Murah Meriah, Yuk Melipir ke 5 Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan yang Nggak Mencekik Dompet!

13 Aug 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Nggak selalu mahal, Jakarta Selatan juga punya beberapa destinasi nongkrong yang ramah kantong!

Kalau soal tempat nongkrong dan beragam jenisnya, Jakarta Selatan adalah destinasi wajib. Kamu bisa menemukan tempat nongkrong yang nggak terhitung jumlahnya dengan berbagai sajian dan harga yang bervariasi.

Namun, kalau kamu mencari tempat nongkrong di Jakarta Selatan yang lebih ramah untuk kantong kamu, coba ke 5 tempat nongkrong ini saja!

1. Trafique Coffee

Trafique Coffee bisa dibilang merupakan pemain yang cukup lama di kawasan Jakarta Selatan. Namun, buat kamu yang belum pernah ke sini selama ini, sempatkan diri kamu untuk ke sini ya!

Tempatnya sendiri punya atmosfer yang cukup unik. Perpaduan nuansa modern dengan berbagai pajangan dan hiasan yang tergolong vintage bikin kesan tersendiri yang khas dan sulit untuk ditemukan di tempat lain. Langit-langit bangunannya pun cukup tinggi, menambah kesan lega dan luas di dalamnya.

Suasana seperti itu memang cocoknya dipakai untuk ngopi sambil bekerja. Dengan sajian khas Trafique Coffee seperti Es Kopi Getuk yang manis, sedikit creamy, dan gurih dan berbagai varian kopi single origin yang mereka sangrai secara mandiri, maka ini jadi pesona yang sulit ditolak ketika kamu mampir ke sini.

2. Meanwhile Coffee

Kalau kamu sedang berkeliling di Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Kuningan, dan tiba-tiba menemukan sebuah bangunan dengan jendela dengan rangka yang berwarna hijau dan berbentuk kotak-kotak, artinya kamu sudah menemukan Meanwhile Coffee!

Meanwhile Coffee adalah sebuah coffee shop yang sempat menjadi sorotan karena pernah dikunjungi oleh Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno beberapa tahun lalu, ketika mereka asyik bercengkrama dan berdiskusi sembari ngopi di santai. Di sini, setiap menu kopi hingga camilan yang tersedia nggak ada yang menembus angka Rp50.000. Kamu bisa menikmati berbagai biji kopi khas Indonesia, mulai dari kopi Gunung Tilu, Bali, Flores, hingga Toraja, dan beberapa biji kopi khas luar negeri. Mencari kopi dingin yang menyegarkan? Ada juga kopi botolan yang diberi nama Hi Black dan Hello White. Dinaungi desain tempat a la Pinterest yang homey dan minimalis, maka nongkrong di sini terasa seperti relaksasi.

3. Roti Eneng

Jakarta Selatan punya tempat makan roti bakar yang bisa dibilang cukup populer! Namanya Roti Eneng, dan tempat makan yang satu ini bisa dibilang merupakan spesialis roti bakar. Di sini, terdapat beragam sajian roti bakar yang bisa kamu coba, mulai dari roti bakar isian kornet, keju, kacang, coklat, hingga stroberi dengan harga yang cukup ramah kantong.

Meski terkesan biasa saja, namun Roti Eneng punya satu ciri khas tersendiri: Setiap rotinya dibuat secara homemade. Dengan roti homemade, cita rasanya pun jadi lebih khas. Terlebih lagi, rotinya dibakar langsung di atas arang hingga sedikit kering dan kecokelatan. Meski begitu, rotinya tetap empuk dengan tekstur yang sedikit garing. Ditambah isian-isian yang bervariasi, maka kamu akan mendapatkan sensasi makan roti bakar yang berbeda dari yang pernah kamu rasakan sebelumnya.

4. Pitu

Ketika kamu menginjakkan kaki pertama kali ke Pitu, maka yang terbersit pertama kali di kepala kamu adalah kesannya yang sederhana. Yup, Pitu memang menonjolkan nuansa kesederhanaan selayaknya kembali ke rumah. Didominasi nuansa serba coklat dan elemen kayu serta dekorasi dinding yang begitu cantik dan eye-catching, Pitu menawarkan kesederhanaan dan kehangatan agar kamu bisa nongkrong dan ngopi dengan santai.

Di Pitu, nggak hanya akan kamu temukan berbagai menu kopi klasik yang ada di berbagai coffee shop lainnya. Kamu pun akan menemukan berbagai sajian kopi dan minuman yang tergolong cukup menarik dan khas untuk dicoba dengan harga di bawah Rp50.000. Ada Sourpresso untuk kamu yang suka kopi dengan cita rasa asam yang kuat, candy latte yang bisa dibilang permen dalam bentuk cair, hingga Java Caramel Oreo dengan perpaduan karamel dan oreo yang begitu sempurna!

5. KOLO - Kopi Lokal

KOLO punya singkatan yaitu "Kopi Lokal". Di sini, kamu bisa menemukan banyak sajian kopi yang menarik. Namun, salah satu highlight atau menu andalan di sini adalah Es Susu Tjampolay. Menggunakan sirup tjampolay khas Cirebon yang tergolong sebagai minuman manis yang sudah ada puluhan tahun lamanya, minuman ini terasa menyegarkan. Dahaga dan tenggorokan kering pun seketika menghilang sesaat setelah menyesap minuman ini pertama kalinya!

Kalau kamu mencari camilan, KOLO punya banyak camilan khas Indonesia dan beberapa di antaranya tentunya terasa relatable dan dekat dengan kehidupan sehari-hari kamu. Misalnya, KOLO punya risol mayo dan pisang goreng karamel. Keduanya siap menemani kamu santai di ruangan indoor maupun outdoor-nya yang terasa homey, hangat, dan tentu saja menyejukkan!

Walau Jakarta Selatan identik dengan tempat nongkrong yang berpotensi menguras isi kantong, tapi selalu ada beberapa tempat nongkrong yang bisa kamu kunjungi tanpa harus bikin kamu dan kantong kamu berteriak.