Layanan dan Hospitality: Bagaimana Membedakan Keduanya?

9 Jan 2023
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Layanan dan hospitality seringkali dianggap mirip dan bahkan punya arti yang sering tertukar. Lantas, apa perbedaan di antara keduanya?

Dalam industri kuliner hingga pariwisata, istilah layanan atau service dan hospitality menjadi dua istilah yang seringkali terdengar.

Meski begitu, keduanya juga sulit dibedakan karena beberapa orang menganggapnya mirip  dan bahkan ada yang menganggap keduanya adalah hal yang sama.

Apakah kamu juga menganggap keduanya mirip atau bahkan sejatinya sama? Melalui pembahasan kali ini, kita akan melihat pengertian keduanya, perbedaannya, hingga apa saja contoh dari keduanya.

Arti Layanan atau Service

Menurut Les Roches, salah satu sekolah hospitality terbaik di dunia, layanan atau service merupakan suatu proses dan tindakan yang dilakukan untuk membantu dan memberikan dukungan kepada seorang pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.

Dari pengertian di atas, kita dapat lebih memahami bahwa service merupakan suatu tindakan atau proses yang perlu menjadi standar dalam setiap industri, termasuk kuliner dan restoran, yang dipakai untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Arti Hospitality

Sementara itu, hospitality, masih menurut sumber yang sama, memiliki arti sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk menyambut hingga memberikan kepuasan dan kesenangan di dalam diri pelanggan.

Secara harafiah, hospitality berasal dari bahasa Latin hospitalitat yang berarti "Tindakan yang dilakukan untuk memberikan hiburan bagi para tamu."

Singkatnya, melalui hospitality, seorang pelanggan bisa merasa puas dan senang hingga punya alasan untuk kembali lagi untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu berikan.

Sepasang Pelayan Restoran

Sumber: Freepik

Perbedaan Layanan dan Hospitality

Dari pengertian singkat di atas mengenai layanan dan hospitality, terdapat satu perbedaan yang bikin keduanya kontras.

Layanan atau service lebih merujuk kepada setiap tindakan standar yang dilakukan dengan tujuan terpenuhinya kebutuhan pelanggan.

Tindakan-tindakan yang termasuk ke dalam service meliputi memenuhi informasi pelanggan terkait produk atau jasa yang dijual, menjawab pertanyaan pelanggan, hingga memenuhi komplain atau kritik pelanggan.

Di sisi lain, hospitality merujuk kepada tindakan yang bertujuan untuk membuat pelanggan merasa puas, senang, hingga memiliki pengalaman yang positif selama berhubungan dengan usahamu.

Oleh karena itu, tindakan-tindakan hospitality juga berbeda dengan tindakan yang dilakukan dalam service. Tindakan-tindakan dalam hospitality dapat berupa mengingat nama pelanggan, memberikan bonus camilan atau minuman secara gratis, hingga memutar lagu atau musik sesuai request pelanggan.

Kesimpulan

Jadi lebih paham, kan, mengenai keduanya?

Walau terdapat perbedaan di antara keduanya, jangan sampai kamu hanya melaksanakan salah satunnya.

Sebagai pemilik usaha restoran, kamu perlu menjalankan keduanya secara sinergi agar kamu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuat mereka puas dengan restoran kamu.

Artikel Terkait
Figure Blog
18 Feb 2022
Mau Work From Cafe? Coba 3 Cafe di Tangerang Ini!

Kamu lagi cari tempat yang nyaman untuk menyelesaikan seluruh tugas kantormu? Atau cari wifi yang kenceng biar meeting online-mu lancar? Jangan khawatir! Di Tangerang sudah banyak Coffee Shop yang siap memanjakan kamu dengan makanan dan minuman yang enak dan pastinya suasana yang mendukung untuk kamu bekerja dari cafe. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, intip daftar cafe di Tangerang yang bisa kamu kunjungi!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Cafe & Coffee Shop, Apa Bedanya?

Suka kebingungan sama istilah cafe dan coffee shop? Begini perbedaan di antara keduanya!

Baca selengkapnya
Figure Blog
4 Apr 2022
Dapat Review Negatif? Begini 3 Cara Menanganinya!

Jangan khawatir kalau dapat review atau ulasan negatif. Dengan 3 cara sederhana ini, kamu siap menanganinya!

Baca selengkapnya
Mulai bisnis restoran anda dengan trofi 100% GRATIS