Mudik Lewat Trans Jawa Jalur Jawa Tengah? Sempatkan Coba Kuliner Pilihan Ini!

28 Apr 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Ada segudang makanan khas Jawa Tengah di Tol Trans Jawa!

Sejak kehadiran Tol Trans Jawa, resmi sudah Pelabuhan Merak yang berlokasi Banten terhubung dengan Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Jalanan yang membentang sejauh 1.167 kilometer tersebut pada akhirnya memungkinkan perjalanan ke berbagai wilayah di Jawa dengan lebih mudah dan cepat. Perjalanan mudik bagi para pemudik yang menggunakan transportasi pribadi darat pun jadi lebih lancar dan nyaman ke kampung halamannya masing-masing di Jawa.

Selama perjalanan mudik, tentunya kamu melewati berbagai daerah yang masing-masing memiliki kekhasan dan keunikannya. Rasanya tentu nggak afdol kalau kamu hanya sekadar lewat di setiap daerah tersebut. Sebab, setiap daerah punya kuliner dan tempat makan khas yang lezat yang bisa bikin perjalanan mudik kamu jadi lebih memorable dan menyenangkan.

Nah, buat kamu yang akan memulai perjalanan mudik dengan melintasi Tol Trans Jawa, khususnya jalur Jawa Tengah, jangan lupa untuk mampir ke tempat makan khas Jawa Tengah di bawah ini ya!

1. Brebes

Mari kita mulai dari Brebes. Kota yang terkenal akan telur asinnya ini punya kuliner khas, yaitu sate blengong (Blengong, bukan bengong). Sate ini diolah menggunakan daging blengong, yaitu hewan yang lahir berkat perkawinan silang antara bebek dan entok. Uniknya, blengong hanya dapat ditemukan di Brebes karena hewan tersebut hanya dibudidayakan di sana. Berbeda dengan daging ayam, daging blengong memiliki tekstur yang lembut dan berserat. Sate ini sering disajikan bersama makanan pendamping lain, yaitu kupat glabed. Kalau mau coba kuliner khas Brebes ini, mampirlah ke beberapa tempat makan sate blengong legendaris di Brebes, yakni Kupat Sate Blengong Kasturi dan Warung Sate Blengong Bu Kijah.

2. Bumiayu

Setelah Brebes, yuk kita berpindah ke Bumiayu! Selain dikenal karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi perbukitan, Bumiayu punya harta karun lainnya dalam bentuk kuliner: Gorengan. Beberapa yang paling terkenal antara lain tempe mendhoan, keripik tempe, gethuk goreng, hingga kue dage. Kalau kamu menyempatkan untuk singgah sebentar dan beristirahat di Bumiayu, jangan lupa mampir ke Tempe Mendhoan Pak Paijo yang konon merupakan tempat makan tempe mendoan paling legendaris di Bumiayu. Tempat makan ini menyajikan beragam jenis gorengan dan minuman teh poci untuk kamu berbuka puasa maupun bersantai malam di Bumiayu.

3. Tegal

Meski di Tegal nggak ada warteg, tapi tenang aja, sebab ada banyak kuliner dan tempat makan nikmat yang bisa kamu coba. Tegal punya sajian sate yang khas dan menarik, yaitu sate batibul. Batibul ini bukan nama hewan atau daerah ya, food lovers. Batibul adalah singkatan dari bawah tiga bulan, merujuk ke usia kambing yang digunakan untuk sajian khas ini. Usia kambing yang di bawah tiga bulan ini menyebabkan tekstur dagingnya lebih empuk dan nggak berbau khas kambing. Ditambah dengan bumbu sambal kecap, kenikmatan sate batibul terasa begitu surgawi. Kalau penasaran, coba mampir ke tempat makan sate batibul legendaris seperti sate kambing batibul Bang Awi dan sate kambing batibul H. Tasripin.

4. Pekalongan

Singgah di Pekalongan, ada kuliner khas yang 24 jam tersedia di hampir seluruh sudut Pekalongan, yaitu nasi megono. Kuliner nasi ini memang serupa dengan kuliner nasi lainnya, namun ada satu kekhasan yang membedakannya: cacahan nangka dengan serutan kelapa dan kecombrang. Alhasil, kuliner khas ini punya aroma yang begitu wangi dan rasa yang cukup gurih. Biasanya, nasi megono disajikan dengan tempe mendoan, telur puyuh bacem, atau bakwan jagung. Jika tertarik mencicipinya, mampirlah ke Nasi Megono Pak Bon atau Nasi Megono Ibu Suli yang sudah nggak diragukan lagi kelezatannya.

5. Batang

Kota yang terkenal akan wisata pantainya ini juga punya segudang kuliner dan tempat makan yang nggak kalah apik bila dibandingkan kota-kota lain. Ada lontong lemprak yang, meskipun mirip dengan berbagai sajian lontong lainnya, terkenal khas akan cara penyajiannya yang ngemper di lantai dan penggunaan daging ayam kampungnya. Nggak hanya itu, Batang juga punya kudapan ringan dalam bentuk surabi kali beluk. Walau mirip dengan surabi pada umumnya, ukurannya yang besar dan penggunaan kelapa dan gula merahnya membuatnya terasa manis dan begitu khas. Untuk lontong lemprak, kamu bisa menemukan sajian ini di Lontong Lemprak Mbak Moer, sedangkan surabi kali beluk bisa kamu nikmati di desa Kali Beluk yang berada dekat Exit Tol Warungasem Batang.

6. Semarang

Nggak hanya cuma lumpianya saja yang begitu populer, ada beberapa kuliner lain yang bisa kamu coba di Semarang, seperti sajian tahu gimbal yang ditambahkan dengan lontong dan disiram kuah kacang dari kacang goreng yang ditumbuk kasar dan mie kopyok dengan topping daging sapi dan tetelan yang pas disajikan saat cuaca dingin. Untuk mencicipi tahu gimbal, datanglah ke Tahu Gimbal Pak Edi. Sementara itu, sajian mie kopyok yang melegenda bisa kamu temui di Mie Kopyok Bu Uti.

7. Salatiga

Letaknya yang dekat dengan pegunungan dan suasananya yang dingin membuat siapapun yang mampir ke Salatiga akan mencari-cari yang hangat. Kuliner hangat nan nikmat yang bisa kamu coba antara lain soto esto yang disajikan dengan kuah bening kekuningan, irisan daging ayam, dan kerupuk karak yang berasal dari nasi yang sudah dikeringkan. Kalau bosan dengan soto, cobalah beragam sajian bakmi jawa di Jalan Semeru yang diolah secara tradisional menggunakan tungku dan kayu bakar.

8. Solo

Kalau mampir ke Solo, kamu wajib coba timlo. Sekilas memang mirip dengan sup atau soto, namun timlo disajikan dengan kuah yang bening dengan tambahan sosis solo, telur pindang, ati, dan ampela ayam. Timlo yang enak dan menyegarkan ini bisa kamu temui di rumah makan Timlo Maestro atau di Timlo Pak Sur Pasar Gede. Kalau mau cari kuliner yang nyeleneh, ada bakmi ketoprak Yu Nani yang nggak berkuah kacang seperti pada ketoprak umumnya, melainkan berkuah kaldu bening nan gurih seperti bakso.

Food lovers, mudik kamu dijamin makin berwarna dengan berbagai pilihan kuliner dan tempat makan di atas yang bisa kamu cicipi selama melintasi Tol Trans Jawa. Nggak hanya itu, kami juga punya beberapa rekomendasi kuliner lain, mulai dari  rekomendasi kuliner untuk kamu yang mudik ke Cirebonrekomendasi tempat makan untuk berbuka puasa di Lembang, hingga rekomendasi food market yang nikmat!