Bagaimanapun kamu menghindarinya, salah pesanan akan selalu berisiko terjadi. Semakin sering hal ini terjadi, semakin besar kerugian yang kamu alami, mulai dari rugi bahan baku sampai rugi karena berpotensi kehilangan pelanggan.
Meski begitu, kamu tetap bisa menguranginya agar salah pesanan pelanggan nggak selalu terjadi. Berikut ini adalah 5 tips sederhana untuk menekan risiko terjadinya salah pesanan untuk pelangganmu!
Menu yang terlampau nggak update akan bikin salah pesanan jadi lebih mudah terjadi.
Baiknya kamu sebagai pemilik restoran rutin memperbarui menu yang kamu punya. Jangan sampai pelanggan memesan menu yang sudah nggak ada atau menu yang bahan bakunya sebenarnya sudah berbeda dari sebelumnya.
Hal ini hanya akan menghabiskan waktu staf kamu untuk konfirmasi dan perbaiki ulang pesanan pelanggan.
Ketika staf kamu sudah selesai mencatat pesanan, latih dan biasakan mereka untuk mengulang kembali pesanan yang dipesan oleh pelanggan.
Kebiasaan ini akan membantu mereka untuk melakukan konfirmasi ulang pelanggan dan pelanggan pun punya kesempatan untuk mengetahui atau mengubah pesanan mereka dengan jelas sebelum masuk ke dapur.
Tidak semua menu akan cocok dengan selera dan kondisi pelanggan. Misalnya, menu-menu yang mengandung alergen di dalamnya.
Oleh karena itu, pastikan kamu memasukkan semua informasi yang detail dalam menu kamu, termasuk informasi soal alergi dan kebutuhan diet tertentu untuk pelanggan tertentu.
Informasi menu yang jelas akan membantu pelanggan menghindari dari menu yang mereka rasa kurang cocok untuk selera maupun kondisi kesehatan mereka.
Kalau kamu ingin mengurangi risiko salah pesanan pelanggan, teknologi mesti jadi salah satu bagian esensial dalam mengurangi risiko tersebut. Teknologi yang dimaksud adalah kitchen display system.
Kehadiran kitchen display system, seperti yang Trofi miliki, akan memudahkan staf dapurmu menyesuaikan setiap pesanan sesuai permintaan pelanggan langsung dari dapur. Bila ada kesalahan, staf kasirmu bisa langsung berkomunikasi dan membantu mereka mengkoreksi pesanan.
Pada akhirnya, semua tips di atas hanya akan berhasil apabila seluruh staf kamu memiliki relasi dan menjalin komunikasi secara efektif.
Namun, untuk meraihnya, kamu perlu membiasakan seluruh stafmu untuk bekerja sama secara rutin. Tanpa kerja sama dan koordinasi yang rutin, komunikasi yang efektif akan sulit terbangun.
Minimnya risiko salah pesanan adalah hasil kombinasi dari penerapan teknologi yang tepat dan kerja sama antar staf yang memadai.
Oleh karenanya, kamu perlu menggunakan teknologi seperti kitchen display system dan terus melatih staf kamu bekerja sama dan berkoordinasi selama bekerja sampai mereka benar-benar terbiasa bekerja bersama.