Par Inventory Sheet, Apa Pentingnya dan Bagaimana Menggunakannya untuk Restoran Kamu?

21 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Par inventory sheet membantu kamu dalam melacak dan menghitung bahan baku di restoran kamu sehingga jumlah persediaan bahan baku tetap terkendali sesuai kebutuhan dan nggak bikin boros restoran kamu!

Biaya bahan baku adalah salah satu biaya yang paling banyak memakan pengeluaran dalam bisnis restoran atau kuliner. Kamu pun harus jeli dan pandai mengetahui dan menghitung jumlah bahan baku yang kamu perlukan untuk restoran kamu agar operasional kamu tetap berjalan maksimal dan efektif. Selain itu, dengan menghitung jumlah bahan baku secara tepat, kamu jadi nggak membebani restoran kamu secara finansial.

Salah satu metode penghitungan bahan baku yang berguna untuk restoran kamu adalah par inventory sheet. Seberapa penting metode ini dan bagaimana menggunakannya dengan tepat?

Mengenal Par Inventory Sheet

Par inventory sheet adalah salah satu metode manajemen bahan baku restoran di mana kamu diharuskan untuk memiliki bahan baku dalam jumlah minimum tertentu. Par inventory sheet membantu kamu untuk mengatur batas minimum dari tiap bahan baku yang kamu punya di restoran kamu. Par inventory sheet bisa kamu buat secara manual di kertas atau dibuat secara digital di aplikasi spreadsheets.

Apa Saja Manfaat Par Inventory Sheet?

1. Menghindari Persediaan Berlebihan

Par inventory sheet memungkinkan kamu untuk memiliki jumlah persediaan bahan baku yang nggak berlebihan. Restoran kamu pun jadi punya persediaan dalam jumlah yang terkendali.

2. Mengurangi Pemborosan Pembelian Bahan Baku

Par inventory sheet membantu kamu mengetahui seberapa banyak kebutuhan bahan baku di restoran kamu. Dengan begitu, kamu nggak perlu boros-boros dalam membeli bahan baku dalam jumlah banyak dan berlebihan.

3. Mengetahui Jumlah Bahan Baku dengan Jelas

Dengan pencatatan yang jelas, setiap jumlah bahan baku pun dapat diketahui dengan lebih mudah dan transparan. Penghitungan pun bisa dilakukan dengan mudah dan nggak rumit.

Bagaimana Menggunakan Par Inventory Sheet?

Untuk membuat par inventory sheet, kamu terlebih dahulu harus membuat 6 kolom yang terdiri atas: item (Bahan baku restoran kamu), batas minimum persediaan, jumlah persediaan terkini, persediaan cadangan, persediaan khusus (Apabila ada event tertentu), jumlah pemesanan yang akan dilakukan (Setelah menghitung jumlah persediaan dan batas minimum persediaan).

Untuk menggunakan par inventory sheet, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

- Masukkan setiap bahan baku yang kamu pakai di restoran kamu ke bagian item.

- Tentukan batas minimum persediaan yang harus ada di gudang kamu. Untuk menentukannya, kamu bisa melihat histori penjualan atau penggunaan bahan baku kamu. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan frekuensi rutin pembelian bahan baku.

- Hitung jumlah persediaan setiap bahan baku yang saat ini sedang tersedia di restoran kamu dan isi di bagian persediaan terkini

- Hitung juga jumlah persediaan cadangan dari setiap bahan baku cadangan dan isi berapa banyak persediaan cadangan yang ingin kamu simpan di restoran kamu.

- Kalau kamu akan mengadakan event-event tertentu, kamu harus menyediakan sejumlah bahan baku untuk event tersebut. Kamu dapat mengisinya di bagian persediaan khusus.