Secret Menu: Senjata Rahasia untuk Marketing yang Dahsyat Buat Restoran Kamu!

4 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Mau tahu seberapa dahsyat secret menu untuk memungkinkan restoran kamu dapat pelanggan baru dan loyal!

Secret menu adalah sekumpulan menu yang nggak kamu tampilkan atau sajikan secara terang-terangan di daftar menu atau buku menu restoran kamu. Secret menu umumnya dapat merupakan signature menu atau menu khas yang sifatnya lebih kreatif daripada menu-menu yang disajikan di restoran kamu.

Menariknya, secret menu lebih dari sekadar menu-menu unik, kreatif, atau menu-menu yang nggak ada di daftar menu. Secret menu juga adalah secret tool yang menjelma jadi sesuatu yang lebih penting untuk restoran kamu!

Bukan Sekadar Menu Biasa

Secret menu bukanlah hanya sebuah menu biasa. Secret menu, selain sebagai sebuah makanan atau minuman, juga merupakan sebuah media pemasaran yang sangat ampuh untuk menarik calon pelanggan dan menambah daya tarik restoran kamu. Dengan menyajikan secret menu, kamu bisa mendorong pemasaran untuk dilakukan oleh para pelanggan kamu. Misalnya, ketika pelanggan setia kamu adalah yang pertama mencoba secret menu kamu, mereka berpotensi untuk menyebarkan informasi tersebut atau melakukan word of mouth ke orang-orang terdekatnya, seperti teman-teman dan keluarganya. Dari sini, proses perpindahan informasi secara word of mouth akan bergulir selama beberapa waktu dan banyak orang pun jadi mengetahuinya. Nggak heran kalau secret menu merupakan media pemasaran yang ampuh untuk pemasaran restoran kamu!

Dengan mencoba secret menu yang orang lain nggak tahu atau bahkan belum coba, mereka akan merasa lebih eksklusif dan hal tersebut bisa menambah dining experinece mereka ketika sedang berkunjung di restoran tersebut. Mereka akan merasa paling beda dan hal ini penting untuk bisa menambah value mereka di restoran kamu.

Apakah Harus Punya Secret Menu?

Kalau kamu adalah restoran yang sudah berjalan cukup lama dan memiliki basis pelanggan yang cukup kuat, secret menu adalah salah satu hal wajib yang ada di restoran kamu. Lakukan brainstorming dengan para staf kamu saat melakukan kreasi secret menu. Nggak hanya itu kamu bisa berdiskusi dengan pelanggan kamu tentang preferensi mereka. Dari berbagai hasil diskusi, kamu pun bisa mengembangkan secret menu yang menarik.

3 Tips Pengembangan Secret Menu

1. Berikan Nama dan Konsep yang Kreatif

Secret menu haruslah memiliki nama, konsep, dan deskripsi yang kreatif dan menarik. Hal ini dilakukan demi menambah daya tarik dan membuat calon pelanggan lainnya tergoda untuk mencoba secret menu yang kamu punya.

2. Bebaskan Pelanggan untuk Berkreasi

Salah satu cara lain untuk mengembangkan secret menu adalah dengan memberikan pelanggan kamu kebebasan lebih dalam berkreasi. Bebaskan pelanggan dalam melakukan kustomisasi atau memilih tambahan-tambahan untuk menu yang ia pesan. Pelanggan tentunya memiliki kreativitas dan preferensi yang menarik yang pada akhirnya bisa menghasilkan menu-menu yang nggak terpikirkan oleh kamu dan staf restoran kamu. Selanjutnya, kamu tinggal memilih mana secret menu yang disukai banyak orang dan bisa kamu masukkan ke restoran kamu.

3. Terapkan dalam Program Pemasaran Lainnya

Secret menu bisa kamu sematkan ke dalam program pemasaran lainnya di restoran kamu. Hal ini memberikan dua keuntungan buat kamu: Makin banyak pelanggan yang tahu secret menu (dan juga restoran kamu) dan program pemasaran kamu makin laris. Misalnya, kamu bisa memasukkan secret menu jika seorang pelanggan melakukan pembelian dengan nominal pembelian tertentu. Kamu bisa juga menambahkan secret menu ke dalam loyalty program restoran kamu. Dengan begitu, para pelanggan biasa yang tadinya bukan member atau pelanggan loyal akan mendaftar untuk jadi bagian dari loyalty program restoran kamu.

Nyatanya, kamu nggak perlu modal yang besar untuk melakukan pemasaran gila-gilaan untuk menggaet banyak pelanggan untuk restoran kamu. Cukup mengawalinya dengan sederhana, yakni melalui secret menu yang dipromosikan oleh para pelanggan loyal kamu. Niscaya, kamu bisa tingkatkan ketertarikan banyak orang dan bisa memperoleh pelanggan baru!