Mudik Lewat Cirebon, Jangan Lewatkan 5 Makanan Khasnya yang Nikmat!

2 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Cirebon punya segudang makanan khas untuk bikin perjalanan mudik kamu tambah spesial!

Wah, tampaknya sebentar lagi akan mendekati puncak arus mudik ya, food lovers! Jumlah kendaraan yang berangkat ke luar Jabodetabek semakin meningkat dan jalaan-jalanan di luar Jabodetabek juga akan terus dipadati oleh pemudik.

Biasanya, pemudik yang menggunakan transportasi darat pribadi di daerah Jawa akan menggunakan 2 jalur perjalanan, yaitu melalui jalan tol atau melalui jalur arteri seperti Jalur Pantai Utara alias Jalur Pantura. Buat yang melalui Jalur Pantura tentunya akan melalui kota Cirebon. Kota yang punya julukan Kota Udang ini punya beragam kuliner khas yang super nikmat dan wajib kamu coba ketika kamu melewati kota ini. Apalagi, kalau kamu tiba di kota ini menjelang waktu berbuka puasa. Jangan sampai kamu melewatkan 5 kuliner khas Cirebon ini ketika kamu tiba di kota ini ya!

1. Mie Koclok

Jika Bandung punya mie kocok, Cirebon pun tak kalah ketinggalan dengan sajian mie kocloknya. Dari namanya, kuliner ini memang tampak mirip dengan mie kocok khas Bandung. Namun, jika dilihat dari penampilan, kamu akan langsung tahu kalau mie koclok punya kekhasan tersendiri, yakni tekstur kuahnya yang begitu kental dan serupa dengan bubur. Hal ini disebabkan karena selain menggunakan kaldu ayam, kuah mie koclok menggunakan santan dan tepung jagung atau tapioka.

Mie koclok biasanya menggunakan mie kuning disajikan dengan topping ayam suwir, kol, daun bawang, toge, telur rebus, hingga taburan bawang goreng. Untuk menambah kenikmatan, tambahkan sedikit sambal, kecap manis, dan topping tambahan berupa emping dan nikmati mie koclok ketika suasana sedang dingin-dinginnya atau sedang hujan. Hmm, mantap!

2. Nasi Jamblang

Makanan khas Cirebon yang satu ini berasal dari desa Jamblang yang terletak di Kabupaten Cirebon. Nasi Jamblang telah hadir sejak lama, yakni sejak zaman penjajahan Belanda. Saat itu, sedang dilakukan pembangunan Jalan Raya Anyer - Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon dan makanan ini pun disajikan untuk para pekerja yang terlibat dalam proyek tersebut.

Berbeda dengan kuliner nasi lain yang biasanya menggunakan daun pisang sebagai alasnya, nasi jamblang menggunakan daun jati sebagai alas makanannya. Lauknya pun sangat variatif, mulai dari telur dadar goreng, tempe goreng, sambal goreng, beragam jenis semur, hingga ati ampela yang konon dimasak dua kali sehingga punya aroma yang begitu wangi. Kalau kamu mampir atau sekadar melewati Cirebon tanpa nasi jamblang, rasanya ada yang kurang!

3. Nasi Lengko

Cirebon juga punya menu nasi khas selain nasi jamblang: Nasi lengko. Nasi lengko berasal dari kata lengko yang berarti langka. Namun, langka di sini nggak merujuk kepada keberadaannya yang mulai langka, tetapi minim atau sedikitnya lauk yang ada di nasi lengko.

Dan rasanya kata lengko memang betul-betul cocok untuk nasi lengko, sebab lauknya hanya terdiri atas nasi putih, mentimun segar yang dipotong kecil-kecil, tahu dan tempe, kucai, dan toge, yang kemudian dibaluri saus kacang dan kecap asin. Meski terkesan sederhana, rasanya begitu nikmat dan cocok untuk kamu yang nggak mau makanan yang terlalu mengenyangkan. Selain itu, makanan ini juga kaya akan protein hewani yang berasal dari lauk-lauknya yang semuanya merupakan sayuran.

4. Empal Gentong

Cirebon juga punya sajian sop yang khas loh, food lovers! Sop ini punya nama empal gentong. Meski sekilas mirip dengan soto kuning atau gulai, namun cara pembuatannya tergolong khas. Empal gentong biasanya dimasak di dalam pot yang terbuat dari tanah liat atau sebuah gentong. Menggunakan daging usus dan babat dan berbagai bumbu seperti kaldu sapi, jintan, hingga lada, hingga kunyit, empal gentong adalah makanan yang begitu menyegarkan sekaligus bikin hangat saat suasana sedang dingin-dinginnya.

5. Tahu Gejrot

Kalau makanan yang satu ini mungkin sudah melanglangbuana ke luar Cirebon ya, food lovers. Tapi, rasanya nggak afdol kalau nggak mencoba tahu gejrot langsung di tempat asalnya. Tahu gejrot adalah kuliner khas Cirebon yang dibuat dengan tahu gembos yang digoreng lalu dituangkan kuah atau saus tahu gejrot yang terbuat dari garam, bawang merah, bawang putih, sedikit cabai, dan air gula merah atau gula aren.

Kalau kamu mengira kata gejrot di tahu gejrot berasal dari bunyi ulekan tahunya, kamu salah besar, food lovers! Kata gejrot di tahu gejrot berasal dari bunyi air gula merah yang dituang dari botol yang dilubangi begitu kecil sehingga si pedagang harus menekan botolnya agar air gula merah keluar lebih banyak. Alhasil, dari sini muncullah bunyi jrot jrot yang kemudian dijadikan nama sajian ini.

Menikmati beragam sajian khas Cirebon di atas dijamin bakal bikin perjalanan mudik dan momen buka puasa kamu semakin berwarna.