Restoran Punya Website Tersendiri, Apakah Masih Perlu?

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Sudah banyak aplikasi yang membantu kamu untuk memasarkan restoran kamu. Karena itu, apakah website masih diperlukan?

Kehadiran berbagai aplikasi dan teknologi digital memungkinkan kamu untuk memperkenalkan dan memasarkan restoran kamu. Aplikasi seperti media sosial dan online delivery memungkinkan kamu hadir di dunia maya dan memperluas jangkauan restoran kamu ke banyak orang.

Namun, di tengah ramainya media untuk memasarkan bisnis restoran kamu, muncul satu pertanyaan: Masihkah kamu membutuhkan website untuk bisnis restoran kamu?

3 Alasan Penting Restoran Kamu Tetap Butuh Website!

1. Menaikkan Kepercayaan Pelanggan

Hadir di media sosial dan aplikasi online delivery memang membantu kamu untuk membangun relasi yang lebih dekat dengan pelanggan.

Namun, memiliki website untuk sebuah restoran memungkinkan pelanggan untuk lebih percaya dengan brand restoran kamu. Pelanggan jadi mampu memperoleh informasi yang terpercaya dan mudah langsung dari website restoran kamu.

Ketika pelanggan sudah punya trust terhadap restoran kamu, maka mereka dijamin akan selalu nempel.

2. Membangun Citra Bisnis yang Lebih Kuat

Dengan memiliki website untuk restoran, kamu bisa membangun brand image restoran kamu yang lebih kuat dan kokoh.

Memiliki website yang didesain dengan rapi dan cantik menunjukkan bahwa restoran kamu benar-benar profesional dan serius dalam menjalankan bisnisnya. Pelanggan pun jadi nggak perlu ragu untuk membangun relasi dengan restoran kamu.

3. Alternatif Mempromosikan Restoran

Website restoran adalah alternatif untuk kamu mempromosikan restoran kamu.

Melalui website restoran, kamu bisa menyediakan berbagai fitur dan layanan khusus yang nggak ada di aplikasi-aplikasi tertentu seperti aplikasi online delivery. Kamu bisa menyematkan fitur online reservation dan loyalty program untuk para pelanggan kamu. Kamu juga bisa menjual berbagai merchandise khusus restoran kamu. 

Website restoran kamu dapat menjadi "wajah" atau "gerbang depan" untuk pelanggan dalam proses mengenal restoran kamu.

Website untuk Bisnis Restoran

Sumber: Freepik.com

5 Tips Membuat Website Restoran yang Menggugah!

1. Gunakan Foto yang Cantik & Berkualitas

Pastikan kamu menggunakan foto makanan dan minuman yang cantik dan berkualitas tinggi. Hal ini memungkinkan kamu untuk menggoda pelanggan yang sedang mengunjungi website kamu dan mengimajinasikan bahwa setiap menu yang disajikan di restoran kamu disajikan secara cantik dan menarik.

Namun, kamu tetap perlu waspada sebab foto yang berkualitas tinggi umumnya memiliki ukuran file yang juga tinggi.

Jika kamu menggunakan terlalu banyak foto berkualitas tinggi, akibatnya website restoran kamu akan jadi lebih lambat, yang mana website yang lambat hanya akan berujung pada pelanggan yang kesal karena terlalu lama menunggu website restoran kamu untuk loading.

2. Perhatikan Kecepatan Website

Riset dari Unbounce mengungkapkan bahwa hampir 70% konsumen mengakui bahwa kecepatan sebuah website sangat memengaruhi kecenderungan mereka untuk membeli. Data ini tentunya menekankan betapa pentingnya kecepatan sebuah website agar orang tertarik untuk mengunjungi website kamu atau melakukan pemesanan.

Berlanjut dari poin nomor 1, kamu sejatinya punya dua pilihan untuk meningkatkan kecepatan website kamu agar loading-nya nggak terlalu lama.

Pertama, kamu bisa merekrut orang yang benar-benar memahami persoalan dan urusan website, namun kamu harus mengorbankan biaya yang cukup tinggi.

Kedua, kamu bisa menggunakan beragam website builder yang bisa menyediakan kamu berbagai informasi tentang kecepatan website kamu dan berbagai masukan dari website builder yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kecepatan website kamu.

3. Informasi yang Jelas

Jangan bertele-tele ketika menyampaikan apa yang kamu sajikan di restoran kamu.

Berikan informasi yang singkat dan jelas tentang apa yang restoran kamu usung dan sajikan. Kamu bisa menggunakan slogan seperti authentic coffee from Indonesia atau no. 1 gelato destination. Melalui slogan seperti ini, pelanggan nggak perlu menebak-nebak segala hal tentang restoran kamu.

4. Bangun Cerita dan Daya Tarik

Bercerita adalah bagian dari kehidupan manusia.

Dengan cerita yang menarik, kamu bisa menggaet lebih banyak orang untuk mencari tahu lebih soal restoran kamu. Ceritakan kisah di balik restoran kamu, apa yang ingin restoran kamu capai, bahan baku yang kamu gunakan, hingga dari mana kamu mengambil bahan baku tersebut.

Gunakan juga berbagai pilihan kata yang sifatnya appealing untuk indera perasa sehingga kamu bisa bikin pelanggan ngiler dan dapat membayangkan sensasi yang akan diperoleh ketika datang dan menikmati sajian di restoran kamu.

5. Desain yang Menarik dan Nggak Ruwet

Menurut riset GoodFirms, penyebab terbesar ketiga dan keempat dari seseorang yang meninggalkan sebuah website adalah navigasi website yang buruk dan desain yang sudah ketinggalan zaman.

Hal ini harus selalu kamu ingat. Ketika seorang calon pelanggan masuk ke website kamu dan isinya begitu berantakan, navigasinya nggak jelas, desainnya pun seperti blog tahun 2000-an, maka jangan heran ketika pelanggan akan pergi dengan cepat.

Untuk itu, sebaiknya gunakan desain website yang menarik dan mudah dipahami navigasinya sehingga pengunjung pun bisa nyaman untuk mengunjungi dan melihat-lihat website kamu.

Kekuatan website dalam membangun brand image yang lebih positif dan memungkinkan pelanggan untuk punya trust dengan restoran kamu jadi sesuatu yang nggak boleh kamu pandang sebelah mata.

Melalui website, kamu bisa bercerita dan menjelaskan bisnis kamu seutuhnya. Jadi, walaupun restoran kamu sudah hadir secara online di media sosial dan berbagai aplikasi online delivery, memiliki website khusus restoran tetap jadi satu hal yang perlu untuk tetap dilakukan.