Masih Ingin Makan Daging Kambing & Sapi? Inilah 5 Tempat Makan Sate Terbaik di Ibu Kota!

13 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kamu masih belum puas makan daging dari hasil kurban kemarin? Tenang, 5 warung sate di Jakarta ini siap penuhi keinginan kamu!

Tromates, yok angkat tangan untuk kalian yang sudah menikmati daging kurban!

Masih dalam suasana Idul Adha, rasa-rasanya kalian masih ingin makan daging kambing dan sapi ya.

Omong-omong soal daging kambing dan sapi, sepertinya nggak lengkap kalau nggak membicarakan tentang sate! Buat kalian yang masih ingin menikmati daging kambing dan sapi yang diracik dalam bentuk sate, inilah 5 tempat makan sate terbaik di Ibu Kota yang punya berbagai sate yang nikmat dan melegenda!

1. Sate Padang Ajo Ramon

Wah, kalau yang satu ini, kelezeatannya sudah sangat melegenda, Tromates! Sate Padang Ajo Ramon berasal dari Padang Pariaman. Alhasil, sate yang satu ini terlihat berbeda dari sate padang lainnya. Warna bumbunya agak kecokelatan, teksturnya pun sedikit kental. Selain itu, kamu bisa memilih 4 jenis pilihan sate, mulai dari sate daging, lidah, usus, hingga jantung. Ketika masuk mulut, bumbunya terasa begitu sedap dan nggak sepedas sate padang pada umumnya, dengan tekstur sate yang cukup empuk.

Saking legendarisnya sate padang racikan Ajo Ramon ini, beliau pun pernah menyabet beberapa penghargaan berkat hasil kerja kerasnya dalam meracik satenya. Nggak hanya itu, Sate Padang Ajo Ramon juga memiliki beberapa daerah 

2. Sate Ayam Kambing RSPP

Kalau kalian sedang berada di sekitar Rumah Sakit Pusat Pertamina, kalian akan menemukan kepulan asap dari sebuah gerobak sate. Kalau kamu sudah melihat itu, artinya kamu sudah menemukan warung sate legendaris di RSPP!

Biasanya, ada dua gerobak sate yang mangkal di sini, yaitu Sate Haji Romli dan Sate Pak Muri. Menariknya, keduanya adalah kakak adik dan beroperasi di jam yang berbeda. Sate Haji Romli akan buka pukul 8 pagi hingga 3 sore, sementara sang adik, Pak Muri, akan menjajakan satenya mulai pukul setengah 4 sore hingga tengah malam.

Pedagang sate kakak beradik tersebut punya cita rasa sate yang sama nikmatnya. Satenya terkenal gurih dan juga juicy. Keduanya memiliki ciri khas yang serupa, yakni penggunaan daging dan kulit yang berselang-seling di tiap tusuk satenya. Kalau kamu kelewatan untuk menikmati sate racikan Haji Romli, tenang saja, karena ada sang adik yang bergantian menjajakan sate ayam dan kambing khasnya!

3. Sate Tegal Haji Sadjim

Tempat makan sate terbaik lainnya di Ibu Kota adalah warung Sate Tegal Haji Sadjim.

Di sini, daging yang digunakan adalah daging kambing muda. Ketika diolah menjadi sate, aromanya terasa begitu sedap dan tanpa bau prengus yang mengganggu. Bumbunya pun begitu khas, yaitu bumbu kacang yang dicampur dengan kecap, tomat, bawang merah, jeruk kesturi, dan cabai merah. Menariknya, yang membedakan bumbu racikan Haji Sadjim adalah cabainya yang diulek sehingga dari rasa dan aroma pun lebih pedas dan kuat. Di samping menu sate kambing, kamu bisa menemukan tongseng kambing, gulai kambing, sop kambing, hingga nasi goreng kambing.

4. Sate Maranggi Haji Tati

Sedari tadi, kita banyak melihat sajian sate ayam dan kambing. Kini, saatnya kita melipir sejenak ke sajian sate maranggi yang menggunakan daging sapi!

Di Jakarta sendiri, salah satu warung sate maranggi yang punya reputasi yang begitu positif adalah warung Sate Maranggi Haji Tati yang berlokasi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di warung ini, kamu bisa menemukan sajian sate maranggi yang terkenal nikmat. Sate maranggi dibuat dengan perpaduan daging has dalam dan brisket atau yang dalam bahasa Indonesia disebut bagian sandung lamur. Alhasil, rasanya terkenal nikmat dan teksturnya begitu empuk. Disajikan dengan nasi hangat dan sajian acar yang pedas segar, sensasi menyantap sate maranggi di sini semakin sempurna!

5. Sate Maranggi Haji Ani

Selain Sate Maranggi milik Haji Tati, ada juga warung Sate Maranggi Haji Ani yang juga layak kamu coba. Di warung sate yang berlokasi di daerah Pondok Kelapa ini, kamu bisa menemukan beragam variasi sate maranggi. Ada sate maranggi spesial yang menggunakan daging sirloin tanpa lemak. Ada juga sate maranggi yang menggunakan daging ayam dan kambing. Mau coba yang berbeda? Ada sate maranggi kerbau yang layak kamu coba. Biar santapan sate semakin mantap, jangan lupa nikmati bersama sambal dan acar tomat yang segar!

Dengan cita rasa dan kekhasannya masing-masing, 5 warung sate di Jakarta di atas dijamin siap nggak bakal bikin kamu kecewa! Apalagi, variasinya banyak dan bisa kamu pilih sesuai selera kamu!