Resep 3E untuk Bikin Restoranmu Jadi Bahan Word of Mouth!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Jadi bahan obrolan orang banyak nggak pernah semudah ini!

Di dunia yang serba terkoneksi ini, sesuatu bisa menjadi bahan obrolan banyak orang dalam waktu singkat. Ada sesuatu yang unik, seketika jadi bahan obrolan. Ada yang berbeda, seketika langsung menyebar dari mulut ke mulut. Inilah kekuatan teknologi digital yang membuat arus dan perputaran informasi begitu cepat.

Hal ini pula yang membuat setiap bisnis, di industri mana pun, termasuk industri kuliner atau usaha restoran. Banyak pelaku usaha kuliner dan restoran berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang unik dan khas. Nggak hanya itu, mereka pun melakukan usaha pemasaran bisnis dan pemasaran produknya dengan cara yang bisa dibilang nyeleneh dan beda untuk menarik perhatian dan jadi bahan obrolan banyak orang. Kalau sudah jadi bahan obrolan orang di berbagai platform, usaha pemasaran bisnis dan produk pun rasanya jadi lebih mudah, sebab pelanggan pun bisa jadi media pemasaran kamu. Inilah yang disebut word of mouth.

Kalau kamu memang ingin mengedepankan word of mouth atau electronic word of mouth sebagai salah satu metode pemasaran atau marketing restoran kamu, kamu bisa manfaatkan resep 3E di bawah ini untuk bikin restoran kamu jadi obrolan banyak orang!

1. Engage

Engage berarti kamu perlu menunjukkan bahwa kamu, sebagai pemilik restoran, benar-benar aktif terlibat di dalam restoran kamu, mendengarkan segala masukan dan kritikan yang disampaikan oleh pelanggan kamu, berbincang dan berdiskusi secara personal dengan mereka. Jika seorang pelanggan mengalami masalah atau kendala di restoran kamu, berikan merchandise, hadiah, atau kupon diskon secara gratis dan personal untuk mereka sebagai bentuk permintaan maaf. Perhatikan juga segala bentuk ulasan di media sosial atau platform review.

Contoh terbaik dari engage bisa kamu lihat dari bagaimana CEO Steam, Gabe Newell, mengirimkan sejumlah konsol Steam Deck pertama kepada berbagai gamer secara langsung ke masing-masing rumahnya. Ia sendiri yang menyerahkan setiap konsol ke setiap gamer dan berbincang sebentar dengan setiap gamer yang menerima konsol tersebut.

2. Equip

Equip berarti kamu perlu memberikan mereka alasan untuk membicarakan atau menyebarkan informasi soal restoran kamu ke orang lain. Artinya, kamu perlu memberikan layanan yang lebih dari sekadar bagus, makanan yang lebih dari sekadar enak, hingga packaging yang lebih dari sekadar cantik. Kamu perlu wow factor di salah satu atau semua aspek ini agar restoran kamu bisa jadi bagian word of mouth atau electronic word of mouth.

Salah satu yang bisa kamu contoh? Coba lihat bagaimana restoran hotpot Haidilao menyajikan mie khas mereka secara fresh dan langsung, di mana seorang pengolah mie akan berdansa sambil memutar-mutar adonan tepung yang digunakan untuk membuat mie secara akrobatik di depan para pelanggan yang memesan. Alhasil, siapa yang nggak tergoda untuk mengeluarkan smartphone sambil merekam dan membagikan aksi tersebut di media sosial?

3. Empower

Empower berarti kamu sebagai pemilik restoran perlu membuka kesempatan bagi pelanggan untuk bersuara dan menyampaikan yang ingin mereka sampaikan. Tunjukkan kalau kamu benar-benar tulus dalam memberikan ruang seluas-luasnya untuk mereka bersuara dan beropini.

Contoh terbaik dari empower bisa kamu pelajari dari program Coffeemezation yang dihadirkan Starbucks Indonesia. Program ini mendorong pelanggan-pelanggan setia Starbucks Indonesia untuk mengkreasikan sendiri menu mereka dengan berbagai bahan yang ada di Starbucks secara kreatif dan personal. Alhasil, ada begitu banyak menu kreatif tercipta selama program ini berlangsung dan menu kreatif tersebut bisa dicoba oleh para pelanggan lain. Inilah kekuatan dari pentingnya memberikan ruang terbuka bagi pelanggan untuk berkreasi bagi restoran. Word of mouth pun tentang berbagai menu hasil kreasi personal yang telah diciptakan pun muncul.

Resep untuk jadi word of mouth sudah ada, kini giliran kamu yang berkreasi dan mencari ide terbaik yang bisa memenuhi ketiga aspek di atas agar restoran kamu bisa jadi obrolan khalayak ramai!