Sambil Nostalgia, Inilah 5 Restoran di Jakarta yang Bertahan Dari Zaman ke Zaman!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Mau jelajah kuliner enak sembari balik ke masa lalu? 5 tempat ini bisa jadi pilihan buat kamu!

Membangun bisnis kuliner atau restoran yang mampu bertahan lama bukanlah perkara mudah. Ada begitu banyak bisnis kuliner yang perlahan digerus zaman hingga kini tinggal kenangan. Penyebabnya bermacam-macam: Inkonsistensi, ketidakmampuan berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman, hingga munculnya pesaing baru yang lebih inovatif.

Namun, beberapa restoran atau tempat makan di Jakarta yang akan dibahas kali ini ternyata mampu untuk eksis hingga sekarang. Siapa tahu, daftar tempat makan di bawah ini bisa jadi referensi kamu untuk wisata kuliner di Jakarta sambil bernostalgia!

 

1. Soto Tangkar Tanah Tinggi

Apa kamu bisa tebak berapa umur rumah makan ini? Ternyata, usia rumah makan ini hanya satu tahun lebih muda dari negara Indonesia loh!

Sejak 1946, restoran ini telah menyajikan makanan utama soto tangkar. Sekilas soto tangkar memang mirip dengan soto Betawi. Namun, soto tangkar memiliki warna yang lebih kemerahan bila dibandingkan dengan soto Betawi yang sedikit kecokelatan.

Dengan menggunakan bumbu dapur rahasia secara konsisten, Soto Tangkar Tanah Tinggi mampu bertahan hingga kini dan kenikmatannya masih mampu mengundang para pecinta kuliner untuk mencicipinya. Bahkan, saking legendarisnya, Soto Tangkar Tanah Tinggi sempat diliput oleh salah satu acara kulinier di TV nasional loh!

 

2. Kopi Es Tak Kie

Kalau tempat makan sebelumnya berdiri setahun setelah kemerdekaan Indonesia, restoran yang satu ini punya usia hampir satu abad! Didirikan pada tahun 1927 oleh seorang perantau asal Tiongkok bernama Liong Kwie Tjong, Kopi Es Tak Kie pada mulanya mengutamakan sajian berbagai makanan dan kudapan seperti bubur kacang hijau dan mie ayam di samping menu kopinya. Namun, minuman kopinya justru menjadi favorit banyak orang. Sejak saat itulah, minuman kopi di restoran ini jadi primadona.

 

Kopi Es Tak Kie punya dua pilihan kopi, yakni kopi hitam dan kopi susu. Kamu hanya bisa request untuk disajikan secara dingin atau panas. Meski minim varian, tapi rasa kopinya begitu nikmat dan khas. Terlebih lagi jika kamu coba es kopinya. Suasana panas yang terik pun jadi tidak begitu terasa.

Kalau kamu sedang berada di daerah Kota Tua atau Stasiun Jakarta Kota, Kopi Es Tak Kie adalah tempat yang wajib kamu singgahi. Kombinasi es kopinya yang nikmat dengan berbagai sajian kudapan ringan dan makanan berat, ditambah nuansa jadul yang kental, nggak akan bikin kamu kecewa.

 

3. Ragusa Es Italia

Dicetuskan oleh Luigi dan Vincenzo Ragusa, dua bersaudara yang datang dari Italia, Ragusa Es Italia adalah restoran es krim di kawasan Gambir yang telah menyajikan es krim berbahan dasar susu sapi segar dan tanpa pengawet sejak 1932. Nggak mengherankan kalau es krim mereka terkenal nikmat dan lembut. 

Ragusa Es Italia punya beberapa rasa, seperti vanilla, coklat, mocca, hingga rum raisin. Salah satu menu signature Ragusa adalah spaghetti ice cream yang punya bentuk selayaknya spaghetti dan dilengkapi beragam topping. Selain itu, mereka juga punya beberapa menu seperti chocolate sundae dan banana split.

 

4. Bakmi Gang Kelinci

Rasa-rasanya, nggak afdol kalau nggak membawa nama Bakmi Gang Kelinci saat membahas restoran berkualitas yang sudah punya umur. Bakmi Gang Kelinci begitu tersohor berkat rasa legendaris dari sajian utamanya, yakni bakmi ayam jamur. Dengan bumbu racikan milik sang pendiri, Nyonya Fatmawati, Bakmi Gang Kelinci mampu bertahan dari zaman ke zaman tanpa mengubah resepnya sedikitpun. Dengan topping ayam putih, sayur sawi, jamur kecap, dan mi yang dimasak dengan cermat, sepertinya nggak ada yang bisa menolak godaan bakmi racikan Bakmi Gang Kelinci

Penggemarnya pun bervariasi. Mulai dari yang muda hingga lansia, semua kalangan begitu menggemari bakminya. Kebanyakan adalah pelanggan tetap yang sejak masa mudanya sudah menikmati bakmi dari restoran yang berdiri sejak 1957 ini.

 

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Kalau kamu sedang jalan-jalan di daerah Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Kebon Sirih Raya, dan mendapati sebuah tungku raksasa berisi nasi goreng yang sedang dimasak, artinya kamu baru saja menemukan nasi goreng kambing paling legendaris di Jakarta - Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih.

Saking legendarisnya, tempat makan ini banyak disinggahi oleh para pejabat dan tokoh politik nasional. Dengan bumbu racikan Haji Nein, sang pendiri, nasi goreng kambing dan beberapa menu nasi goreng lainnya jadi santapan primadona. Kalau kamu bosan menunggu, cobalah sesekali nikmati atraksi juru masak yang sedang memasak nasi goreng dalam jumlah besar di tungku raksasanya. Siapa tahu bisa mengusir rasa bosan kamu saat menunggu pesanan yang membludak jumlahnya.

 

Meski sudah menginjak usia puluhan tahun hingga ada yang menembus satu abad, restoran-restoran di atas masih tetap mampu bertahan di ranah kuliner Jakarta. Bahkan, mereka masih punya pelanggan setia yang rela menunggu dan berlama-lama untuk menikmati hidangan favorit dari tiap restoran kesukaan mereka.