Soto Betawi Haji Husen: Soto Betawi Legendaris dengan Rasa Khas yang Tiada Dua

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Meski sudah berusia lebih dari 4 dekade, soto Betawi milik Haji Husein selalu punya daya tarik dan kekhasan yang nggak tertahankan!

Berbicara soal salah satu kuliner paling populer di Jakarta, maka salah satu jawaban yang paling ramai keluar dari mulut orang-orang adalah soto Betawi.

Kalau memang ingin menyantap soto betawi, ada begitu banyak warung atau rumah makan soto betawi yang punya soto betawi yang enak. Namun, kalau mencari yang punya rasa yang enak dan juga khas, maka tempat yang harus kamu kunjungi pertama kali adalah warung soto Betawi milik Haji Husein!

Warung Sederhana yang Selalu Penuh

Warung soto Betawi yang sudah buka sejak 1975 ini adalah tempat yang sederhana, bersahaja, dan nggak terlalu besar. Meski tempatnya nggak terlalu besar, warung ini selalu penuh dan nggak pernah kehabisan pembeli. Alhasil, tempatnya terkesan sedikit sumpek.

Namun, walau begitu, para pembelinya seperti nggak peduli karena seperti fokus dan terhipnotis pada sajian soto betawi yang sudah begitu melegenda di warung soto ini. Warung ini punya dua jenis soto untuk disajikan, yaitu soto daging dan soto campur.  Untuk soto campurnya, isiannya terdiri atas jeroan seperti babat dan paru. Tapi, kalau dari segi rasa, bagaimana ya?

Soto Betawi Haji Husen

Sumber: Liputan6.com

Punya Bahan Pembeda

Soto betawi racikan Haji Husein dikenal punya cita rasa yang khas. Kuahnya yang berwarna kekuningan punya cita rasa gurih, sedap, dan punya tekstur yang cukup kental. Nggak cuma itu, rasanya pun sedikit manis. Bisa dibilang, rasa soto Betawi di sini begitu kaya dan nggak monoton untuk disantap.

Ternyata, letaknya ada pada satu bahan khusus andalan Haji Husein: Susu sapi. Bahan yang satu ini adalah alasan mengapa soto betawi racikan Haji Husein punya cita rasa khas dan mantap. Menariknya, penggunaan susu sapi di warung ini nggak pernah ditakar atau dhitung detil. Penggunaannya hanya memakai feeling atau intuisi saja. Namun, rasanya tetap konsisten dan nggak pernah berubah dari waktu ke waktu.

Nggak hanya kuahnya, isian sotonya pun begitu nikmat. Daging dan berbagai jeroannya mudah digigit dan punya tekstur yang empuk. Kuahnya pun sangat meresap ke dalam berbagai isiannya. Ditambah acar, sambal, emping, dan nasi hangat dengan taburan bawang goreng, maka lengkaplah sudah makan siang di warung soto betawi legendaris ini. Nggak heran kalau salah satu food vlogger ternama, yaitu Mark Wiens, sampai nambah 4 porsi soto dan nasi ketika santap siang di warung yang sudah buka dari jam 8 pagi ini.

Kalau memang berniat menyantap seporsi soto betawi yang nikmat hangat di sini, langsung saja datang ke warungnya yang berada di Jalan Padang Panjang. Pastikan jangan pernah datang melebihi jam 2 siang, atau asa kamu untuk menyantap soto legendaris di sini akan pupus sudah!