Dalam industri kuliner hingga pariwisata, istilah layanan atau service dan hospitality menjadi dua istilah yang seringkali terdengar.
Meski begitu, keduanya juga sulit dibedakan karena beberapa orang menganggapnya mirip dan bahkan ada yang menganggap keduanya adalah hal yang sama.
Apakah kamu juga menganggap keduanya mirip atau bahkan sejatinya sama? Melalui pembahasan kali ini, kita akan melihat pengertian keduanya, perbedaannya, hingga apa saja contoh dari keduanya.
Menurut Les Roches, salah satu sekolah hospitality terbaik di dunia, layanan atau service merupakan suatu proses dan tindakan yang dilakukan untuk membantu dan memberikan dukungan kepada seorang pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.
Dari pengertian di atas, kita dapat lebih memahami bahwa service merupakan suatu tindakan atau proses yang perlu menjadi standar dalam setiap industri, termasuk kuliner dan restoran, yang dipakai untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Sementara itu, hospitality, masih menurut sumber yang sama, memiliki arti sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk menyambut hingga memberikan kepuasan dan kesenangan di dalam diri pelanggan.
Secara harafiah, hospitality berasal dari bahasa Latin hospitalitat yang berarti "Tindakan yang dilakukan untuk memberikan hiburan bagi para tamu."
Singkatnya, melalui hospitality, seorang pelanggan bisa merasa puas dan senang hingga punya alasan untuk kembali lagi untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu berikan.
Sumber: Freepik
Dari pengertian singkat di atas mengenai layanan dan hospitality, terdapat satu perbedaan yang bikin keduanya kontras.
Layanan atau service lebih merujuk kepada setiap tindakan standar yang dilakukan dengan tujuan terpenuhinya kebutuhan pelanggan.
Tindakan-tindakan yang termasuk ke dalam service meliputi memenuhi informasi pelanggan terkait produk atau jasa yang dijual, menjawab pertanyaan pelanggan, hingga memenuhi komplain atau kritik pelanggan.
Di sisi lain, hospitality merujuk kepada tindakan yang bertujuan untuk membuat pelanggan merasa puas, senang, hingga memiliki pengalaman yang positif selama berhubungan dengan usahamu.
Oleh karena itu, tindakan-tindakan hospitality juga berbeda dengan tindakan yang dilakukan dalam service. Tindakan-tindakan dalam hospitality dapat berupa mengingat nama pelanggan, memberikan bonus camilan atau minuman secara gratis, hingga memutar lagu atau musik sesuai request pelanggan.
Jadi lebih paham, kan, mengenai keduanya?
Walau terdapat perbedaan di antara keduanya, jangan sampai kamu hanya melaksanakan salah satunnya.
Sebagai pemilik usaha restoran, kamu perlu menjalankan keduanya secara sinergi agar kamu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuat mereka puas dengan restoran kamu.