Sehat dan Enak, 12 Makanan dan Minuman Hangat ini Cocok untuk Dikonsumsi saat Musim Hujan!

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Sudah memasuki musim hujan nih, Tromates! Saatnya konsumsi 12 makanan dan minuman hangat, sehat dan enak ini biar tubuh kamu tetap sehat dan nggak mudah tumbang!

Memasuki bulan Oktober ini, artinya kita sudah memasuki awal musim hujan!

Transisi menuju musim hujan ini membuat kita semua harus tetap menjaga kesehatan tubuh.

Agar kita semua nggak mudah tumbang saat memasuki musim hujan ini, saatnya perbanyak konsumsi 12 makanan dan minuman sehat dan hangat yang juga enak untuk dinikmati ini!

12 Makanan Sehat, Hangat, dan Enak untuk Musim Hujan

1. Sayur Asem

Meski rasa asam nggak disukai banyak orang, sayur asem tetap punya penggemarnya tersendiri.

Sayur asam sendiri punya cita rasa asam yang berasal dari adanya asam jawa yang dicampur ke dalam sop yang berisi sayur-sayuran seperti jagung manis, kacang tanah, hingga kacang buncis ini.

Kandungan asam jawa di dalam sayur asem nggak hanya menambah cita rasa makanan hangat yang satu ini, tetapi juga membawa beragam khasiat. Asam jawa dikenal sebagai bahan yang cocok untuk mengobati diare dan konstipasi.

Lebih lanjut lagi, beragam sayuran di dalam sayur asem seperti jagung dan kacang buncis dapat membantu meningkatkan karbohidrat dalam tubuh dan mencegah stroke dan penyakit jantung.

2. Rawon

Salah satu makanan hangat yang paling cocok untuk musim hujan adalah, tentu saja, rawon.

Makanan yang identik dengan warna kuah yang hitam pekat ini dibuat dengan irisan daging sapi yang diolah dengan berbagai rempah. Salah satu rempah yang paling nggak bisa dilepaskan dari rawon adalah kluwek atau yang juga dikenal sebagai kepayang atau pucung.

Kluwek memang lebih dikenal sebagai bumbu masak. Namun, efek kesehatannya pun nggak boleh dikesampingkan.

Dari sisi kesehatan atau medis, kluwek dikenal punya kandungan zat besi yang tinggi untuk mengobati anemia. Nggak hanya itu, kluwek juga efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengobati radang sendi yang diakibatkan oleh asam urat.

3. Oatmeal

Kalau kamu nggak sedang terlalu lapar di saat hujan sedang deras-derasnya, jangan langsung lari ke mie instan ya! Ada baiknya kamu menggantinya menjadi oatmeal.

Oatmeal adalah makanan sehat yang bisa disajikan secara hangat dan kamu otak-atik bahan tambahannya. Kamu bisa menambahkan susu hangat, madu, yogurt, hingga potongan buah-buahan ke dalamnya.

Oatmeal sendiri dikenal punya sejuta manfaat untuk kesehatan. Umumnya, oatmeal dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan diabetes, dan menjaga pencernaan manula tetap sehat.

4. Sop Ayam

Salah satu makanan sehat nan hangat paling populer untuk dinikmati saat musim hujan adalah sop ayam.

Rasanya sederhana, mudah dibuat, dan nggak bertele-tele. Menariknya, sop ayam juga kaya akan manfaat kesehatan.

Dengan kuah kaldunya yang hangat, sop ayam dapat menurunkan gejala flu dan membantu memenuhi cairan tubuh secara cukup. Di samping itu, makanan ini juga turut berkontribusi untuk memperbaiki mood karena memiliki kandungan triptofan.

5. Sop Labu

Salah satu makanan berkuah dan hangat lainnya yang bisa kamu konsumsi di musim hujan dan mudah dibuat adalah sop labu.

Sop labu diolah dengan menggunakan bahan utama buah labu kuning. Buah yang satu ini punya beragam khasiat yang super untuk tubuh: Kandungan seratnya mampu memperlancar pencernaan, antioksidannya bisa membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, dan vitamin A dan C mampu berkontribusi untuk imunitas tubuh.

6. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman hangat khas Jawa Tengah yang dibuat dengan air jahe dan gula merah. Keduanya kemudian dicampurkan dengan berbagai bahan, seperti kacang tanah, kacang hijau, potongan tawar, kolang-kaling, dan mutiara merah.

Ketika musim hujan tiba atau malam mulai larut, sekoteng adalah salah satu minuman hangat yang cocok untuk dikonsumsi. Rasanya manis dan punya efek pedas dan panas dari air jahe. Kandungan dari jahe pun cocok untuk mengurangi mual, menekan kolesterol, hingga meningkatkan kesehatan tulang.

Makanan Sehat dan Enak

Sumber: Freepik.com

7. Capcay

Sulit rasanya untuk nggak memasukkan capcay ke dalam daftar ini. Pasalnya, capcay bukan hanya merupakan makanan hangat yang cocok untuk dinikmati saat musim hujan, namun juga makanan yang tergolong sehat karena beragamnya sayuran yang dipakai.

Di dalam capcay, kamu bisa menemukan beragam sayuran seperti brokoli, sawi putih, jagung muda, wortel, dan buncis.

Brokoli dikenal sebagai pencegah kanker, sawi putih adalah sumber serta, jagung muda sumber karbohidrat dan serta yang baik, wortel mengandung vitamin C dan K, dan buncis kaya akan vitamin B1, B2, dan B6.

8. Bubur Ayam

Selain sop ayam, bubur ayam juga sering jadi makanan hangat yang banyak dipilih ketika memasuki musim hujan.

Menariknya, meski terlihat hanya sebagai makanan polos dengan tambahan suwiran daging ayam, kacang, seledri, dan kecap manis dan asin, bubur nyatanya punya segudang manfaat kesehatan.

Bubur adalah makanan yang tepat untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan oleh karena kalorinya yang rendah. Bubur juga berfungsi untuk mendorong tubuh memproduksi keringat dan melancarkan sirkulasi tubuh.

9. Makaroni

Salah satu camilan yang kekinian ini ternyata punya banyak manfaat yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Camilan yang berbentuk lonjong dan bertekstur kenyal ini dikenal mampu mengembalikan energi di dalam tubuh setelah kamu lelah beraktivitas. Jika kamu penderita diabetes, makaroni adalah salah satu alternatif camilan sehat yang nggak banyak memengaruhi kondisi penderita diabetes.

10. Teh Talua

Teh talua adalah salah satu minuman teh khas Sumatera Barat, tepatnya Padang, yang banyak dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin atau musim hujan tiba.

Teh talua merupakan minuman teh yang tergolong unik karena cukup berbeda dengan kebanyakan minuman teh lainnya.

Pasalnya, teh talua dibuat dengan tambahan kuning telur, gula, dan sedikit perasan jeruk nipis. Di samping itu, ada juga beberapa peracik yang menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis dan pala.

Di balik kehangatan dan kenikmatan minuman teh yang unik ini, terdapat beragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Teh talua dikenal karena khasiatnya untuk menambah tenaga, cocok untuk orang-orang yang memiliki aktivitas atau pekerjaan berat. Selain itu, teh talua memiliki kandungan vitamin A,D,E, dan K yang berasal dari kuning telurnya.

Namun, salah satu khasiat yang paling populer dan menarik dari teh talua adalah mampu menambah vitalitas dan stamina pria dalam hubungan suami istri.

11. Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Jawa Barat yang banyak dinikmati oleh masyarakat Sunda untuk menghangatkan tubuhnya oleh karena cuaca dataran tinggi yang cenderung sejuk dan dingin, terlebih ketika sedang musim hujan.

Secara mendasar, bandrek dibuat dengan menggunakan air rebusan jahe, kayu manis, dan gula nira. Untuk menambah rasa yang semakin bervariasi, terkadang ditambahkan susu murni, susu kental manis, hingga rempah-rempah.

Karena menggunakan jahe sebagai salah satu bahan utamanya, bandrek dikenal berkhasiat untuk tubuh. Nggak hanya mampu menghangatkan badan, bandrek cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang panas dalam, mual, hingga flu.

12. Bajigur

Masih di Jawa Barat, kita akan melihat kembaran dari bandrek, yakni bajigur.

Secara sekilas, keduanya memang mirip karena sama-sama menggunakan jahe. Namun, dalam bajigur, kamu akan menemukan bahan lain seperti pandan wangi dan santan. Selain itu, sering ditambahkan potongan roti dan kolang-kaling di dalam seporsi bajigur untuk menambah rasa dan teksturnya.

Serupa dengan bandrek dan sekoteng, bajigur juga punya manfaat kesehatan seperti menghangatkan tubuh hingga menjaga kesehatan pencernaan.