Santai Menikmati Makanan Khas Indonesia dengan Nuansa Bersahaja di Warung Bu Ageng!

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Di tengah kawasan Prawirotaman yang ramai oleh bar dan tempat makan western, kamu masih bisa menemukan tempat makan khas Indonesia dengan nuansa yang syahdu dan bersahaja di Warung Bu Ageng!

Kuliner di Jogja nggak hanya soal Malioboro saja.

Tempat makan di Jogja tersebar di berbagai kawasan.

Salah satu kawasan yang menyimpan beragam tempat makan menarik untuk kamu coba adalah Prawirotaman yang dikenal banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

Salah satu tempat makan yang eksis di kawasan tersebut dan sudah banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh besar, termasuk Mark Zuckerberg, adalah Warung Bu Ageng.

Kenalan dengan Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng adalah salah satu tempat makan di Jogja yang dimiliki oleh keluarga Butet Kertaredjasa, salah satu aktor dan penulis kondang Indonesia.

Nama "Bu Ageng" yang tercantum pada nama tempat makan ini merupakan nama panggilan dari cucu-cucunya kepada istri Butet Kertaredjasa, yakni Rulyani Isfihana .

Namanya sendiri tercantum sebagai nama tempat makan ini bukan tanpa alasan. Semua menu yang tersedia di Warung Bu Ageng merupakan kreasi darinya. Menariknya lagi, semuanya diolah dengan menggunakan bahan baku lokal.

Warung Bu Ageng

Cita Rasa Khas Jawa di Warung Bu Ageng

Seluruh menu makanan dan minuman yang ada di Warung Bu Ageng merupakan menu khas Indonesia, terutama dari Jawa dan Kalimantan, dengan cita rasa yang begitu otentik.

Di Warung Bu Ageng, kamu dapat menemukan beragam menu nasi campur, nasi pecel, gulai ikan, serta makanan ringan seperti singkong goreng dan bubur duren.

Di departemen minuman, kamu bisa menemukan beberapa minuman tradisional seperti teh jahe, teh rempah, es jahe, es kopyor, hingga es cincau.

Ketika mampir di sini, nuansa Jawa tradisional begitu kental berkat arsitektur restoran yang didesain dengan tema joglo khas Jawa. Berbagai dekorasi dan furnitur yang digunakan pun sangat tradisional, mulai dari lampu gantung, lemari, hingga kursi kayu. Di satu sudut, kamu bisa melihat berbagai foto tokoh ternama Indonesia yang masing-masing dibingkai.

Menu makanan yang kami pesan Warung Bu Ageng adalah Nasi Campur Ayam Bakar Suwiran. Dalam menu ini, terdapat ayam bakar yang sudah disuwir-suwir, abon tuna, dan tumis sambal buncis serta nggak lupa kerupuk gendar dan kerupuk kentang.

Kombinasi dari berbagai lauk tersebut menjadikan menu yang satu ini terasa begitu ramai. Namun, setiap lauk tetap menonjol dan punya ciri khasnya masing-masing. Sambalnya pedas manis, kerupuknya memberikan sensasi crunchy, ayam dan abonnya terasa empuk dan gurih.

Untuk minumannya, kami menikmati Es Jahe Soda. Cita rasa manis pedas dan segarnya soda menjadikan minuman ini cocok untuk kamu nikmati ketika matahari sedang nggak ramah-ramahnya di Jogja.

Informasi Umum Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng bisa kamu temukan dan kunjungi di Jalan Tirtodipuran No. 13, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta.

Tempat makan ini berlokasi persis di dalam kawasan Prawirotaman. Tempat makan khas Indonesia ini buka dari pukul 11 siang hingga 11 malam. Namun, Warung Bu Ageng tutup setiap hari Senin.