Satu Hal Ini adalah Kepingan Terakhir untuk Online Delivery yang Sukses!

16 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dengan kepingan puzzle ini, maka online delivery akan mampu berjalan lebih mudah dan sempurna!

Memiliki opsi online delivery untuk setiap restoran rasa-rasanya menjadi hal yang wajib. Melalui ketersediaan restoran kamu di aplikasi online delivery, kamu nggak hanya memudahkan pelanggan kamu untuk melakukan pemesanan tanpa keluar rumah. Kamu juga memungkinkan restoran kamu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan melakukan pemasaran digital dengan lebih mudah.

Namun, dalam prosesnya, menjalankan online delivery itu lebih dari sekadar memiliki sistem operasional yang mendukung online delivery dan memastikan pesanan dibuat dengan cepat dan tepat. Menjalankan online delivery yang baik adalah tentang menjaga komunikasi yang baik dan positif dengan driver.

Online Delivery untuk Restoran

Sumber: Freepik.com

Tips Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Driver!

1. Selalu Lakukan Konfirmasi

Ketika pesanan masuk ke aplikasi aplikasi online delivery pihak ketiga, biasakan untuk selalu aktif dalam mengonfirmasi setiap pesanan yang masuk.

Konfirmasi bisa dilakukan dengan beragam cara, yaitu telepon langsung atau pesan instan. Jika driver yang menghubungi terlebih dahulu, pastikan kamu selalu mengonfirmasi dan memastikan pesanan sudah sesuai dengan yang pelanggan inginkan.

2. Berikan Informasi yang Jelas

Kejelasan informasi dalam menjalankan online delivery akan sangat membantu driver dalam menjalankan tugasnya dengan lebih baik.

Misalkan, ketika pesanan memiliki beberapa topping atau custom, kamu bisa memisahkan mana setiap pesanan atau menuliskan detil pesanan di kemasan makanan atau minuman. Hal ini akan memudahkan driver untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang setiap pesanannya.

Di samping itu, status pesanan juga bisa kamu komunikasikan kepada driver sehingga informasi tersebut bisa dioper kepada pelanggan.

Meski status pesanan bisa dicek secara langsung di aplikasi, hal ini akan membantu pelanggan untuk mengetahui sejauh mana pesanan sudah diproses atau dibuat secara lebih detil.

3. Dengarkan Masukkan Driver

Driver juga serupa dengan pelanggan. Mereka tentunya berhak untuk memberikan pendapat mengenai proses operasional di restoran kamu dan bagaimana kamu mengelola setiap pesanan yang masuk ke dalam aplikasi.

Untuk itu, kamu wajib mendengarkan setiap masukkan yang mereka berikan dan apa yang mereka rasa perlu dikembangkan dari proses operasional kamu untuk online delivery. Ketika kamu lebih terbuka dan mampu menjadi pendengar yang baik untuk driver, kamu bisa membangun dan menjaga relasi yang baik dengan driver. Kamu juga bisa memperoleh masukkan yang kadang kamu nggak pernah terpikirkan oleh kamu sendiri sebagai pemilik bisnis!

Meski terkesan sebagai bagian yang kecil dari online delivery, namun komunikasi yang baik dan positif punya dampak yang besar buat bisnis restoran kamu. Nggak hanya restoran kamu jadi tambah untung, pekerjaan driver dalam mengantar makanan pun jadi lebih mudah dan nyaman!

 

Artikel Terkait
Figure Blog
18 Feb 2022
Mau Work From Cafe? Coba 3 Cafe di Tangerang Ini!

Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Dapat Review Negatif? Begini 3 Cara Menanganinya!

Jangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!

Baca selengkapnya
Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS