Memulai Franchise Bisnis Restoran Sendiri, Kapan Sih Waktu yang Paling Pas?

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
4 momen ini jadi kunci untuk tahu kapan harus mulai franchise restoran kamu!

Salah satu alternatif memperlebar sayap bisnis restoran kamu, selain membuka cabang secara pribadi, adalah dengan menggunakan sistem franchise. Sistem ini menjadi pilihan menarik sebab proses ekspansi bisnis bisa kamu lakukan dengan mudah dan potensi dana segar yang kamu dapatkan pun bisa cukup tinggi. Selain itu, tingkat keberhasilan franchise yang sebesar 95%, atau hampir 100%, menjadi daya tarik tambahan bagi orang-orang yang ingin meraih sukses lewat franchise.

Namun, meski peluang kesuksesan franchise begitu tinggi dan kamu bisa memperoleh kucuran dana segar, kamu tetap perlu memahami kapan waktu terbaik atau momen yang paling pas buat kamu untuk memulai franchise bagi bisnis restoran kamu sendiri. Kegagalan menemukan waktu yang tepat untuk memulai franchise untuk bisnis restoran kamu, maka kamu harus bersiap melihat franchise kamu nggak termasuk bagian dari 95% tadi!

Memulai Franchise Restoran

Sumber: Freepik.com

1. Bisnis Restoran Sudah Solid

Sebelum memulai mengubah bisnis restoran kamu menjadi franchise, maka ada baiknya untuk berkaca dan melihat ke dalam bisnis kamu sendiri. Cobalah untuk selalu bertanya tentang kelayakan dan fondasi bisnis restoran kamu sendiri. Pastikan bisnis restoran kamu punya fondasi yang solid dan sistem yang matang. Kehadiran dua hal yang kuat dan matang ini menentukan perjalanan franchise kamu ke depannya.

Bayangkan kamu mau memulai franchise dan nggak punya sistem yang matang, mulai dari penggunaan aplikasi POS atau kasir restoran yang nggak memadai, sistem operasional yang amburadul atau berantakan, dan proposal franchise yang nggak jelas dan transparan. Kalau sudah begini, jangan harap franchise kamu akan menarik minat banyak orang dan bisa meroket!

2. Permintaan Mulai Meninggi

Kalau kamu sebagai pemilik restoran sudah mulai ditanyakan oleh banyak orang, seperti pelanggan setia, tentang ketersediaan restoran kamu untuk dibuatkan franchise, maka itu adalah suatu tanda yang positif untuk bisnis restoran kamu. Artinya, sudah mulai ada permintaan dari beberapa orang yang ingin menjadi franchisee restoran kamu.

Namun, melihat permintaan nggak hanya dari satu hal tersebut saja. Untuk melihat tingkat permintaan franchise secara lebih nyata, kamu bisa lakukan riset pasar secara mandiri untuk mengetahui keinginan dan permintaan masyarakat untuk franchise bisnis restoran kamu. Dari sini, kamu juga bisa melihat bagaimana masyarakat mengenal atau aware dengan brand restoran kamu.

3. Restoran Kamu Punya "Resep Rahasia"

Setiap restoran harus selalu punya dua resep rahasia, yaitu resep untuk setiap menu signature yang ada dan "resep" yang membuat restoran kamu benar-benar unik dan memiliki daya tarik. Resep yang kedua bisa berarti apapun, mulai dari keunikan konsep restoran kamu, berbagai sajian restoran yang khas dan benar-benar mencerminkan brand restoran kamu, hingga metode pelayanan yang berbeda dan mampu memberikan experience unik buat pelanggan.

Ketika kamu punya "resep" ini, maka kamu bisa membedakan restoran kamu dari berbagai restoran lain. Dengan kata lain, kamu bisa bikin restoran kamu stand out dan benar-benar punya cirinya sendiri. Hal ini pun mendongkrak identitas dan brand bisnis restoran kamu sehingga lebih mudah dikenal dan menarik banyak orang. Kehadiran pelanggan yang tak henti-henti jadi jaminan!

4. Punya Konsep yang Mudah Diterapkan

Salah satu pertanyaan kunci yang perlu kamu pertanyakan sebelum membuka franchise untuk bisnis restoran kamu adalah apakah konsep atau ide dari bisnis restoran kamu bisa direplikasi?

Pertanyaan ini pada dasarnya menguji seberapa mudah konsep kamu untuk diterapkan secara berulang-ulang. Secara sederhana, untuk mengetahui hal ini, kamu perlu melihat kembali ide dan konsep restoran kamu. Kalau kamu memiliki ide dan konsep restoran yang simpel dan mudah dipelajari banyak orang, hal ini sudah memenuhi persyaratan kelayakan restoran kamu untuk dibukakan franchise. Ketika orang lain bisa memahami dan menjalankan konsep restoran kamu untuk franchise, maka franchise restoran kamu ke depannya akan berjalan lancar.

Asal-asalan dalam menentukan waktu yang tepat untuk memulai franchise buat bisnis restoran kamu sama saja dengan memastikan kegagalan. Memahami pentingnya kapan harus memulai langkah pertama kamu di dalam franchise jadi kunci bagaimana franchise kamu bisa membesar dan meraih sukses.