Sirloin vs Tenderloin vs Ribeye, Mana yang Paling Enak untuk Dibuat Steak?

25 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Memilih daging untuk dibuat jadi steak? Simak panduan kali ini!

Kalau bicara soal makan steak, maka ketiga daging ini nggak akan bisa lepas dari pembicaraan: Sirlointenderloin, dan ribeye. Ketiga daging ini umum jadi bahan utama dalam pembuatan steak.

Namun, apa sih yang menjadi pembeda dari setiap daging? Apakah hanya dari segi harga saja? Berikut ini adalah pembahasan terkait karakteristik ketiga jenis daging tersebut!

Sirloin

Sirloin, atau yang biasa disebut daging has luar, merupakan daging sapi yang berlokasi di bawah tulang rusuk hingga ke bagian luar tulang rusuk. Nama sirloin sendiri diambil dari kata sir yang memiliki arti "laki-laki". Penamaan ini digunakan untuk menggambarkan tekstur dagingnya yang cukup keras. Tekstur keras ini disebabkan oleh karena di sirloin terdapat otot-otot yang aktif dipakai bergerak oleh sapi. Hal ini pun mengakibatkan kandungan lemak di sirloin jadi begitu sedikit.

Tenderloin

Tenderloin, yang umum disebut daging has dalam atau fillet mignon, adalah daging sapi yang berada di bagian tengah sapi. Tenderloin sendiri disebut has dalam karena berada di antara tiga bagian sirloin.

Daging yang satu ini memiliki sedikit lebih banyak lemak bila dibandingkan dengan sirloin. Selain itu daging tenderloin ini memiliki tekstur daging yang lebih empuk bila dibandingkan sirloin karena mengandung otot-otot sapi yang nggak terlalu aktif bergerak. Dari segi harga, tenderloin memiliki harga yang lebih mahal dari sirloin.

Ribeye

Ribeye adalah daging yang banyak dikenal sebagai daging iga sapi. Daging ribeye biasa diperoleh dari bagian tulang rusuk sapi. Daging yang satu ini biasanya disajikan dalam dua bentuk, yaitu boneless rib (Tanpa tulang) atau bone in (Menempel dengan tulang). Dibandingkan dengan daging sirloin dan tenderloin, daging ini memiliki jumlah lemak yang paling banyak. Harganya pun adalah yang paling mahal bila dibandingkan dengan dua daging sebelumnya.

Perbandingan Rasa Ketiganya

Sirloin memiliki harga yang cukup murah dan rasa yang cukup gurih dan juicy. Namun, bila dibandingkan dengan tenderloin dan ribeye, daging sirloin adalah yang paling keras. Kalau kamu khawatir jadi lebih gemuk karena makan steak yang menggunakan daging sirloin, tenang! Daging sirloin punya kandungan lemak yang paling sedikit bila dibandingkan dengan kedua daging tadi. Jadi, kamu tetap bisa menikmati steak tanpa takut bertambah berat badan!

Sementara itu, untuk tenderloin, dagingnya dikenal lebih empuk bila dibandingkan dengan sirloin. Meski sama-sama rendah lemak seperti daging sirloin, kandungan lemak pada daging tenderloin sedikit lebih banyak dibandingkan daging sirloin. Secara rasa, daging tenderloin pun lebih juicy dan sedikit lebih lembut.

Terakhir, daging ribeye. Dibandingkan kedua daging sebelumnya, ribeye adalah yang paling juicy, lembut, dan empuk. Hal ini dikarenakan kandungan lemaknya yang begitu tinggi dan ini menyebabkan tingkat marbling-nya jadi lebih tinggi. Alhasil, sensasi lumer dan meleleh di mulut pun bisa kamu dapatkan ketika sedang menyantap steak yang menggunakan daging ribeye. Namun, untuk menikmatinya, kamu harus rela untuk merogoh kocek yang mendalam karena harganya adalah yang paling mahal bila dibandingkan sirloin dan tenderloin.

Kalau kamu memang ingin mencoba versi lebih nikmat dari ribeye, kamu dapat mencoba prime rib. Keduanya sama-sama diambil dari tulang rusuk sapi, namun prime rib memiliki bentuk yang lebih besar dan dapat dipotong-potong menjadi ribeye. Dari segi pengolahan, prime rib biasanya dipanggang dalam durasi yang lebih lama dan dalam suhu yang lebih rendah. Alhasil, teksturnya sedikit lebih empuk dari ribeye.

Setiap daging yang diolah untuk menjadi steak memiliki ciri dan karakteristiknya masing-masing. Jika kamu memang lebih memilih daging yang memiliki tingkat lemak yang sangat rendah namun tetap nikmat, sirloin cocok untuk kamu. Jika kamu ingin mencari daging yang punya kualitas digdaya dari segi rasa dan tekstur dan rela untuk mengeluarkan biaya lebih tinggi, daging ribeye adalah pilihan yang pas. Namun, jika kamu memang ingin mencari daging yang gurih, juicy, dan empuk layaknya ribeye dengan tingkat lemak lebih rendah dan harga yang lebih ramah kantong, tenderloin bisa jadi solusi.