Omnichannel Marketing: Penerapan dan Manfaat Dahsyatnya buat Bisnis Restoran Kamu!

25 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Omnichannel marketing mampu membawa segudang keuntungan nggak cuma untuk pelanggan kamu, tetapi juga kamu sebagai pemilik bisnis restoran

Perkembangan teknologi dan metode pemasaran memungkinkan restoran untuk terus ikut berkembang. Keacuhan untuk memanfaatkannya hanya akan berujung pada kegagalan bagi restoran untuk jadi lebih maju.

Namun, sebagai pemilik restoran, kamu perlu untuk lebih dari sekadar memanfaatkannya - kamu perlu untuk mengombinasikan kekuatan teknologi digital dan pemasaran konvensional. Hal inilah yang kemudian melahirkan omnichannel marketing.

Berbeda Dari Multichannel Marketing

Jika dilihat secara sekilas, omnichannel marketing memang mirip dengan multichannel marketing, di mana sebuah bisnis menggunakan berbagai banyak media atau channel untuk melayani berbagai pelanggannya. Namun, dalam omnichannel marketing, sebuah bisnis berfokus untuk memberikan pengalaman yang lebih mulus dan terintegrasi antara berbagai media yang digunakan oleh bisnis tersebut. Apapun media yang digunakan pelanggan untuk menjangkau bisnis tersebut, sebuah bisnis harus memberikan pengalaman konsisten dan sama baiknya di setiap media.

Dari sini, kita dapat melihat bahwa omnichannel marketing benar-benar fokus kepada pelanggan dan memastikan bahwa pelanggan bisa memperoleh dan menikmati layanan yang konsisten antar setiap media yang digunakan restoran untuk melayani pelanggan.

Beragam Manfaat Omnichannel Marketing

1. Kepuasan Pelanggan Bertambah

Dengan hadir di berbagai media atau saluran, baik secara offline maupun online, pelanggan bisa dengan mudah mencari dan mengakses restoran kamu. Mereka bisa lebih mudah berkomunikasi dengan restoran kamu, mencari informasi yang mereka butuhkan tentang restoran kamu di berbagai media, hingga bahkan melakukan pemesanan dan membicarakan restoran kamu dengan mudah dan cepat. Hal ini pun akan memungkinkan pelanggan untuk lebih puas dan senang dengan bagaimana restoran kamu bisa dengan mudah dijangkau.

2. Menjaga Konsistensi Brand

Kehadiran restoran kamu di berbagai media adalah cara terbaik untuk memperkuat identitas brand kamu. Untuk itu, kamu perlu fokus menjaga brand kamu tetap konsisten di berbagai media atau saluran yang akan digunakan. Perhatikan konsistensi terkait cara interaksi, komunikasi, hingga pelayanan pelanggan. Dengan begitu, konsistensi brand akan terjaga dan identitas brand restoran kamu akan lebih mudah diingat pelanggan.

3. Membangun Relasi yang Lebih Positif dengan Pelanggan

Dengan menggunakan beragam media untuk berkomunikasi dengan pelanggan, kamu bisa perlahan meningkatkan hubungan yang baik dengan pelanggan dan konsisten meningkatkan pengalaman pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa menghadirkan berbagai konten yang dibutuhkan dan terasa dekat dengan pelanggan sehingga tumbuh sense of belonging dalam diri pelanggan, membuat pelanggan merasa bahwa mereka adalah bagian dari komunitas restoran kamu.

4. Lebih Mudah Memahami Pelanggan

Dengan berbagai data yang disediakan berbagai media yang kamu gunakan, seperti data pelanggan dan data pemesanan, kamu bisa memahami apa yang sejatinya pelanggan inginkan dan butuhkan dari restoran kamu. Kamu juga dapat memperoleh perilaku pelanggan, seperti durasi kunjungan di restoran atau apa yang umumnya pelanggan lakukan ketika sedang berada di restoran. Dengan berbagai data ini, kamu bisa meningkatkan kualitas layanan, fasilitas, hingga menciptakan produk yang dapat menyesuaikan keinginan mereka.

Penerapan Omnichannel Marketing di Restoran

1. Kenali Pelanggan dan Pelajari Kebutuhannya

Dalam mengenali pelanggan dan memahami kebutuhannya, kamu bisa menggunakan alat yang disebut sebagai buyer persona. Ini adalah gambaran detil terkait target pasar kamu. Buyer persona membantu kamu untuk mengetahui siapa saja pelanggan potensial kamu yang perlu kamu targetkan. Untuk membuat buyer persona, kamu harus melakukan riset mendalam terkait dengan informasi umum dan demografis tentang pelanggan potensial kamu.

2. Fokus Pada Pengembangan Konten dan Layanan

Setelah mengetahui siapa pelanggan kamu yang sebenarnya secara mendetil, kamu bisa fokus untuk mengembangkan beragam konten media sosial yang benar-benar sesuai dengan pelanggan kamu. Dengan membuat konten yang sesuai dengan keinginan pelanggan kamu, maka mereka akan merasa engaged dan merasa bahwa restoran kamu mendengarkan kebutuhan dan keinginan mereka.

Sebagai pemilik restoran, kamu bisa fokus mengembangkan fokus mengembangkan konten visual untuk membuat pelanggan lebih ngiler. Untuk konten yang berkaitan dengan lokasi atau pelanggan kamu bisa memberikan tag berupa lokasi atau user sehingga dapat meningkatkan engagement-nya.

Di samping itu, kamu pun dapat mengembangkan sistem layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Misalkan, di era pandemi, ketika pelanggan lebih suka untuk memesan makanan secara online, maka kamu bisa menghadirkan restoran kamu di berbagai aplikasi online atau membuka sistem pemesanan online sendiri sehingga memudahkan pemesanan.

3. Tingkatkan Customer Service

Customer service adalah soal menjawab dan merespon pelanggan ketika mereka butuh informasi tentang restoran kamu dan ketika mereka ingin memberikan komplain. Untuk itu, customer service harus ditingkatkan dengan menetapkan standar yang sesuai dalam melakukan pelayanan dan memberikan pelatihan yang tepat sehingga setiap orang yang melayani di customer service mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Tanpa customer service yang mampu mendengarkan dan menjawab kebutuhan pelanggan, 61% pelanggan bisa-bisa kabur ke kompetitor.

Dengan beragam manfaatnya, entah itu untuk restoran kamu atau pelanggan, kamu bisa memiliki daya saing yang lebih baik dibandingkan para pesaing kamu dan memberikan yang terbaik untuk para pelanggan kamu. Restoran untung, pelanggan pun nggak buntung!