Sepenting Apa Update Menu Restoran buat Restoran Kamu?

17 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Meski kecil, perubahan pada menu nyatanya berdampak besar buat restoran kamu. Seperti apa?

Semua berubah dan terus berubah. Begitu pula di bisnis restoran dan kuliner.

Salah satu hal yang pastinya berubah dan perlu untuk diubah di dalam bisnis restoran dan kuliner adalah menu restoran. Meski hanya merubah menu, dampak yang ditimbulkan pun nggak bisa dibilang kecil. Apa yang membuat perubahan menu begitu penting untuk restoran kamu?

1. Membantu Memperoleh Pelanggan Baru

Perubahan menu restoran membantu restoran kamu untuk lebih dekat dengan berbagai target pasar yang baru dan berbeda bila dibandingkan target pasar utama kamu. Hal ini membantu kamu untuk memperoleh beragam pelanggan baru dan tetap mampu memuaskan pelanggan lama lewat perubahan dan inovasi yang kamu sajikan lewat berbagai menu baru kamu.

2. Menghemat Pengeluaran Restoran

Memberikan update atau pembaruan untuk menu restoran akan memudahkan kamu untuk lebih hemat biaya. Kamu bisa memilih beragam bahan baku yang baru dan lebih terjangkau dari yang kamu gunakan untuk menu-menu sebelumnya. Kamu juga bisa menggunakan bahan baku seasonal yang menyesuaikan tren dan momen yang memungkinkan kamu untuk nggak terlilit pengeluaran yang besar terkait bahan baku. Jika ternyata pelanggan menyukai menu-menu baru yang menggunakan bahan baku baru yang lebih terjangkau, kamu jadi bisa hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan bahan baku untuk menu sebelumnya.

3. "Menyegarkan" Restoran

Satu-satunya hal yang permanen dalam hidup adalah perubahan. Oleh karenanya, mustahil bagi kamu untuk tetap bertahan dengan menu-menu yang telah ada sejak lama. Memang ada beberapa tempat makan dan restoran yang menyediakan menu yang sama sejak awal buka, namun hal tersebut jadi mungkin karena mereka telah memiliki ciri khas yang sudah begitu kuat dan menempel lama di dalam benak dan perasaan para pelanggannya.

Mau bagaimanapun, perubahan menu, baik secara besar maupun kecil, tetap diperlukan. Hal ini membantu kamu untuk "menyegarkan" wajah restoran dan membantu agar para pelanggan kamu, terutama pelanggan lama, nggak bosan dengan sajian kamu.

4. Melatih Kreativitas Staf Restoran

Dengan mendorong adanya perubahan pada menu restoran, kamu memungkinkan staf restoran kamu, khususnya para chef, untuk lebih melatih kreativitas dan kemampuannya dalam mengolah setiap menu yang baru. Mereka pun dapat terdorong untuk lebih berani dalam menuangkan ide mereka dan memberikan saran dan pendapat terkait dengan berbagai menu baru yang bisa disajikan di restoran kamu.

5. Menekan Jumlah Sampah Makanan

Apa hubungannya perubahan menu dengan mengurangi sampah makanan? Ketika kamu memiliki beberapa bahan makanan yang nggak banyak terpakai, kamu bisa menyulap berbagai bahan baku tersebut menjadi menu-menu baru. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengurangi jumlah bahan baku yang nggak terpakai dan mencegahnya menjadi sampah makanan. Bahan baku yang terpakai pun jadi tetap bisa dimaksimalkan .

Sebuah restoran atau tempat makan selalu butuh perubahan, entah kecil maupun besar. Dengan melakukan perubahan dalam menu saja, kamu bisa menawarkan sesuatu yang baru dan tetap bertahan di tengah kompetisi berbagai restoran yang ada serta memungkinkan kamu untuk memperluas jangkauan pasar kamu.