Mempertimbangkan 4 Jenis Supplier untuk Restoran Kamu, Mana yang Terbaik?

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Inilah 4 supplier yang bisa kamu pertimbangkan saat akan membuka restoran!

Memilih supplier bahan baku untuk bisnis restoran kamu adalah perkara yang gampang-gampang susah. Kamu harus pintar-pintar dalam mempertimbangkan dan memilih mana supplier bahan baku restoran yang paling pas buat kamu, sebab di luar sana, ada beragam jenis supplier bahan baku restoran yang bisa kamu pilih.

Kali ini, biar kamu nggak terlalu pusing, kami akan menyajikan 4 jenis supplier bahan baku restoran yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan konsep dan menu yang kamu usung di restoran kamu!

1. Supplier Nasional

Jenis supplier pertama yang bisa kamu pilih adalah supplier nasional. Supplier nasional bisa dikatakan sebagai pemain-pemain besar dalam memasok bahan baku makanan. Memilih supplier nasional sebagai supplier bahan baku restoran kamu, maka kamu akan diuntungkan dengan pilihan produk yang bervariasi. Selain itu, kamu bisa dapat diskon atau potongan harga apabila membeli dalam jumlah besar. Namun, ketika kamu memilih untuk mendapat pasokan dari supplier nasional, maka kamu akan sulit untuk membangun relasi yang lebih personal dengan supplier karena jangkauannya yang begitu luas dan besar. Bahan baku supplier nasional umumnya bersifat umum dan tidak terlalu spesifik untuk pasar tertentu.

2. Petani

Bekerja sama langsung dengan petani untuk pasokan bahan baku restoran kamu bisa jadi pilihan yang menarik untuk restoran kamu. Pasokan yang berasal dari petani langsung biasanya lebih terjaga kualitas dan kesegarannya. Selain itu, kamu bisa membangun relasi yang lebih dekat dengan para petani yang kamu ajak kerja sama. Relasi yang lebih personal ini membantu kamu untuk membangun relasi yang saling bermanfaat satu sama lain.

Namun, mengambil bahan baku langsung dari petani membutuhkan biaya yang sedikit lebih tinggi kalau dibandingkan dengan membeli bahan baku dari supplier nasional. Selain itu, kamu harus bekerja sama dengan lebih dari satu petani, karena umumnya seorang petani hanya mampu menyajikan 1-2 bahan baku saja. Misalkan, petani kopi yang hanya berfokus pada pasokan kopi saja, atau petani buah yang hanya fokus pada beberapa buah saja. Di samping itu, ongkos transportasi juga bisa jadi lebih tinggi, membuat kamu harus lebih pintar lagi dalam memilih lokasi dan keterjangkauan ke lokasi petani tertentu.

3. Pasar Lokal

Pasar lokal atau pasar yang berada di sekitar lokasi bisnis restoran kamu adalah sumber bahan baku yang bisa kamu pertimbangkan untuk restoran kamu. Para chef dan staf kamu bisa memilih sendiri bahan baku yang ingin dipakai di restoran kamu. Mereka pun bisa membangun relasi yang personal dengan para pedagang di sana. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu sebab mereka juga akan membantu kamu memilih bahan baku yang kualitasnya masih baik. Namun, kamu tentu perlu menghabiskan waktu lebih banyak jika memilih berbelanja di pasar lokal dan bisa jadi harganya sedikit lebih tinggi.

4. Supplier Organik

Supplier bahan baku restoran yang organik umumnya memiliki target pasar yang lebih spesifik, yakni berbagai bisnis kuliner dan restoran yang fokus pada kesadaran akan lingkungan dan kualitas bahan baku yang segar dan lebih alami. Kalau bisnis restoran kamu adalah salah satunya, maka supplier organik adalah jenis supplier yang cocok untuk restoran kamu. Namun, karena sifat dan proses pengolahan bahan baku yang lebih organik, maka sudah bisa dipastikan kalau bahan baku yang organik akan lebih mahal dari bahan baku biasa. Tidak hanya itu, bahan baku organik juga punya daya tahan yang lebih singkat sehingga perlu untuk segera diolah.

Sudah dapat bayangan jenis supplier apa yang akan kamu pilih? Nggak hanya tips memilih supplier untuk restoran kamu, kami juga punya beberapa tips untuk memilih nama yang pas untuk bisnis kuliner kamu dan ide yang kreatif buat marketing restoran kamu!