Tableside Ordering: Saatnya Bikin Manajemen Pesanan Pelanggan di Restoran Lebih Mudah dan Cepat!

8 Dec 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Tableside ordering adalah sistem baru yang lebih cepat dan efektif untuk restoran mengelola pesanan dengan bantuan teknologi!

Kehadiran beragam teknologi yang memadai memungkinkan usaha restoran untuk merancang dan memiliki sistem yang lebih baru, baik, dan efektif dalam mengelola dan memproses pesanan pelanggan.

Salah satu sistem tersebut adalah tableside ordering.

Apa itu sistem tableside ordering? Bagaimana restoran kamu bisa menerapkannya dan apa saja keuntungannya?

Mengenal Sistem Tableside Ordering

Tableside ordering adalah suatu sistem yang memungkinkan pelanggan untuk memesan melalui gawainya sendiri, melalui suatu perangkat self service, atau langsung melalui point of sale yang dibawakan atau dipandu oleh pelayan restoran.

Dengan sistem ini, proses pemesanan untuk pelanggan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan memberikan value yang lebih karena pelanggan dapat merasakan pengalaman melakukan pemesanan dengan lebih mandiri.

Penerapan Sistem Tableside Ordering

Untuk penerapannya sendiri, sistem tableside ordering bisa diterapkan melalui 3 cara:

1. Self Service Kiosk

Self service kiosk adalah suatu perangkat khusus, yang berupa tablet atau layar besar, yang membantu pelanggan untuk memasukkan pesanan secara mandiri 

Nggak hanya itu, pelanggan pun juga membuat pesanan kustom dan memasukkan request khusus sesuai dengan keinginannya sendiri.

2. Server POS

Server POS merujuk kepada point of sale yang dapat dibawa kemana-mana oleh pelayan restoran.

Dengan menggunakan server POS, pelayan akan membawa POS yang ada di gawainya kepada pelanggan yang ingin memesan. Pelayan umumnya akan memandu pelanggan yang ingin memesan dan segera memproses pesanan di hadapan pelanggan.

3. QR Code

QR code merupakan sebuah kode khusus yang bisa di-scan atau dipindai oleh kamera gawai pelanggan.

Di dalam QR code tersebut, biasanya pelanggan bisa menemukan menu lengkap dari restoran. Pelanggan juga bisa melakukan pemesanan langsung (Apabila restoran menyediakan sistem pemesanan khusus di dalam QR code tersebut).

Setelahnya, pelanggan pun bisa melakukan tracking atau memantau proses pemesanan yang sedang diolah di dapur oleh pihak restoran. 

Pelayan Melayani Pelanggan yang Ingin Memesan di Restoran

Sumber: Freepik.com

Keuntungan Menerapkan Sistem Tableside Ordering

1. Pemesanan Lebih Akurat

Sistem tableside ordering membantu proses pemesanan yang pelanggan lakukan jadi lebih tepat dan akurat.

Pelayan yang mengoperasikan POS atau memandu pelanggan di self service kiosk bisa membantu memastikan pesanan pelanggan sudah tepat atau belum.

Alhasil, peluang adanya salah pesanan menjadi sangat minim. Pelanggan jadi nggak perlu komplain mengenai pesanan yang salah.

2. Kecepatan Pelayanan Meningkat

Melalui penerapan sistem tableside ordering, pelanggan bisa langsung memasukkan pesanan dan setiap pesanan akan langsung terkirim ke dapur. Artinya, pesanan bisa langsung diolah tanpa banyak hambatan.

Hal ini juga menguntungkan dari sudut pandang pelayan. Mereka jadi bisa mengurus dan mengelola pelanggan lain yang ingin memesan dengan cepat.

3. Memberikan Pengalaman Unik untuk Pelanggan

Tableside ordering menyediakan beragam cara atau penerapan yang benar-benar berbeda dari cara umum atau konvensional pada umumnya untuk mengambil pesanan.

Melalui QR code, pelanggan bisa memesan hingga mengetahui proses pesanan hanya dengan melalui gawainya.

Melalui self service kiosk, pelanggan bisa memesan langsung secara mandiri dan mengotak-atik pesanannya sesuai keinginannya.

Melalui server POS, pelanggan bisa memesan langsung dengan bantuan gawai pelanggan sembari dipandu olehnya.

4. Pelayan Lebih Memahami Restoran dan Pelanggan

Ketika pelayan terlibat aktif dalam tableside ordering, pelayan bisa memahami restoran dengan lebih mudah melalui gawainya.

Pelayan bisa memiliki pengetahuan lebih terkait dengan bahan baku, menu, hingga cara pembayaran di restorannya.

Lebih lanjut lagi, pelayan pun memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mengenal kepribadian dan selera mereka lebih lanjut.

Artikel Terkait
Figure Blog
18 Feb 2022
Mau Work From Cafe? Coba 3 Cafe di Tangerang Ini!

Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Dapat Review Negatif? Begini 3 Cara Menanganinya!

Jangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!

Baca selengkapnya
Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS