Mau Tambah Menu Baru? Inilah 4 Tips Untuk Kamu Menemukan Ide Menu Baru Buat Restoran Kamu!

4 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Lagi bingung harus cari ide buat menu baru di restoran kamu? Pembahasan kali ini dijamin bisa bikin kamu lebih tercerahkan!

Sebagai salah satu titik pusat dari restoran kamu, menu harus mampu memiliki daya tarik buat para pelanggan maupun calon pelanggan kamu. Nggak cuma itu, menu yang kamu sajikan di restoran kamu adalah elemen yang menciptakan brand image tertentu di kepala mereka. Karenanya, setiap menu harus benar-benar dipikirkan dengan matang dan tepat.

Meski sudah dipikirkan matang-matang, ada kalanya rasa bosan menghantui pelanggan ketika bertemu dengan menu restoran yang itu itu saja. Dari sinilah momen yang tepat buat kamu untuk mulai menyajikan sesuatu yang baru dan menambah menu restoran yang baru. Lantas, bagaimana caranya menemukan ide menu yang bisa kamu terapkan di restoran kamu?

1. Diskusi dengan Staf dan Pelanggan Restoran

Kadang sumber terbaik dari ide dan inspirasi adalah dengan berbincang dan berdiskusi dengan orang lain. Sebagai pemilik restoran, kamu pun bisa berdiskusi dengan berbagai staf restoran kamu. Mereka terkadang memiliki pengalaman yang lebih baik dan bervariasi tentang mencari ide dan inspirasi untuk kreasi menu restoran. Ide yang mereka temukan bisa berasal dari pengalaman mereka dalam memasak atau pengalaman mereka di pekerjaan sebelumnya.

Di samping staf restoran, kamu juga bisa berdiskusi dengan para pelanggan setia kamu. Pelanggan setia bisa jadi sumber ide dan inspirasi terbaik. Mereka adalah orang yang biasanya mengerti dan memahami bisnis kamu luar dalam, setelah kamu dan staf kamu tentunya. Mereka bisa saja memberikan ide yang kadang nggak terpikirkan oleh kamu dan staf restoran kamu.

2. Kembangkan dari Konsep Restoran

Setiap restoran, termasuk punya kamu, tentunya memiliki identitas dan konsep yang jelas. Kamu bisa mengawali pencarian ide dan inspirasi untuk menu baru melalui identitas dan konsep restoran yang kamu punya. Dari konsep restoran yang kamu punya, kamu juga bisa menggabungkannya dengan berbagai tren terkini yang sedang berlangsung. Namun, nggak semua hal bisa cocok dengan apa yang ingin kamu bawa ke restoran kamu ya!

3. Mulai dari Bahan Baku

Salah satu jalan terbaik untuk memperoleh ide dan inspirasi menu restoran yang baru untuk restoran kamu adalah mulai dengan bahan baku yang kamu pakai atau akan kamu pakai. Dari bahan baku tersebut, kamu bisa melakukan brainstorming tentang menu apa saja yang bisa dikreasikan dari bahan baku tersebut. Kamu juga bisa mencari tahu apakah bahan baku tersebut fleksibel untuk dikombinasikan dengan bahan baku lain yang biasanya kamu pakai. Kalau iya, maka kamu nggak perlu membeli banyak bahan baku dan bisa tetap fokus pada penggunaan bahan baku yang biasanya kamu pakai.

4. Belajar dari Berbagai Restoran

Untuk memperoleh ide dan inspiras menu restoran, mulailah untuk kunjungi berbagai restoran yang mungkin serupa dengan restoran kamu dan banyak-banyaklah belajar. Kamu nggak harus mengambil menu-menu khas restoran lain secara mentah-mentah. Tapi, kamu bisa mengambil inspirasi dan mengembangkannya dengan cara dan inovasi khas kamu. Ingat rumus ATM: Amati, Tiru, dan Modifikasi!

Sejatinya, ide tersebar di berbagai tempat, menunggu untuk ditemukan. Semuanya kembali lagi kepada kamu untuk benar-benar mengusahakan diri dalam mencari dan menemukannya serta mempertimbangkannya untuk kamu hidupkan menjadi nyata.