Pasar Gede Solo & 7 Destinasi Kulinernya yang Wajib Kamu Coba!

25 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Dikenal sebagai pusat kuliner di Kota Solo, yuk lihat apa saja kuliner legendaris dan khas yang ada di Pasar Gede Solo!

Solo terkenal punya beragam destinasi kuliner atau tempat makan yang legendaris dan punya kekhasan masing-masing. Beragam kuliner tersebut bisa kamu temukan di sebuah pasar yang begitu bersejarah di Solo: Pasar Gede Solo!

Sejarah Singkat

Pasar Gede Hardjonagoro, atau yang masyarakat sebut sebagai Pasar Gede Solo, merupakan sebuah pasar yang dibangun oleh arsitek Belanda yang bernama Ir. Thomas Karsten. Pasar ini merupakan yang pasar yang terbesar di Solo dan menjadi pusat perekonomian dari kota Solo. Nggak hanya menjajakan berbagai kebutuhan seperti pasar pada umumnya, Pasar Gede Solo dikenal juga sebagai salah satu destinasi kuliner yang nggak boleh dilewatkan para wisatawan ketika sedang berwisata di Solo dan ingin melakukan wisata kuliner. Pasalnya, pasar yang dikenal memiliki atap yang besar dan megah ini punya segudang tempat makan legendaris dan punya reputasi dan cita rasa yang nggak main-main!

7 Destinasi Kuliner di Pasar Gede Solo

1. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi liwet racikan Srimah atau yang akrab disapa Bu Sri bisa dibilang merupakan salah satu "magnet' terkuat dari Pasar Gede Solo. Nasi liwetnya terdiri atas nasi liwet yang dilengkapi labu siam, telur ayam, dan daging ayam yang sudah disuwir. Kamu pun bisa menambah lauk seperti ati ampela dan paha ayam. Kombinasi labu siam yang manis, lauk yang bervariasi, dan nasi liwet yang gurih-gurih sedap menjadikan tempat makannya nggak pernah sepi dari pembeli. Apalagi, harganya pun nggak mencekik dompet!

2. Timlo Sastro

Timlo adalah kuliner khas Solo yang menggunakan bahan utama mie dan soun yang digabungkan dengan sosis solo, ayam suwir, wortel, hati ayam, telur dadar, dan kemudian disiram dengan kuah bening. Kalau kamu penasaran mencoba timlo, tempat pertama yang harus kamu datangi adalah timlo sastro.

Timlo di tempat ini punya cita rasa yang sangat khas dan terkenal lebih gurih dibandingkan timlo di berbagai tempat lainnya walaupun bumbunya terkenal sederhana. Untuk menambah cita rasa, timlo di sini dilengkapi dengan daging ayam kampung dan telur pindang. Akibatnya, rasanya semakin sedap. sampai-sampai berbagai tokoh nasional seperti Koes Plus dan Gus Dur beberapa kali mampir ke sini!

3. Dawet Telasih Bu Dermi

Cuaca di Kota Solo kadangkala begitu panas dan menyengat. Untuk mengusir panas dan rasa haus sejenak, cobalah datang ke warung dawet telasih Bu Dermi. Berbeda dengan es dawet khas Banjarnegara yang menggunakan cendol dan gula merah, es dawet di sini terasa begitu khas dan berbeda. Sebabnya, es dawet di sini diolah dengan bahan-bahan yang khas seperti biji selasih, ketan hitam, gula, tape ketan, dan jenang sumsum. Alhasil, warung es dawet ini selalu jadi incaran banyak orang, termasuk Presiden Joko Widodo!

4. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng adalah kuliner sejenis gulai yang nggak mengandung santan dan terdapat tulang kambing di dalamnya.

Di Pasar Gede Solo, ada salah satu tempat makan tengkleng yang begitu melegenda. Namanya Tengkleng Klewer Bu Edi. Tengkleng di sini terkenal dengan kuah kaldunya yang begitu sedap dan penggunaan daun pisang atau pincukan untuk penyajiannya. Ketika kamu memesan, kamu akan disajikan nasi, daging atau jeroan yang ditusuk layaknya sate, dan berbagai potongan tulang. Dagingnya pun begitu empuk dan sangat mudah dipotong dan dinikmati. Pokoknya, juara!

5. Susu Segar Shi Jack

Lapar di tengah malam saat sedang berwisata di Solo? Mampir saja ke warung makan yang satu ini!

Susu Segar Shi Jack adalah warung yang menyajikan beragam varian minuman berbasis susu. Di sini, terdapat 50 jenis minuman susu yang memiliki penamaan yang unik dan nyeleneh. Ada Suramadu (Susu Manis Rasa Madu), Suteja (Susu Telur Jahe), hingga Superboy (Susu Perah Boyolali). Semuanya diolah dengan menggunakan bahan dasar susu segar yang diambil langsung dari susu yang diperah dari sapi di daerah Boyolali.

Kalau kamu lapar, ada beragam sajian sate-satean, mie, dan camilan yang siap mengisi perut kosong kamu. Ditemani segelas susu segar pilihan kamu, malam kamu di kota Solo terasa semakin sempurna dan bersahaja.

6. Tahok Pak Citro

Tahok atau yang biasa dikenal sebagai kembang tahu memang terasa biasa saja penampilannya. Namun, cobalah mampir ke Tahok Pak Citro, dan kamu akan dapatkan tahok yang begitu khas dan berbeda.

Tahok Pak Citro sudah eksis sejak 1967. Reputasinya sendiri sudah begitu legendaris dan tempat ini selalu ramai diserbu para penikmat kuliner. Tahunya lembut dan terasa meleleh ketika memasuki mulut. Kuah jahenya benar-benar terasa pedas dan hangatnya. Alhasil, kuliner sederhana ini bisa kamu nikmati ketika cuaca sedang dingin akibat hujan. Hmm, nikmat!

7. Lenjongan Yu Sum

Lenjongan adalah sebutan untuk beragam jajanan seperti ketan ireng, ketan putih, klepon, gethuk, cenil, dan sawut.

Di Pasar Gede Solo, kamu bisa menemukan warung lenjongan yang legendaris dan merupakan warung lenjongan pertama di sana. Namanya Lenjongan Yu Sum. Di sana berbagai jajanan tradisional bisa kamu dapatkan. Dengan taburan gula pasir dan gula merah cair, kamu bisa menikmati jajanan dengan rasa manis dan tekstur yang sedikit gurih. Saking lezatnya, berbagai tokoh ternama pun pernah mengunjungi Lenjongan Yu Sum, mulai dari Luna Maya hingga jurnalis legendaris Bondan Winarno.

Wah, wah. Nggak mengherankan kalau Pasar Gede Solo disebut banyak orang sebagai pusat kulinernya Solo. Destinasi kulinernya bervariasi dan banyak yang sudah eksis sejak lama. Buat kamu yang berencana ke Solo, mampirlah ke Pasar Gede Solo dan pengalaman kuliner kamu dijamin semakin unik dan kaya!