Panduan dan Tips Lengkap Memilih Aplikasi POS Terbaik untuk Restoran Kamu!

13 Aug 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kali ini, sudah tersedia panduan lengkap buat kamu para pemilik bisnis restoran untuk memilih aplikasi pos yang terbaik dan pas untuk restoran kamu!

Tromates, dalam menjalankan bisnis restoran, adalah sesuatu yang begitu esensial untuk menggunakan aplikasi POS.

Bukan hanya untuk mengurus transaksi saja, melainkan berbagai kebutuhan operasional lain dari restoran kamu.

Namun, untuk memilih aplikasi POS untuk bisnis restoran kamu sendiri bukanlah perkara yang enteng.

Untuk itu, kali ini, kami menyediakan panduan dan tips lengkap yang kamu butuhkan sebagai bagian dari proses pemilihan aplikasi POS yang terbaik dan benar-benar pas untuk bisnis kamu! Pada pembahasan kali ini, kamu akan melihat dan mempelajari:

1. Jenis-jenis aplikasi POS yang tersedia

2. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih aplikasi POS

3. Tips penting sebelum memilih aplikasi POS

Jenis-jenis Aplikasi POS yang Tersedia

1. On-Premise POS

On-premise POS adalah jenis point of sales yang biasanya software dan hardware-nya tergabung menjadi satu. On-premise POS juga dapat disebut sebagai point of sales versi tradisional.

Point of sales ini memiliki software yang dipasang langsung di lokasi fisik yang berdekatan langsung dengan server-nya. On-premise POS dapat dioperasikan dengan menggunakan komputer maupun layar sentuh alias touchscreen.

2. Cloud POS

Sejatinya, on-premise POS dan cloud POS nggak jauh berbeda. Namun, satu aspek yang paling membedakan atau menjadi ciri khas cloud POS adalah kemampuan pos ini untuk terkoneksi menyimpan data POS di Internet. Kamu pun bisa mengaksesnya darimanapun, kapanpun kamu mau dan butuhkan, asalkan tetap terkoneksi dengan jaringan Internet.

3. Mobile POS

Mobile POS adalah jenis POS yang bisa dibilang anak dari cloud POSMobile POS menggabungkan kekuatan cloud POS yang mudah diakses dimanapun dengan sistem mobile yang memudahkan pengelolaannya. Selain itu, harga dari mobile POS pun juga lebih murah dan proses setup-nya pun nggak merepotkan, cukup install dalam beberapa klik di smartphone kamu.

4. Self Service POS

Self service POS, sesuai namanya, adalah jenis POS yang dioperasikan bukan oleh pegawai bisnis kamu, melainkan oleh pelanggan kamu sendiri. Menggunakan self service POS memang menghemat biaya tenaga kerja, tetapi kamu perlu untuk menginvestasikan mayoritas modal kamu untuk teknologi POS yang akan kamu terapkan dan maintenance perangkat POS itu sendiri.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan

1. Biaya Langganan

Dalam memilih aplikasi POS, harga perlu untuk selalu masuk dalam pertimbangan. Ketika ada aplikasi POS yang harganya lebih mahal, biasanya fitur yang tersedia semakin lengkap, berkualitas, dan mampu memberikan layanan yang baik dan lengkap untuk setiap penggunanya. Namun, jika ternyata biaya langganannya memang belum bisa kamu jangkau, kamu bisa mencari beragam alternatif lain yang lebih terjangkau dengan fitur yang sebelas dua belas dengan aplikasi yang sebelumnya kamu pilih.

2. Kelengkapan Fitur

Aplikasi POS kini lebih dari sekadar aplikasi pencatat transaksi dan pengelola menu. Aplikasi POS kini telah menjelma menjadi aplikasi serba bisa yang mampu mengurus dan mengelola berbagai aspek bisnis restoran kamu. Kini, ada aplikasi POS yang memungkinkan kamu untuk mengelola bahan baku yang tersedia, membuat laporan keuangan dan penjualan secara otomatis, mengatur shift pegawai, hingga menyimpan dan mengelola data pelanggan dan menyediakan beragam metode payment untuk pelanggan.

Semakin lengkap fitur yang tersedia, semakin mudah pula kamu menjalankan dan mengelola bisnis kamu. Namun, jangan lupa sesuaikan fitur-fitur yang ada dengan kebutuhan bisnis kamu ya!

3. Kemudahan Pemakaian

Apa jadinya jika kamu mengunduh aplikasi dan mendapati tampilannya begitu berantakan dan membingungkan? Hal pertama yang kamu lakukan tentunya adalah segera uninstall aplikasi tersebut dan cari yang lain.

Kemudahan pemakaian di sini bukan hanya petunjuk dan prosedur pemakaian yang jelas, namun juga berkaitan dengan bagaimana tampilan aplikasi POS yang ada hingga alur penggunaan dari tiap fitur aplikasi POS tersebut. Ketidakjelasan alur hingga tampilan yang nggak sederhana menandakan bagaimana sebuah aplikasi POS jadi berpotensi digunakan dan justru bakal menghambat produktivitas dan operasional harian bisnis restoran kamu.

4. Kekuatan Integrasi

Aplikasi POS yang terintegrasi dan dilengkapi dengan support dari berbagai aplikasi yang mampu menunjang kebutuhan adalah salah satu pertimbangan penting dalam memilih aplikasi POS. Ketika aplikasi POS yang kamu pelajari nggak didukung oleh berbagai aplikasi lainnya yang kamu gunakan, maka kamu akan lebih sulit lagi dalam menjalankan proses bisnis kamu. Terlebih lagi, jika aplikasi POS yang akan kamu pilih malah justru terintegrasi dengan aplikasi lain yang nggak kamu gunakan.

5. Keamanan Data dan Sistem

Hari-hari ini, kesadaran banyak orang tentang keamanan sistem dan data yang dimiliki dalam sistem tersebut semakin meningkat. Data telah menjadi "emas" yang begitu berharga dan tak ternilai harganya karena bisa digunakan untuk kepentingan banyak orang. Bila jatuh ke tangan yang salah, data justru bisa membawa dampak yang fatal.

Inilah poin penting yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih aplikasi POS. Adalah sebuah hal yang sia-sia ketika kamu memilih aplikasi POS yang lengkap, mampu menunjang kebutuhan kamu, dan memiliki biaya yang terjangkau, apabila sistemnya begitu rentan dan data bisnis dan pelanggan kamu justru mampu diperoleh tanpa sepengetahuan kamu oleh banyak pihak yang bertanggung jawab. Oleh karenanya, selalu pelajari bagaimana pihak pengembang aplikasi POS mampu menjamin keamanan data pelanggan dan bisnis kamu dan menjaga sistemnya tetap aman dan terjaga dari serangan siber.

6. Kelengkapan Laporan

Ketika menyelami lebih dalam mengenai ketersediaan dan kelengkapan laporan, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan: Apakah laporan yang tersedia beragam? Apakah laporan-laporan yang ada benar-benar kamu butuhkan untuk membantu kamu memahami bisnis kamu dan mengambil keputusan terbaik untuk pengembangan bisnis kamu? Pastikan setiap laporan benar-benar kamu butuhkan dan mampu membantu kamu untuk memahami bisnis kamu dengan lebih lanjut.

7. Ketersediaan Metode Pembayaran

Keterbatasan metode pembayaran adalah hambatan bagi sebuah bisnis, termasuk bisnis restoran. Ketika kamu hanya menyempitkan metode pembayaran hanya dengan menggunakan cash, maka jangan heran bila lama-kelamaan komplain pelanggan akan bertambah banyak.

Di era yang penuh dengan beragam metode pembayaran serba mudah dan instan ini, terbatasnya metode pembayaran bukan lagi opsi terbaik untuk bisnis. Oleh karenanya, selalu cari aplikasi POS yang memungkinkan pelanggan untuk membayar dengan beragam metode pembayaran sehingga mereka nggak perlu lagi repot-repot bayar dengan kas atau 

8. Layanan dan Bantuan Pelanggan

Walau bukan menjadi bagian yang langsung dari aplikasi POS, layanan dan bantuan pelanggan yang diberikan oleh pihak pengembang bisa jadi poin yang dapat kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum memilih aplikasi POS tertentu. Dengan pelayanan yang selalu tersedia dan mampu menjawab kritik dan komplain pengguna, maka hal tersebut akan menjadi poin plus untuk suatu aplikasi POS. Artinya, pengguna akan merasa benar-benar terlayani dan nggak perlu khawatir ketika mengalami permasalahan dan ingin memberikan komplain kepada pihak pengembang.

Tips Penting Sebelum Memilih Aplikasi POS

1. Memperhatikan Jenis dan Ukuran Bisnis

There's no one-size-fits-all formula. Nggak ada satu hal yang benar-benar cocok untuk semua kebutuhan, termasuk soal pilihan aplikasi POS.

Agar dapat menemukan aplikasi POS yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu harus memahami dan mempelajari jenis dan ukuran bisnis yang kamu miliki. Jenis atau bidang bisnis yang berbeda membutuhkan aplikasi POS dengan fitur khusus atau berbeda. Begitu juga jika ukuran bisnisnya. Jika bisnis kamu masih berkembang, maka kamu bisa menggunakan aplikasi POS yang setidaknya masih dalam jangkauan pengeluaran kamu.

2. Memahami Kebutuhan Bisnis

Sebagai pemilik bisnis restoran, kamu perlu mempertanyakan dan memahami apa yang bisnis kamu sejatinya butuhkan. Jangan sampai ketika kamu memilih aplikasi POS yang lengkap dengan harga yang tinggi, namun kamu nggak memaksimalkan fitur-fitur yang ada. Kamu jadi malah rugi sendiri karena biaya yang kamu keluarkan jadi terkesan sia-sia dan beberapa fitur jadi menganggur.

Maka dari itu, penting untuk memahami kebutuhan bisnis restoran kamu dan mempelajari setiap aplikasi POS dan berbagai pilihan paket langganan yang tersedia. Setiap paket tentunya memiliki ketersediaan fiturnya masing-masing.

3. Minta Rekomendasi atau Referensi

Apa yang orang lain pahami dan rasakan terkait penggunaan aplikasi POS adalah sumber pembelajaran yang bisa kita manfaatkan. Kita jadi tahu apa kelebihan dan kekurangan dari setiap aplikasi POS yang dipakai oleh teman-teman atau kenalan kamu yang sama-sama memiliki bisnis restoran. Semakin bervariasi aplikasi POS yang dipakai, semakin bervariasi pula jawaban yang ada dan pilihan aplikasi POS yang tersedia untuk kamu pilih. Dari banyaknya jawaban, kamu bisa mengambil rangkuman dan kesimpulan sendiri terkait mana aplikasi POS yang benar-benar cocok untuk bisnis restoran kamu.

4. Manfaatkan Kesempatan Trial

Sebaik-baiknya pengalaman orang lain, lebih baik adalah pengalaman pribadi sendiri. Hal ini dikarenakan kamu yang langsung merasakan dan mengalami sendiri apa yang kamu gunakan.

Umumnya, mayoritas aplikasi POS yang tersedia menyediakan pilihan free trial. Nah, kesempatan ini memungkinkan kamu untuk merasakan langsung bagaimana memakai aplikasi POS yang kamu pilih tanpa harus dikenakan biaya langganan. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan menilai pengalaman tersebut menggunakan pemahaman kamu sebaik-baiknya. Dengan begitu, kamu bisa mengambil kesimpulan berdasarkan pengalaman dan pemahaman langsung tentang aplikasi POS yang kamu gunakan.

Begitulah panduan lengkap dan beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai pemilik bisnis restoran untuk memilih aplikasi POS untuk restoran kamu. Perlu beragam pertimbangan dan proses berpikir yang matang sebelum kamu benar-benar menjatuhkan pilihan kamu kepada aplikasi POS yang benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan, jenis, dan ukuran bisnis restoran kamu.