Nggak Cuma untuk Transaksi dan Menu, Aplikasi POS Restoran Kamu Juga Harus Punya 5 Fitur Ini!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Pastikan bisnis restoran kamu pakai aplikasi POS dengan lima fitur berikut agar operasional bisnis restoran kamu makin lancar dan jaya!

Seperti yang kamu tentunya sudah tahu, kehadiran aplikasi POS alias point of sale untuk berbagai bidang bisnis, termasuk bisnis kuliner dan restoran, memberikan kemudahan dan kepraktisan yang tiada tara. Kamu nggak perlu lagi pakai mesin kasir yang makan tempat, lengkap dengan teknologinya yang sudah termakan zaman dan tombol-tombol tebalnya untuk mencatat pembelian. Dengan aplikasi POS, pencatatan transaksi nggak pernah jadi semudah ini.

Sekarang ini, ketersediaan aplikasi POS sudah begitu melimpah. Kamu pun tinggal memilih satu di antara sekian banyak yang tersedia untuk menunjang operasional dan kinerja restoran kamu. Tentunya, kamu akan bingung untuk memilih mana yang paling pas dan cocok untuk restoran kamu. Untuk kamu yang baru akan memiliki aplikasi POS di restoran atau sudah menggunakan aplikasi POS restoran, kamu harus tahu kalau aplikasi POS restoran kamu harus punya 5 fitur ini biar operasional restoran makin lancar!

1. Manajemen Bahan Baku

Fitur pertama yang harus ada di aplikasi POS restoran kamu adalah manajemen bahan baku atau manajemen inventori. Dengan adanya manajemen bahan baku, kamu jadi tahu persis jumlah detil setiap bahan baku yang kamu punya di restoran kamu. Proses restocking pun jadi lebih mudah dan nggak repot karena semua data soal bahan baku diperbarui secara otomatis.

Selain itu, kamu pun jadi tahu mana bahan baku yang paling laku dan mana bahan baku yang kurang terpakai. Dampaknya, kamu jadi bisa mengambil keputusan tentang pembelian bahan baku secara tepat dan nggak buang-buang ongkos untuk membeli bahan baku yang ternyata nggak terpakai.

2. Manajemen Akses Pegawai

Fitur manajemen akses pegawai membantu kamu mengetahui siapa yang sedang bertugas menjadi kasir. Kamu pun juga bisa mengelola shift dan pergantian shift dari pegawai kamu dengan cermat dan mulus. Alhasil, proses transisi atau pergantian shift jadi nggak bertabrakan dan lebih lancar.

Di samping mempermudah pergantian shift, manajemen akses pegawai memungkinkan kamu untuk meminimalisir terjadinya fraud atau aksi kecurangan yang dilakukan oleh staf restoran. Ini dikarenakan kamu punya kendali dan pengetahuan penuh atas setiap tanggung jawab pegawai yang berada di kasir.

3. Metode Pembayaran Bervariasi

Satu aplikasi POS harus menjadi gerbang yang menyediakan pilihan metode pembayaran yang bervariasi, entah itu dengan cashQR code, hingga dompet digital. Pilihan metode pembayaran yang bervariasi memungkinkan pelanggan untuk memilih metode mana yang ia rasa sedang ingin ia pakai. Pelanggan lupa bawa uang cash atau nggak ada kembalian untuk uang cash? Bisa pakai dompet digital. Dompet digital sedang kosong dan nggak bawa cash? Cukup pakai QR code. Selalu ada jalan menuju pembayaran yang lebih mudah!

4. Laporan yang Lengkap

Fitur pelaporan dalam aplikasi POS restoran dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis untuk memudahkan dan memperlancar operasional dan kinerja bisnis restoran kamu. Dengan berdasarkan pada laporan penjualan dan laporan produk, kamu jadi lebih mudah dalam mengambil keputusan terkait strategi bisnis dan operasional restoran kamu. Alhasil, laporan penjualan dan laporan produk membantu kamu untuk meningkatkan kualitas operasional dan kinerja restoran kamu

5. Manajemen Kas

Aplikasi POS restoran harus menghadirkan fitur manajemen kas. Semua arus kas - arus kas masuk ataupun arus kas keluar - semuanya terpantau jelas dan transparan. Semuanya bisa kamu lihat saat mulai buka toko, ganti shift, maupun saat akan menutup toko. Dengan fitur manajemen kas yang baik, kamu pun jadi tahu seberapa banyak uang yang masuk dan keluar selama operasional restoran kamu. Kamu pun akan tahu apabila terjadi kecurangan yang melibatkan kas restoran.

Buat kamu para yang berkecimpung di dunia bisnis restoran dan kuliner, sudah saatnya kamu cari aplikasi POS atau point of sale restoran yang punya 5 fitur di atas. Kalau kamu sudah punya aplikasi POS restoran namun nggak punya satu atau beberapa fitur di atas, kamu bisa coba aplikasi POS Trofi yang punya fitur lengkap dan siap bantu bisnis restoran kamu naik level dengan lima fitur di atas!