Packaging Bagian dari Strategi Marketing? Cari Tahu Di Sini!

16 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Gimana sih manfaatkan packaging untuk strategi pemasaran restoran kamu?

Ketika terdengar kata packaging atau kemasan, apa sih yang terbersit sekejap di dalam kepala kamu? Kemungkinan besar kamu akan langsung memikirkan packaging sebagai media atau alat membungkus makanan atau pengemas makanan agar tetap aman. Deskripsi tersebut sejatinya memang tepat, tapi packaging adalah sesuatu yang lebih dari sekadar bungkus makanan.

 

Packaging adalah bagian dari strategi pemasaran restoran kamu.

 

Tapi, packaging untuk pemasaran produk dan menarik perhatian banyak pelanggan nggak cuma tentang estetik, estetik, dan estetik. Agar packaging benar-benar mampu menjadi media pemasaran buat produk yang kamu jual, khususnya makanan dan minuman di bisnis kuliner kamu, beberapa cara ini perlu kamu terapkan dalam bisnis kamu agar pemasaran yang kamu lakukan melalui packaging atau kemasan makanan kamu benar-benar efektif dan ngena ke pelanggan kamu!

 

1. Menyajikan Pengalaman Berbeda

Agar packaging benar-benar bisa berfungsi sebagai media pemasaran dengan baik, kamu harus mendesain packaging kamu sedemikian rupa sehingga mampu memberikan pengalaman yang khas dan nempel di dalam diri pelanggan. Dengan menyajikan pengalaman yang unik, pelanggan jadi bisa merasakan sesuatu yang khas dan unik yang nggak didapat dari menikmati makanan di tempat lain. 

 

Contoh menarik tentang hal ini bisa kamu lihat dari Pizza Hut Hong Kong yang mendesain kotak pizzanya secara khusus agar bisa jadi tempat proyektor. Pelanggan cukup menyematkan lensa khusus yang disediakan Pizza Hut di dalam box ke dalam lubang yang telah tersedia. Lalu, pelanggan yang telah memesan bisa scan qr code yang ada di setiap box untuk mengunduh film. Setelahnya, bersihkan kotak pizza dan masukkan handphone dengan film yang akan ditayangkan. Alhasil, jadilah makan pizza pun bisa sambil nonton film dengan mudah!

 

2. Sampaikan Pesan dan Nilai Brand Kamu

Komunikasi adalah cara yang perlu konsisten dan konstan dilakukan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan agar pelanggan tetap mampu memahami dan mengingat value yang coba kamu tumbuh dan kembangkan dari brand kamu. Ketika pelanggan terus mengingat brand restoran kamu, maka brand kamu sudah berada di top of mind-nya dan akan dijadikan pertimbangan olehnya ketika ia akan membeli makanan. Untuk melakukannya, packaging adalah cara yang tepat dan mudah.

 

Contoh terbaik dari bagian ini adalah ketika Terry Palmer merilis produk kaos bertajuk Morning Whistle. Nggak seperti mayoritas brand kaos lain yang mengemas kaosnya dengan plastik biasa, Morning Whistle menggunakan kemasan yang memiliki beragam bentuk unik dari makanan yang sering ditemukan saat sarapan, seperti kotak susu, kotak sandwich, kotak sereal, dan gelas kopi. Lewat desain kemasan seperti ini, Morning Whistle ingin menekankan bahwa produk kaosnya sama pentingnya dengan sarapan, karena sama-sama hal yang penting untuk memulai hari dan membantu produktivitas.

 

3. Memberikan Kemudahan

Sebuah packaging, selain unik, harus juga memberikan kemudahan di saat yang bersamaan. Kemudahan di sini berarti pelanggan kamu bisa mudah membawanya ke mana pun, mudah dipegang, dan memudahkan pelanggan kamu untuk mengonsumsi makanan yang dibawa olehnya. Sebagai contoh, lihatlah gimana Eatlah yang terkenal akan salted egg rice box-nya memiliki kemasan yang mudah digenggam oleh tangan. Hal ini jadi memudahkan pelanggan untuk menikmatinya meskipun harus takeaway atau dibawa ke mana-mana.

 

Melihat packaging dari sisi yang lain bisa membantu kamu untuk mengungkap beragam cara tentang gimana packaging bisa jadi bagian yang mudah dan murah dalam buat bisnis kuliner kamu. Pemasaran yang kamu sematkan lewat desain packaging pun bisa menyebar dari mulut ke mulut dan membantu pemasaran kamu jadi lebih mudah!