Satu Pelajaran Bisnis Penting dari Rumah Makan Payakumbuah Milik Arief Muhammad

4 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Keberhasilan rumah makan payakumbuah milik arief muhammad nggak lepas dari satu faktor yang ia angkat dalam konsep rumah makan padangnya. Apa itu?

Beberapa waktu lalu, Rumah Makan Payakumbuah milik Arief Muhammad dibuka.

Dalam waktu yang singkat, masyarakat pun berbondong-bondong mencicipi restoran miliknya yang menyajikan beragam masakan khas Payakumbuah, salah satu kawasan di daerah Padang.

Begitu banyak komentar positif yang pada akhirnya membanjiri restoran milik salah satu influencer ternama ini.

Namun, terlepas dari nama besarnya yang turut berkontribusi pada keberhasilan restorannya, ada satu pelajaran bisnis yang bisa kamu jadikan pegangan ketika akan mendirikan bisnis restoran dan kuliner yang bisa stand out dan punya identitas yang khas di tengah persaingan yang begitu ketat, yakni...

Menjadi Autentik

Berbisnis restoran dan kuliner butuh lebih dari sekadar modal yang melimpah.

Kamu juga butuh identitas yang menjadikan kamu stand out dan khas bila dibandingkan dengan beberapa restoran dan tempat makan lain yang ada di luar sana. Sedikit saja perbedaan atau kekhasan yang restoran kamu punya, maka restoran kamu bisa terlihat begitu berbeda di mata banyak orang.

Membangun restoran yang mampu menyajikan sajian yang lezat dan enak saja bisa dilakukan sebagian besar orang.

Namun, membangun restoran yang punya sajian yang lezat, enak, dan beda, itu yang hanya bisa dilakukan sedikit orang.

Oleh karenanya, fokuslah bukan hanya untuk menjadi berkualitas, tapi juga beda, punya identitas, dan khas. Hanya dengan begitu, kamu akan bisa dilirik dan menarik banyak orang dengan mudah. Setelahnya, adalah tugas kamu untuk memastikan kamu bisa men-deliver semua keunikan dan kualitas yang kamu punya dengan maksimal.

Semua modal yang kamu kucurkan akan sia-sia apabila kamu nggak punya identitas dan nggak beda di antara para pesaing kamu.

Rumah Makan Payakumbuah

Sumber: Langgam.id

Bagaimana Rumah Makan Payakumbuah Bisa Autentik?

Sekilas, Rumah Makan Payakumbuah milik Arief Muhammad terlihat nggak jauh berbeda dari kebanyakan rumah makan padang lainnya. Etalase kaca yang besar khas rumah makan padang memungkinkan kamu untuk melihat ke dalam, lengkap dengan warna merah yang mencolok. Namun, cobalah masuk ke dalam dan cicipi setiap sajiannya. Kamu akan tahu kenapa Rumah Makan Payakumbuah ini terasa begitu beda dan autentik.

Keunikan dan autentisitas dari Rumah Makan Payakumbuah lahir berkat penggunaan bahan baku yang diambil langsung dari daerah Payakumbuah, Sumatera Barat. Beberapa bahan seperti cabai dan santan diambil langsung dari Payakumbuah. Nggak hanya itu, berasnya pun juga diambil dari daerah Sumatera Barat, tepatnya dari kawasan Solok. Alhasil, cita rasa setiap sajian Padang di sini memberikan atmosfer dan cita rasa yang terasa begitu khas dan asli Payakumbuah, serasa menikmatinya langsung di sana. Bukan nggak mungkin bila orang-orang yang tumbuh dan berkembang di Payakumbuah akan mengingat kampung halaman mereka apabila mampir untuk makan di sini.

Menjadi berbeda dengan identitas yang khas memang bukan tugas yang gampang. Namun, selalu ada celah atau ceruk yang bisa kamu manfaatkan dari persaingan di dalam bisnis restoran dan kuliner untuk membuatmu stand out.

Hal itulah yang dilakukan oleh Rumah Makan Payakumbuah yang dirintis oleh Arief Muhammad. Memang ada begitu banyak rumah makan Padang di Indonesia, khususnya di Jabodetabek. Namun, nggak banyak atau sangat sedikit sekali yang memang betul-betul punya cita rasa autentik khas Padang, khususnya Payakumbuah. Hal ini dengan cerdik dimanfaatkan Arief Muhammad.

Dan lahirlah Rumah Makan Payakumbuah.