Satu Hal Ini adalah Kepingan Terakhir untuk Online Delivery yang Sukses!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dengan kepingan puzzle ini, maka online delivery akan mampu berjalan lebih mudah dan sempurna!

Memiliki opsi online delivery untuk setiap restoran rasa-rasanya menjadi hal yang wajib. Melalui ketersediaan restoran kamu di aplikasi online delivery, kamu nggak hanya memudahkan pelanggan kamu untuk melakukan pemesanan tanpa keluar rumah. Kamu juga memungkinkan restoran kamu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan melakukan pemasaran digital dengan lebih mudah.

Namun, dalam prosesnya, menjalankan online delivery itu lebih dari sekadar memiliki sistem operasional yang mendukung online delivery dan memastikan pesanan dibuat dengan cepat dan tepat. Menjalankan online delivery yang baik adalah tentang menjaga komunikasi yang baik dan positif dengan driver.

Online Delivery untuk Restoran

Sumber: Freepik.com

Tips Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Driver!

1. Selalu Lakukan Konfirmasi

Ketika pesanan masuk ke aplikasi aplikasi online delivery pihak ketiga, biasakan untuk selalu aktif dalam mengonfirmasi setiap pesanan yang masuk. Konfirmasi bisa dilakukan dengan beragam cara, yaitu telepon langsung atau pesan instan. Jika driver yang menghubungi terlebih dahulu, pastikan kamu selalu mengonfirmasi dan memastikan pesanan sudah sesuai dengan yang pelanggan inginkan.

2. Berikan Informasi yang Jelas

Kejelasan informasi dalam menjalankan online delivery akan sangat membantu driver dalam menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Misalkan, ketika pesanan memiliki beberapa topping atau custom, kamu bisa memisahkan mana setiap pesanan atau menuliskan detil pesanan di kemasan makanan atau minuman. Hal ini akan memudahkan driver untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang setiap pesanannya.

Di samping itu, status pesanan juga bisa kamu komunikasikan kepada driver sehingga informasi tersebut bisa dioper kepada pelanggan. Meski status pesanan bisa dicek secara langsung di aplikasi, hal ini akan membantu pelanggan untuk mengetahui sejauh mana pesanan sudah diproses atau dibuat secara lebih detil.

3. Dengarkan Masukkan Driver

Driver juga serupa dengan pelanggan. Mereka tentunya berhak untuk memberikan pendapat mengenai proses operasional di restoran kamu dan bagaimana kamu mengelola setiap pesanan yang masuk ke dalam aplikasi. Untuk itu, kamu wajib mendengarkan setiap masukkan yang mereka berikan dan apa yang mereka rasa perlu dikembangkan dari proses operasional kamu untuk online delivery. Ketika kamu lebih terbuka dan mampu menjadi pendengar yang baik untuk driver, kamu bisa membangun dan menjaga relasi yang baik dengan driver. Kamu juga bisa memperoleh masukkan yang kadang kamu nggak pernah terpikirkan oleh kamu sendiri sebagai pemilik bisnis!

Meski terkesan sebagai bagian yang kecil dari online delivery, namun komunikasi yang baik dan positif punya dampak yang besar buat bisnis restoran kamu. Nggak hanya restoran kamu jadi tambah untung, pekerjaan driver dalam mengantar makanan pun jadi lebih mudah dan nyaman!