Nggak Hanya Spaghetti, Ini 10 Pasta Lain yang Wajib Kamu Coba

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Bosan sama spaghetti? Yuk coba 10 jenis pasta ini!

Pasta adalah makanan khas Italia yang terbuat dari tepung gandum durum yang dicampur dengan air dan telur. Secara umum, pasta terbagi menjadi dua kategori, dried (pasta secca) dan fresh (pasta fresca). Dried pasta umumnya diproduksi dengan mesin-mesin besar berkapasitas tinggi dan dibuat secara khusus agar lebih tahan lama. Sementara itu, fresh pasta diproduksi dengan bahan-bahan yang lebih segar dan umumnya mengandung telur sehingga teksturnya lebih kenyal. 

Menariknya, meski bahan dasarnya tergolong sederhana, pasta memiliki beragam varian dan bentuk yang menarik. Percaya atau tidak, di dunia ini terdapat hingga 1.300 jenis pasta! Umumnya, nama dari setiap pasta tergolong mirip-mirip dan merujuk kepada tingkat ketebalannya yang berbeda.

Namun, kali ini, kita nggak akan melihat semua jenis pasta itu. Kita akan membahas 10 jenis pasta lain selain spaghetti yang bisa kamu coba atau jadikan alternatif ketika memasak di rumah untuk teman atau keluarga!

1. Rigatoni

Rigatoni berasal dari kata bahasa Italia, "rigato", yang berarti "bergaris". Rigatoni memiliki bentuk tabung dan menyerupai penne. Karena bentuknya yang bergaris, Rigatoni lebih cocok untuk dinikmati bersama saus atau keju yang telah diparut.

2. Ravioli

Ravioli berasal dari kata kerja bahasa Italia, "riavvolgere", yang memiliki arti untuk "membungkus". Dari bentuk dan asal katanya, ravioli memiliki kemiripan dengan pangsit dan memiliki bentuk bundar atau semi bundar. Di dalamnya, terdapat isian yang dibungkus adonan yang tipis. Isiannya pun umumnya terdiri atas sayur bayam dan keju cheddar.

3. Gnocchi

Gnocchi diambil dari kata "nocchio" yang berarti "simpul". Berbeda dengan ravioli yang bentuknya lebar dan sedikit semi bundar, gnocchi memiliki bentuk bulat dan sedikit lonjong. Umumnya, gnocchi dinikmati dengan campuran saus krim. Selain itu, gnocchi dibuat dengan bahan dasar kentang dan terdapat campuran tepung dan telur.

4. Angel Hair

Punya nama asli capelli d'angelo, pasta yang satu ini mirip dengan spaghetti. Namun, berbeda dengan spaghetti, angel hair tergolong sebagai pasta yang sangat tipis dengan diameter sekitar 0.78 - 0.88 mm! Seperti bihun, kan? Karena tergolong sebagai light pasta, angel hair umumnya digunakan untuk sajian seafood atau dimasak dengan saus yang ringan.

5. Lasagna

Lasagna adalah salah satu jenis pasta tertua yang pernah ada. Jenis pasta yang satu punya bentuk seperti keju lembar dan ditumpuk hingga beberapa lapisan. Biasanya, lasagna diisi dengan filling berupa sayur-sayuran, keju, hingga campuran daging halus dengan saus tomat. Lasagna juga bisa ditambah beberapa rempah-rempah seperti bawang putih, oregano, dan daun basil. Hidangan ini makin lengkap dengan topping parutan keju di atasnya, yang akan meleleh ketika lasagna masih dalam keadaan hangat.

6. Fettucine

Wah, kalau yang ini harusnya kalian tahu! Fettuccine adalah pasta yang punya bentuk datar dan sedikit keriting yang khas seperti kwetiau dan merupakan bahan dasar untuk fettucine alfredo, masakan pasta rumahan khas Roma. Jenis pasta ini memiliki varian lain yaitu fettuccelle yang tidak terlalu lebar dan spinach fettuccine yang tidak terbuat dari tepung, melainkan dari sayur bayam.

7. Farfalle

Bentuknya yang cantik dan keriting memang sesuai dengan namanya yang berarti "kupu-kupu". Pasta ini bahkan memiliki nama lain bow-tie pasta atau butterfly pasta. Farfalle memiliki varian lain yang bergaris atau bergerigi, yaitu farfalle rigate. Farfalle umumnya dinikmati bersama campuran saus krim atau saus tomat. Menariknya, farfalle biasa dicampur oleh beberapa jenis bahan sehingga menghasilkan warna-warna tertentu: akar bit untuk menghasilkan farfalle merah, sayur bayam untuk farfalle hijau, dan tinta sotong untuk farfalle hitam, yang ketiganya menciptakan rasa yang berbeda dan khas.

8. Penne

Apa benda yang terlintas di pikiran kamu kalau melihat jenis pasta ini? Yup, pulpen! Penne memang punya nama yang berasal dari kata "penna" yang memiliki dua arti, yaitu pena dan bulu. Penne, seperti saudara kembarnya, yaitu Rigatoni, memiliki bentuk tabung selayaknya pulpen atau pena. Perbedaannya dengan rigatoni terletak pada potongan ujung yang sedikit diagonal. Penne memiliki dua jenis, yaitu penne lisce dan penne rigate. Penne lisce memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut, sementara penne rigate yang lebih bergelombang.

9. Tortellini

Selain farfalle, ada juga pasta lain yang punya bentuk khas: Tortellini. Pasta yang berasal dari daerah Emilia, Italia, ini memiliki bentuk yang serupa kue donat mini. Biasanya, tortellini dinikmati dengan campuran daging, keju parmigiano reggiano, telur, pala, dan kaldu capon. Pasta ini punya kembaran yang bernama Tortelloni yang punya ukuran lebih besar.

10. Makaroni

Siapa sih yang nggak tahu pasta berbentuk pipa bengkok ini? Di Indonesia sendiri, makaroni sudah dikembangkan menjadi jajanan dengan berbagai macam varian rasa. Bahkan kamu bisa menemukan pasta ini di berbagai penjaja makanan seperti penjaja maklor alias makaroni telor. Selain dimasak seperti pasta pada umumnya, makaroni bisa juga diolah menjadi hidangan manis seperti makaroni puding.

Dari 10 jenis pasta di atas, kamu punya favorit pribadi nggak, food lovers