Persediaan Bahan Baku Sering Hilang atau Terbuang Begitu Saja? 3 Kiat Ini Siap Membantumu!

20 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Berkurang atau rusaknya persediaan bahan baku memang mengkhawatirkan kamu sebagai pemilik restoran. Namun, selalu ada cara-cara tepat dan terukur untuk mencegah kondisi tersebut!

Apa kamu pernah membeli bahan baku untuk restoran kamu, dan setelah beberapa hari atau minggu berlalu, persediaan bahan baku yang kamu punya justru berkurang cukup drastis mesti nggak banyak yang dipakai? Kalau pernah kamu alami, jangan panik dulu ya! Kondisi tersebut cukup umum terjadi di berbagai bisnis, termasuk bisnis restoran yang umumnya memiliki persediaan bahan baku yang cukup banyak. Kondisi ini dikenal dengan istilah inventory shrinkage!

Penyebab Umum Inventory Shrinkage

1. Bahan Baku yang Rusak

Kerusakan bahan baku adalah penyebab yang paling banyak mengakibatkan jumlah persediaan bahan baku berkurang di restoran. Bahan baku yang rusak ini bisa disebabkan karena beberapa hal, mulai dari packaging yang rusak sehingga membuat bahan baku tumpah atau berceceran hingga bahan baku yang sudah kadaluarsa saat tiba. Nggak hanya itu, terlalu banyak bahan baku yang nggak terpakai dan hanya diam begitu saja di ruang penyimpanan jadi sumber utama kerusakan bahan baku di restoran.

2. Tindak Pencurian

Salah satu penyebab inventory shrinkage yang patut diwaspadai betul-betul adalah adanya tindak pencurian bahan baku. Tindak pencurian dapat dilakukan pihak internal restoran maupun eksternal.

3. Keteledoran

Namanya juga manusia, jauh dari kata sempurna. Dalam mengelola setiap bahan baku, terkadang ada staf yang salah dalam mengolahnya, sehingga menyebabkan makanan atau minuman yang akan disajikan jadi kurang layak dikonsumsi. Intinya, setiap bahan baku yang diolah dengan teledor atau kurang teliti dan menjadi rusak akan berujung menjadi salah satu faktor meningkatnya inventory shrinkage.

Persediaan Bahan Baku untuk Restoran

Sumber: Unsplash.com

3 Tips Jitu Menangani Inventory Shrinkage

1. Penyederhanaan Menu

Kerusakan bahan baku salah satunya disebabkan oleh terlalu banyak bahan baku nggak terpakai yang ada di ruang penyimpanan. Biasanya, ketika restoran kamu memiliki terlalu banyak bahan baku nggak terpakai, artinya kamu memiliki banyak menu yang sayangnya nggak terjual dengan baik.

Bila kondisi ini terjadi, maka cara terbaik untuk mencegah berkurangnya persediaan bahan baku adalah dengan mengurangi jumlah menu yang tersedia. Dengan mengurangi beragam menu yang nggak populer atau nggak banyak terjual, bahan baku yang nggak terpakai akan jadi berkurang dan kamu pun akan terbebas dari biaya pembelian bahan baku yang sia-sia.

2. Manfaatkan Sistem Manajemen

Kehadiran sistem manajemen inventori yang serba instan dan otomatis bakal bikin hari-harimu mengelola setiap bahan baku jadi terasa lebih ringan dan lancar. Jumlah persediaan jadi lebih akurat dan jelas, proses menghitung dan menambah bahan baku pun cuma butuh waktu sekejap. Kamu pun juga bisa mengetahui laporan penjualan dan keuangan secara lebih jelas dan lebih memahami produk mana yang terjual paling banyak dan sedikit. Semuanya ada di dalam satu sistem khusus yang praktis dan otomatis!

3. Ketatkan Pengawasan

Untuk mencegah persediaan bahan baku yang hilang akibat adanya tindak pencurian, perlu adanya peningkatan dan pengetatan sistem pengawasan di dalam restoran kamu. Pasang kamera pengawas atau CCTV, sediakan kebijakan dan konsekuensi yang ketat dan jelas soal pengelolaan persediaan bahan baku di restoran. Gunakan juga sistem kasir restoran yang memungkinkan kamu untuk membatasi akses staf restoran dan membantu kamu menghitung setiap penjualan dengan detil. Dengan beberapa hal di atas, kamu bisa meminimalisr tindak pencurian, baik dilakukan secara internal maupun eksternal.

Tergerusnya jumlah persediaan bahan baku di restoran nggak perlu bikin kamu stres atau khawatir. Kamu bisa menerapkan 3 kiat jitu di atas yang siap bikin kamu lebih tenang menghadapi persediaan bahan baku yang rusak atau kadang hilang mendadak!