Mau Grand Opening Restoran? 6 Ide Kreatif Ini Bisa Kamu Coba!

25 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
6 ide ini bisa bikin grand opening restoran kamu makin ramai!

Kamu sebentar lagi bakal buka restoran atau rumah makan baru? Wah, selamat ya!

Eh, sebentar dulu. Apa kamu sudah punya rencana atau ide untuk grand opening-nya? Kalau belum, tenang! Ini 6 ide grand opening yang beda dan kreatif yang bisa kamu coba!

1. Free Perks

Siapa sih yang bisa menolak beragam keuntungan gratis? Free perks atau beragam keuntungan gratis bisa jadi ide menarik buat grand opening restoran kamu. Tawarkan minuman gratis di hari pertama pembukaan, minuman dengan free refill yang memungkinkan pelanggan kamu untuk isi ulang minuman mereka sebebasnya, atau beragam voucher dan merchandise gratis untuk sejumlah pengunjung pertama restoran kamu. Sesuatu yang gratis adalah cara paling simpel dan mudah untuk menarik orang datang ke restoran atau rumah makan kamu.

2. Kolaborasi

Tak selamanya kamu harus melihat bisnis lain sebagai pesaing kamu. Bisnis lain yang terlebih dahulu ada juga merupakan bagian dari komunitas bersama. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk bisa merangkul mereka lewat kolaborasi bersama.

Nah, kolaborasi ini bisa jadi ide menarik buat grand opening restoran kamu. Coba ajak berbagai bisnis atau rumah makan lain untuk berkolaborasi. Selain itu, coba juga ajak berbagai komunitas seperti komunitas olahraga dan komunitas sosial. Dengan kolaborasi, kamu nggak hanya bisa memasarkan bisnis kamu ke para pelanggan dari usaha yang kamu ajak kolaborasi, tetapi juga membantu berbagai usaha dan komunitas yang kamu ajak kolaborasi untuk lebih maju lagi.

3. Guided Tours

Mau berikan pengalaman grand opening yang beda? Kamu bisa adakan guided tours untuk para pelanggan kamu dalam jumlah terbatas. Guided tours akan mengajak pelanggan untuk mengetahui behind the scene dapur dan proses kerja restoran kamu. Lewat guided tours, kamu juga bisa menunjukkan kepada pelanggan kamu berbagai menu khas restoran kamu. Setelah berakhir, sertakan free merchandise atau bonus kecil-kecilan untuk mereka yang telah mengikuti turnya, seperti gelas, piring, tote bag, hingga berbagai merchandise lainnya.

4. Scavenger Hunt

Kalau restoran atau rumah makan kamu punya cukup ruang atau berlokasi di daerah yang cukup luas, scavenger hunt bisa jadi pertimbangan yang menyenangkan buat grand opening. Ajak para pelanggan kamu untuk mencari sesuatu yang tersembunyi di restoran kamu atau sekitar restoran kamu lewat satu atau dua petunjuk kecil. Kamu bisa buat mereka berpasang-pasangan dan membuat mereka bekerja sama. Buatlah aturan dan cara kerja permainan ini sekreatif mungkin agar lebih grand opening kamu makin ramai dan seru!

5. Buka Kelas Singkat

Kelas singkat bisa kamu sertakan jadi bagian grand opening restoran. Kelas singkat adalah acara yang nggak hanya menarik, tapi juga punya konten yang edukatif dan informatif buat pelanggan kamu. Hal ini bisa jadi nilai tambah buat mereka. Kalau kamu membuka coffee shop, kamu bisa adakan kelas latte art atau manual brew untuk para pelanggan kamu. Kalau kamu membuka restoran atau rumah makan Chinese, adakan kelas memasak khusus Chinese Food. 

6. Publicity Stunt

Mau grand opening yang super heboh? Coba publicity stunt!

Publicity stunt adalah suatu aksi atau performance khusus yang digelar untuk meramaikan grand opening kamu. Bentuknya bisa bermacam-macam. Kamu bisa adakan flash moblive music bersama para pegawai dan pelanggan kamu, hingga bikin aktivitas yang attention-seeking. Dengan begitu, kamu bisa menarik perhatian banyak orang dan ini bisa kamu manfaatkan untuk menarik pelanggan baru!

Gimana? Sudah mulai tercerahkan? Semoga beberapa ide di atas bisa membantu grand opening restoran kamu lebih ramai dan mantap ya! Dan sekali lagi, selamat ya untuk grand opening restoran kamu!