Model Bisnis Restoran Take Away Only: Apa Keuntungannya dan Bagaimana Membuatnya

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Ingin mencari alternatif bisnis restoran yang lebih terjangkau dan mudah dibangun? Model bisnis take away only jawabannya!

Membangun bisnis restoran nggak selamanya sulit dan butuh modal besar.

Ada satu alternatif model bisnis untuk membangun bisnis restoranmu sendiri dengan segudang kemudahan yang ditawarkannya.

Model bisnis ini dikenal sebagai model bisnis take away only.

Model Bisnis Restoran Take Away Only

Model bisnis restoran take away only adalah model bisnis restoran yang fokus melayani pemesanan secara delivery atau takeaway. Pelanggan bisa memesan delivery dengan third party app atau melakukan take away dengan mengunjungi langsung restoran itu.

Restoran dengan model bisnis ini nggak melayani dine in. Dengan kata lain, restoran ini nggak memiliki seating yang umumnya ada pada restoran konvensional.

Keuntungan Bisnis Restoran Take Away Only

1. Lebih Fleksibel dan Cepat

Model bisnis restoran take away only menggunakan sistem yang lebih sederhana dan beragam aplikasi khusus, seperti point of sale hingga third party app untuk menyediakan delivery.

Dampaknya, restoran akan mampu melayani pelanggan dengan lebih cepat karena prosesnya yang jelas dibantu oleh beragam sistem yang mumpuni.

Di samping itu, model bisnis ini juga tergolong fleksibel. Kamu sebagai pemilik restoran bisa menyesuaikan produk dan penawaran yang kamu berikan untuk pelangganmu sesuai dengan permintaan dan tren yang ada.

Menariknya lagi, proses membuka cabang atau mengubahnya jadi sistem franchise nggak rumit. Pasalnya, kebutuhan dan karakteristik dari restoran take away only tergolong sederhana.

2. Biaya Lebih Terjangkau

Bila restoran kamu mengusung model bisnis take away only, kamu nggak butuh banyak sumber daya manusia, peralatan, dan perlengkapan untuk menjalankan operasional.

Biaya yang dikeluarkan pun jadi lebih murah. Hal ini juga didukung biaya sewa yang lebih terjangkau karena kamu nggak perlu sewa properti yang besar dan luas.

3. Demand Tinggi

Seiring dengan lahirnya beragam third party app untuk memudahkan kebutuhan pelanggan, terutama soal makanan, demand pun menjadi semakin tinggi.

Dampaknya, restoran yang berfokus pada take away only akan dengan mudahnya memenuhi kebutuhan pelanggan soal makanan.

Kondisi ini pun didukung oleh beragam kemudahan dan penawaran yang ditawarkan oleh pihak pengembang third party app yang banyak membantu beragam restoran untuk berkembang dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Ilustrasi Restoran Take Away

Sumber: Freepik.com

Tips Ampuh untuk Membuat Bisnis Restoran Take Away Only

1. Sediakan Menu Khusus

Berbagai sajian yang kamu sediakan di restoran kamu nggak boleh asal kamu kembangkan begitu saja.

Menu-menu yang ada di restoran dengan model bisnis take away only haruslah menu-menu yang bisa diolah dalam waktu cepat dan nggak bikin pelanggan menunggu.

Gunakan bahan-bahan yang mudah diolah. Hindari menu-menu yang pembuatannya rumit. Selain itu, cobalah untuk menggunakan satu atau dua bahan utama untuk membuat menu yang beragam.

2. Pilih Aplikasi yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih aplikasi yang pas untuk bisnis kamu.

Aplikasi di sini bukan hanya third party app untuk membantu delivery dan promosi, tetapi juga point of sale dan juga inventory management.

Perhatikan setiap fitur dan penawaran yang dimiliki. Bandingkan juga harga dari tiap aplikasi yang ada. Pastikan kamu bisa mengetahui perbandingan value satu sama lainnya.

Dengan memiliki aplikasi khusus untuk menangani setiap aspek bisnismu dengan harga yang sesuai, bisnismu akan lebih mudah dikelola dan kamu nggak perlu boros mengelola bisnis restoranmu.

3. Punya Website Sendiri

Walau bisnis restoran menggunakan model take away only, kamu harus tetap memiliki wajah bisnismu secara online, yakni melalui website.

Namun, nggak selamanya membuat website untuk bisnis restoranmu itu mahal. Di pasaran, ada begitu banyak website builder yang terjangkau dan mudah untuk digunakan.

Bahkan, kamu bisa menggunakan website builder khusus untuk mobile seperti Milkshake yang memudahkan pelanggan untuk mengenal bisnismu dengan website yang sifatnya mobile-based dan mudah diakses.