Restoran Tetap Lancar Walau Minim Staf? Bisa Kok!

16 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Restoran minim pegawai bukan penghalang untuk bikin performa resto tetap tokcer!

Ketika pertama kali membuka dan menjalankan restoran atau bisnis kuliner, minimnya pegawai adalah salah satu kendala yang paling sering terjadi. Jumlah pegawai yang nggak terlalu banyak jadi bikin operasional dan pekerjaan di balik dapur sedikit terhambat dan bisa memengaruhi performa restoran kamu. Bisa-bisa, restoran kamu yang baru pertama kali buka dan ingin memperoleh momentum untuk terus menanjak malah mendapat ulasan negatif. Oleh karenanya, kamu perlu merekrut staf yang cukup untuk memastikan kelancaran operasional dan pekerjaan di restoran kamu.

Namun, bila kamu harus menghadapi skenario di mana kamu baru memiliki pegawai yang sedikit untuk restoran kamu, beberapa tips berikut bisa kamu terapkan agar restoran kamu tetap bisa memberikan pelayanan dan kualitas terbaik!

1. Fokus Pada Kualitas

Dibandingkan kuantitas atau jumlah pegawai yang bekerja, cobalah untuk mengutamakan kualitas dari setiap staff yang kamu rekrut untuk restoran kamu. Carilah beberapa staf yang memiliki kualitas mumpuni dan mampu melakukan multitasking alias mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu waktu. Dengan begitu, operasional dan pekerjaan restoran akan jadi lebih lancar dan performa pelayanan kamu akan lebih baik. Namun, jangan lupa juga untuk menyesuaikan kebutuhan staf di restoran kamu sesuai dengan jenis usaha restoran atau kuliner kamu ya!

2. Cross Training

Keberadaan par staf yang mampu melakukan multitasking bisa kamu lebih jauh dengan melakukan cross-training. Metode ini merupakan metode pelatihan di mana kamu berfokus untuk melatih berbagai staf di restoran kamu untuk mengerjakan pekerjaan yang bukan bagian dari pekerjaannya. Cross-training akan bermanfaat apabila satu staf nggak masuk atau hadir untuk bekerja. Pekerjaan atau tugas dari staf tersebut pada akhirnya bisa digantikan oleh staf lain yang telah dilatih melalui cross-training. Jadi, kamu pun nggak perlu khawatir kalau ada staf yang nggak bisa hadir untuk bekerja. Manajemen restoran pun jadi lebih mudah dan nggak memusingkan.

3. Manfaatkan Teknologi

Ketika kamu lagi mengalami keterbatasan jumlah pegawai, keberadaan aplikasi dan sistem yang canggih dan serba terintegrasi harus selalu ada di samping kamu. Apalagi, kamu nggak hanya perlu melakukan manajemen pegawai, tapi juga manajemen persediaan bahan baku dan manajemen menu. Oleh karenanya, kamu butuh aplikasi yang siap menunjang berbagai kebutuhan operasional restoran kamu seperti Trofi yang siap bantu kamu untuk kelola bahan baku, akses pegawai, hingga laporan penjualan dan daftar menu. Kamu jadi nggak perlu khawatir kalau kamu kekurangan pegawai untuk kelola beragam hal di restoran kamu!

4. Outsourcing Bahan Tertentu

Jika memungkinkan, kamu bisa membeli bahan tertentu dari pihak ketiga alias outsourcing. Hal ini bisa memudahkan manajemen dan operasional restoran kamu karena kamu nggak perlu repot-repot untuk mengolah semuanya dari nol. Kalau kamu memutuskan untuk mengolah semuanya dari nol, bisa dipastikan kalau manajemen dan operasional restoran kamu bakal kerepotan, terlebih lagi karena jumlah staf yang terbatas. Alternatif lain: Coba kurangi jumlah menu kamu jika terlalu banyak, karena hal tersebut bisa menyebabkan kamu harus menggunakan bahan baku yang lebih banyak, terlebih lagi jika banyak menu memiliki bahan dasar yang berbeda-beda.

Meski jumlah pegawai di usaha restoran atau kuliner kamu terbatas, bukan berarti kamu nggak bisa menjalankan restoran dengan baik. Dengan rekrutmen yang tepat dan manajemen staf atau pegawai yang teliti, kamu tetap bisa menjalankan restoran dengan lancar dan punya performa restoran yang konsisten dalam memberikan pelayanan dan makanan yang berkualitas positif.