Restoran Fast Food dan Fast Casual, Apa Sih Bedanya?

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Meski sama-sama cepat, kedua jenis restoran ini ternyata kontras dalam beberapa hal!

Dua jenis restoran yang seringkali disalahkaprahi oleh banyak orang: Restoran fast casual dan fast food.

Memang keduanya mengusung kata fast untuk menggambarkan konsep cepatnya pelayanan yang mereka berikan, namun nyatanya, bila diperhatikan secara jeli, terdapat beberapa perbedaan yang dapat kamu temui dari kedua jenis restoran ini. Apa saja perbedaannya?

1. Pelayanan

Kedua jenis restoran ini memang sama-sama memberikan pelayanan yang kilat dan cepat untuk melayani para pelanggannya. Namun, satu hal yang membedakan kedua restoran ini dari segi pelayanan adalah umumnya restoran fast food mengedepankan self service, di mana pelanggan akan membawa sendiri makanan yang dipesannya dari kasir ke meja makan. Pelanggan juga bisa memesan melalui drive thru. Sementara itu, di restoran fast casual, para pelayan akan langsung membawakan pesanan kamu ke meja makan kamu. Selain itu, restoran fast casual cenderung nggak menggunakan sistem drive thru.

2. Harga Menu

Restoran fast food umumnya mematok harga yang cukup terjangkau untuk menu yang ditawarkannya, terlebih lagi jika kamu menawarkan menu bundling. Sementara itu, berbeda dari restoran fast food, restoran fast casual akan mematok harga yang sedikit lebih tinggi bila dibandingkan restoran fast food. Hal ini dikarenakan restoran fast casual juga berusaha menyajikan pengalaman makan yang terbaik nggak hanya dari makanan dan minuman yang nikmat, tetapi juga suasana tempat dan fasilitas penunjang dan tambahan yang diberikan untuk membuat pelanggan lebih nyaman dan betah.

3. Kualitas Menu

Sementara itu, restoran fast food lebih fokus kepada seberapa cepat pelayanan dan penyajian pesanan kepada para pelanggannya. Kualitas bahan bakunya nggak sebaik restoran fast casual dan biasanya variasi pilihan untuk menu di sini sangat terbatas.

Restoran fast casual berfokus pada rasa dan kualitas setiap menu. Jenis restoran ini menggunakan bahan baku yang segar dan bahkan menawarkan berbagai menu yang sehat. Selain itu, restoran fast casual juga memungkinkan pelanggannya untuk melakukan customization dengan memilih topping atau pilihan lainnya sesuai seleranya.

4. Suasana Tempat

Restoran fast food nggak terlalu berfokus pada suasana tempat, dekorasi, maupun desain interior yang atraktif dan menggoda. Jenis restoran ini umumnya mengedepankan penggunaan desain dan dekorasi yang sederhana dan nggak terlalu ramai.

Untuk restoran fast casual, suasana tempatnya sendiri umumnya jadi salah satu fokus utama. Restoran dirancang serapi, secantik, dan senyaman mungkin sehingga pelanggan nggak hanya datang untuk memesan dan lalu pergi dengan segera, tetapi bisa menikmati suasana tempatnya juga sembari menunggu pesanan. Setiap dekorasi dan rancangan interior pun disesuaikan dengan konsep yang ingin diusungnya.

Tromates, kini kamu jadi tahu perbedaan keduanya, kan? Jangan sampai tertukar ataupun terbalik ya!