Mesin Espresso Manual vs Otomatis, Mana yang Perlu Kamu Pilih buat Coffee Shop Kamu?

21 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Memulai coffee shop nggak lepas dari memilih mesin espresso. Pertanyaanya: Mana yang harus dipilih, mesin espresso manual atau otomatis?

Dalam memulai usaha coffee shop, mesin espresso menjadi salah satu kebutuhan paling utama.

Namun, memilih mesin espresso bisa bukan jadi sesuatu yang gampang.

Beberapa orang seringkali kebingungan ketika dihadapkan pada pilihan mesin espresso: Apakah harus menggunakan mesin espresso manual atau otomatis?

Pada pembahasan kali ini, kita akan melihat perbandingan antara kedua jenis mesin espresso tersebut dan mana yang sebaiknya kamu gunakan di coffee shop kamu.

Mesin Espresso Manual

Mesin Espresso Manual

Sumber: Perfectdailygrind.com

Mesin espresso manual sejatinya nggak bisa terlihat seperti mesin pada umumnya.

Pasalnya, mesin espresso manual hanya terdiri atas tuas atau lever yang digerakkan dengan tekanan untuk menghasilkan satu shot minuman espresso.

Walau sekarang ini banyak coffee shop yang menggunakan mesin espresso otomatis, penggunaan mesin espresso manual nyatanya masih cukup digandrungi.

Pasalnya, mesin espresso manual harganya jauh lebih terjangkau bila dibandingkan mesin espresso otomatis.

Selain itu, mesin espresso manual mudah dioperasikan, dibersihkan, dan nggak membutuhkan daya listrik untuk pengoperasiannya.

Meski begitu, untuk menggunakannya, kamu memerlukan akurasi dan presisi untuk dapat menghasilkan espresso yang enak dan punya rasa yang tepat.

Hal ini dikarenakan pengoperasiannya, sesuai namanya, benar-benar manual menggunakan tangan manusia. Kamu butuh banyak belajar untuk menggunakannya dan berisiko mengalami kelelahan apabila kamu memenuhi banyak pesanan.

Mesin espresso manual cocok untuk: Kamu yang nggak ingin ribet merawat mesin espresso, suka ngulik, dan ingin punya kendali penuh dalam proses pembuatan espresso.

Mesin Espresso Otomatis

Mesin Espresso Otomatis

Sumber: Unsplash.com

Salah satu tandingan dari mesin espresso manual adalah mesin espresso dengan sistem otomatis.

Mesin espresso otomatis adalah definisi dari kemudahan dalam membuat espresso: Kamu tinggal memencet tombol yang tersedia di mesin espresso dan mesin tersebut akan mengolah bubuk kopi yang telah kamu giling dan tamping.

Menariknya lagi, kamu bisa mencoba beberapa jenis mesin espresso otomatis lainnya, seperti semi automatic dan super automatic.

Mesin espresso dengan sistem semi automatic cukup mirip dengan mesin espresso otomatis penuh, namun kalau menggunakan mesin ini, kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk menekan tombol stop untuk menghentikan pembuatan espresso.

Sementara itu, kalau kamu menggunakan mesin espresso dengan sistem super automatic, semuanya jadi terasa lebih mudah. Pasalnya, mesin espresso jenis ini akan mengolah semuanya untuk kamu - mulai dari menggiling, tamping, hingga membuat espresso.

Dengan menggunakan mesin espresso otomatis, kamu bisa menghasilkan cita rasa espresso yang nikmat dan konsisten setiap harinya.

Namun, semua kemudahan dan kepraktisan itu hadir dengan satu kekurangan: Harga dari mesin espresso otomatis umumnya tergolong cukup tinggi. Di samping itu, penggunaan listriknya cukup tinggi dan butuh waktu yang cukup panjang untuk benar-benar menguasainya.

Mesin espresso otomatis cocok untuk: Kamu yang ingin menghasilkan cita rasa kopi yang berkualitas namun konsisten dan nggak ingin repot dengan lelahnya menggunakan mesin espresso manual.

Kesimpulan

Dengan beragam kelebihan dan kekurangan yang telah dijabarkan, kamu tinggal memilih mesin yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu ingin membuat espresso dengan kendali penuh tanganmu, pilihlah mesin espresso dengan sistem manual.

Kalau kamu ingin membuat espresso dengan kualitas yang baik dan tetap konsisten, mesin espresso dengan sistem otomatis bisa jadi pilihan.

Namun, jika kamu ingin mencari jalan tengahnya, yaitu memiliki mesin espresso otomatis yang tetap membutuhkan campur tanganmu sebagai barista untuk quality control, mesin espresso dengan sistem semi automatic adalah jawaban terbaik.