur.
Sebagai pemilik usaha, sebisa mungkin kamu buat jadwal yang teratur untuk para pegawai kamu, terutama yang bekerja sebagai pelayan restoran.
Melalui jadwal yang teratur dan nggak banyak mengalami perubahan, apalagi secara mendadak, kamu telah memberikan kesempatan buat mereka untuk membuat rencana pribadi mereka sekaligus mengurangi stres akibat perubahan jadwal yang mendadak.