Lebih dari Sekadar Makan Enak, Konsep Restoran ini Sajikan Pengalaman Pelanggan yang Unik!

27 Aug 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Restoran harus lebih dari sekadar makanan yang enak, tetapi juga harus punya konsep dan pengalaman yang unik dan khas untuk bikin pelanggan terpikat!

Experiental Dining: Nggak Hanya Soal Makanan!

Pada dasarnya, experiential dining adalah sebuah konsep restoran yang tergolong unik, di mana pelanggan bisa menikmati makanan dan minuman yang ada sembari disajikan beragam konsep dan pengalaman menarik, seperti menu-menu yang inovatif, beragam tema khusus, hingga penyajian beragam aktivitas dan event menarik. Konsep experiential dining ini ditujukan untuk membawa pengalaman makan yang dirasakan pelanggan di restoran tersebut jadi terasa beda, unik, dan naik level.

Oleh karenanya, konsep restoran yang unik ini bisa dibilang cukup menyimpang dibandingkan konsep restoran konvensional pada umumnya.

Beberapa Jenis Restoran dengan Experiential Dining

Restoran dengan konsep experiential dining biasanya memiliki beragam variasi dan bentuk, antara lain seperti:

- Bar dengan board games

- Pet cafe

- Thematic restaurants

Walau variasinya beragam dan terdapat berbagai sajian menu, event, aktivitas, hingga tema unik di dalamnya, kamu dijamin akan merasakan pengalaman yang nggak bisa kamu temukan ketika makan di restoran konvensional.

Kafe Kucing Unik

Sumber: Flickr.com

Beberapa Keunggulan Konsep Experiental Dining

1. Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Positif & Beda

Konsep unik experiential dining memungkinkan pelanggan untuk merasakan pengalaman kuliner yang berbeda jika disandingkan dengan pengalaman makan di restoran konvensional. Kamu bisa menikmati beragam sajian yang khas dengan beragam event dan aktivitas seru untuk dijalani.

Makan sambil main board games? Cek! 

Ngopi sambil ditemani beragam anjing lucu? Cek!

Nongkrong santai sambil baca buku? Cek juga!

Masih banyak pula konsep-konsep menarik seperti konsep di atas. Yang jelas, dengan konsep experiential dining, kata kuncinya adalah beda dan unik!

2. Mendorong Word of Mouth

Ketika kamu memiliki restoran berkonsep experiential dining yang beda dan unik, maka sudah jelas masyarakat akan menjadikan restoran kamu sebagai subyek atau bahan obrolan. Mereka akan membicarakan soal restoran kamu, berbagi soal restoran kamu di media sosial dan berbagai media lainnya, hingga memberikan ulasan dan testimoni soal restoran kamu. Artinya, dengan konsep experiential dining, pemasaran secara word of mouth bisa berjalan dengan begitu cepat.

Semuanya kembali lagi kepada kamu sebagai pemilik restoran untuk mengembangkan restoran kamu agar tetap sustainable dan bisa tetap memiliki basis pelanggan yang kuat.

3. Meningkatkan Daya Saing

Dengan mengusung konsep yang unik, kamu bisa menambah unique selling point dari restoran kamu dan menambah daya saing untuk dapat berkompetisi di tengah ketatnya industri food & beverages. Kamu bisa stand out di antara beragam restoran konvensional yang menyajikan pengalaman makan yang umum dan terkesan itu-itu saja. Kamu pun bisa memperoleh lebih banyak pelanggan baru (Dan bukan nggak mungkin, pelanggan setia) yang tergoda untuk merasakan pengalaman makan di restoran kamu yang konsepnya experiential.

Menjadi unik dan berbeda adalah prinsip yang harus selalu kamu pegang teguh ketika akan terjun ke dalam bisnis restoran dan kuliner yang begitu ketat persaingannya. Salah satu caranya adalah dengan mengusung konsep experiential dining yang direncanakan dengan matang sehingga nggak hanya mampu membuat restoran kamu unik, tetapi juga sustainable untuk waktu yang lama.