Secret menu adalah sekumpulan menu yang nggak kamu tampilkan atau sajikan secara terang-terangan di daftar menu atau buku menu restoran kamu. Secret menu umumnya dapat merupakan signature menu atau menu khas yang sifatnya lebih kreatif daripada menu-menu yang disajikan di restoran kamu.
Menariknya, secret menu lebih dari sekadar menu-menu unik, kreatif, atau menu-menu yang nggak ada di daftar menu. Secret menu juga adalah secret tool yang menjelma jadi sesuatu yang lebih penting untuk restoran kamu!
Secret menu bukanlah hanya sebuah menu biasa. Secret menu, selain sebagai sebuah makanan atau minuman, juga merupakan sebuah media pemasaran yang sangat ampuh untuk menarik calon pelanggan dan menambah daya tarik restoran kamu. Dengan menyajikan secret menu, kamu bisa mendorong pemasaran untuk dilakukan oleh para pelanggan kamu. Misalnya, ketika pelanggan setia kamu adalah yang pertama mencoba secret menu kamu, mereka berpotensi untuk menyebarkan informasi tersebut atau melakukan word of mouth ke orang-orang terdekatnya, seperti teman-teman dan keluarganya. Dari sini, proses perpindahan informasi secara word of mouth akan bergulir selama beberapa waktu dan banyak orang pun jadi mengetahuinya. Nggak heran kalau secret menu merupakan media pemasaran yang ampuh untuk pemasaran restoran kamu!
Dengan mencoba secret menu yang orang lain nggak tahu atau bahkan belum coba, mereka akan merasa lebih eksklusif dan hal tersebut bisa menambah dining experinece mereka ketika sedang berkunjung di restoran tersebut. Mereka akan merasa paling beda dan hal ini penting untuk bisa menambah value mereka di restoran kamu.
Kalau kamu adalah restoran yang sudah berjalan cukup lama dan memiliki basis pelanggan yang cukup kuat, secret menu adalah salah satu hal wajib yang ada di restoran kamu. Lakukan brainstorming dengan para staf kamu saat melakukan kreasi secret menu. Nggak hanya itu kamu bisa berdiskusi dengan pelanggan kamu tentang preferensi mereka. Dari berbagai hasil diskusi, kamu pun bisa mengembangkan secret menu yang menarik.
Secret menu haruslah memiliki nama, konsep, dan deskripsi yang kreatif dan menarik. Hal ini dilakukan demi menambah daya tarik dan membuat calon pelanggan lainnya tergoda untuk mencoba secret menu yang kamu punya.
Salah satu cara lain untuk mengembangkan secret menu adalah dengan memberikan pelanggan kamu kebebasan lebih dalam berkreasi. Bebaskan pelanggan dalam melakukan kustomisasi atau memilih tambahan-tambahan untuk menu yang ia pesan. Pelanggan tentunya memiliki kreativitas dan preferensi yang menarik yang pada akhirnya bisa menghasilkan menu-menu yang nggak terpikirkan oleh kamu dan staf restoran kamu. Selanjutnya, kamu tinggal memilih mana secret menu yang disukai banyak orang dan bisa kamu masukkan ke restoran kamu.
Secret menu bisa kamu sematkan ke dalam program pemasaran lainnya di restoran kamu. Hal ini memberikan dua keuntungan buat kamu: Makin banyak pelanggan yang tahu secret menu (dan juga restoran kamu) dan program pemasaran kamu makin laris. Misalnya, kamu bisa memasukkan secret menu jika seorang pelanggan melakukan pembelian dengan nominal pembelian tertentu. Kamu bisa juga menambahkan secret menu ke dalam loyalty program restoran kamu. Dengan begitu, para pelanggan biasa yang tadinya bukan member atau pelanggan loyal akan mendaftar untuk jadi bagian dari loyalty program restoran kamu.
Nyatanya, kamu nggak perlu modal yang besar untuk melakukan pemasaran gila-gilaan untuk menggaet banyak pelanggan untuk restoran kamu. Cukup mengawalinya dengan sederhana, yakni melalui secret menu yang dipromosikan oleh para pelanggan loyal kamu. Niscaya, kamu bisa tingkatkan ketertarikan banyak orang dan bisa memperoleh pelanggan baru!
Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!
Baca selengkapnyaSuka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!
Baca selengkapnyaJangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!
Baca selengkapnya