Punya Restoran di Tempat yang Sempit? Begini 5 Cara Efektif Mendesainnya!

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
5 tips kali ini bisa membantu kamu mengubah restoran yang sempit jadi lebih lega dan nyaman buat siapapun di dalamnya!

Punya restoran yang luas dengan berbagai dekorasi yang cantik dan menarik tentunya menjadi impian banyak orang yang ingin memiliki restoran. Ruang restoran yang luas bisa kamu manfaatkan sesuai apa yang kamu inginkan demi memberikan kenyamanan buat restoran kamu.

Namun, apa jadinya jika kamu mendapatkan tempat yang nggak terlalu luas dan cenderung compact untuk bisnis restoran kamu? Tentunya kamu harus berpikir lebih keras dalam memanfaatkannya sehingga tetap nyaman.

Lantas, bagaimana caranya agar kamu bisa menciptakan desain restoran yang nyaman dan lebih lega untuk restoran yang memiliki space sempit?

1. Utamakan Efisiensi

Ketika membangun restoran, efisiensi harus selalu jadi aspek yang kamu fokuskan.

Pelajari dan pahami space restoran kamu dengan detil. Perkirakan berapa banyak tempat duduk yang bisa kamu gunakan di dalam restoran.

Atur penempatan setiap tempat duduk dan furnitur dengan tepat sehingga dapat memaksimalkan flow pelayanan dan operasion di restoran kamu dan membuat pelanggan merasa lebih lega dan nyaman.

2. Gunakan Warna yang Cerah

Space restoran yang sempit bisa kamu akali dengan menggunakan pewarnaan yang cerah.

Warna-warna yang cerah harus menjadi warna dominan untuk space restoran kamu. Warna-warna seperti putih dan krem bisa kamu gunakan untuk menciptakan nuansa yang lebih lega dan terkesan lebih luas bagi restoran kamu.

Nggak hanya itu, penggunaan warna yang cerah membantu kamu menciptakan kesan yang lebih positif dan atraktif buat para calon pelanggan kamu.

3. Hindari Furnitur Besar

Salah satu hal yang wajib dan mesti kamu hindari dalam merancang dan membuat desain restoran adalah penggunaan furnitur yang besar dan memakan tempat.

Alasannya sudah jelas: Furnitur besar, terlebih lagi yang merupakan furnitur lantai, berpotensi untuk memakan tempat dan membuat space di restoran kamu jadi lebih sempit. Suasana pun lebih terkesan sumpek dan nggak nyaman untuk pelanggan dan staf kamu.

Daripada memakai furnitur yang besar, cobalah untuk menggunakan furnitur yang kecil atau berukuran sedang namun bersifat multifungsi. Dengan furnitur yang multifungsi, kamu bisa meminimalisir penggunaan space berlebih sekaligus meningkatkan efisiensi.

Misalnya, kamu dapat menggunakan meja makan yang memiliki laci kecil di bawahnya untuk menyimpan alat makan buat pelanggan dan rak dinding untuk menepatkan dekorasi kecil dan bisa dibuka lipatannya untuk menjadi meja makan.

4. Pajang Hiasan Dinding

Space restoran yang kecil bukanlah halangan buat kamu untuk punya dekorasi dan hiasan yang memadai.

Kuncinya adalah dengan menggunakan dekorasi dan hiasan dinding, bukan dekorasi dan hiasan lantai. Dengan menggunakan dekorasi dan hiasan dinding seperti poster, lukisan, atau pajangan dinding lainnya, kamu bisa menciptakan nuansa restoran yang lebih luas dan lega.

Namun, dalam menggunakan hiasan dinding, usahakan sebisa mungkin untuk menggunakan satu pajangan dinding besar dan beberapa pajangan dinding kecil. Kalau kamu menggunakan pajangan dinding yang ukurannya sama dalam jumlah yang banyak, hal tersebut nggak ada artinya. Pasalnya, suasana restoran akan bertambah sumpek dan terkesan lebih sempit.

Salah satu hiasan dinding yang bisa kamu gunakan di restoran yang memiliki ruang yang sempit adalah cermin. Penggunaan cermin di restoran yang sempit akan membantu menciptakan ilusi yang menimbulkan kesan yang lebih luas dan lega di dalam restoran kamu.

Oleh karenanya, cermin bisa jadi salah satu pajangan yang layak untuk kamu letakkan di restoran kamu. Terlebih lagi, cermin juga bisa dimanfaatkan pelanggan kamu untuk berfoto ria!

5. Manfaatkan Pencahayaan Alami

Metode terbaik untuk bikin space restoran kamu terasa lebih luas dan nyaman adalah dengan memanfaatkan natural light alias pencahayaan alami.

Agar dapat memanfaatkan natural light dengan maksimal di restoran kamu, fokuslah untuk menyediakan jendela yang luas sehingga kamu dapat memperoleh cahaya matahari yang lebih banyak di dalam restoran kamu. Sementara itu, untuk pencahayaan artifisial, gunakan ceiling lamp dan bukan floor lamp yang memakan lebih banyak tempat.

Space restoran yang sempit bukanlah batasan bagi kamu untuk bikin restoran kamu lebih nyaman dan luas. Beberapa cara di atas siap memudahkan kamu untuk bikin restoran kamu yang nggak terlalu luas jadi terasa lebih lega dan nyaman buat para pelanggan dan staf restoran kamu!