Relative Pricing untuk Menu Restoran: Cara Penerapan dan Beragam Keuntungannya

17 Mar 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Relative pricing adalah salah satu strategi termudah untuk bikin kamu meraih keuntungan dari menu-menu yang punya profit margin tinggi!

Dalam menjual menu makanan dan minuman di restoran kamu, kamu harus memahami satu hal: Bahwasanya, setiap menu punya profit margin yang berbeda-beda.

Untuk memaksimalkan keuntungan, kamu perlu menjual menu makanan dan minuman dengan profit margin yang lebih tinggi, dan menu-menu seperti ini nggak selalu menu yang membutuhkan biaya tinggi pula.

Bagaimana caranya? Kamu butuh menerapkan strategi penerapan harga relative pricing!

Mengenal Strategi Relative Pricing

Untuk memahami relative pricing, ilustrasi berikut ini bisa membantu kamu.

Misalkan kamu memiliki dua menu yang mirip ada berdekatan di dalam satu halaman menu, yaitu butter croissant dan cinnamon croissant.

Keduanya nggak jauh berbeda. Hanya saja, yang satu bisa dibilang croissant polo dan yang satu dibuat dengan topping taburan bubuk cinnamon.

Dari segi harga, cinnamon croissant akan jadi lebih mahal, bukan? Hal ini membuat butter croissant kamu kenakan harga lebih murah.

Namun, meski butter croissant punya harga yang murah, menu yang satu ini bisa bikin kamu lebih untung karena profit margin-nya cenderung lebih besar karena kamu nggak cost yang dibutuhkan untuk membuantya nggak terlalu besar.

Inilah yang disebut relative pricing: Ketika kamu menyandingkan satu produk lebih murah harganya dibandingkan produk lain, maka yang umum terjadi adalah pelanggan akan memesan menu yang lebih murah namun membantu kamu meraih keuntungan lebih tinggi.

Mengapa Relative Pricing Bisa Bikin Restoran Untung?

1. Penjualan Meningkat

Efek pertama dari penerapan relative pricing untuk menu restoran kamu adalah meningkatnya penjualan untuk menu-menu tertentu.

Ketika kamu menjual menu-menu yang harganya lebih terjangkau bila dibandingkan menu lain yang serupa namun dengan harga lebih mahal, penjualan untuk menu-menu yang lebih terjangkau akan terdongkrak.

2. Keuntungan Lebih Tinggi

Poin kedua, akibat dari penjualan yang meningkat untuk menu-menu yang kamu jual dengan harga lebih murah namun punya profit margin lebih tinggi, keuntungan kamu pun jadi lebih tinggi.

Kamu nggak perlu khawatir apabila peningkatan penjualan terdapat pada menu-menu dengan harga lebih murah karena mereka akan berkontribusi untuk profit margin yang lebih tinggi dan berdampak pada keuntungan restoran kamu.

Beberapa Cara Umum Penerapan Relative Pricing

1. Tentukan Menu yang Punya Profit Margin Tinggi

Tentukan terlebih dahulu menu-menu restoran kamu yang masuk ke dalam kategori menu dengan profit margin yang tinggi.

Beberapa menu dengan profit margin yang tinggi inilah yang akan membantu kamu menerapkan relative pricing lebih mudah.

2. Berikan Perbandingan yang Sesuai

Apabila kamu ingin menerapkan relative pricing untuk suatu menu, pastikan sandingkan menu tersebut dengan menu yang serupa (Seperti ilustrasi di atas).

Perbandingan yang nggak jauh berbeda ini akan mendorong psikologi pelanggan untuk memilih menu yang harganya jauh lebih murah.

Dari segi keuntungan usaha, kamu jadi dapat memperoleh profit margin yang lebih tinggi karena pelanggan cenderung memilih menu yang lebih murah.

Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS