Kupat Tahu Pak Pangat, Legendarisnya Kupat Tahu yang Nikmat Hangat!

17 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kupat tahu legendaris di Magelang salah satunya adalah racikan Pak Pangat!

Letak Kota Magelang yang berada dekat Gunung Merbabu dan Merapi membuat kota yang punya julukan Kota Sejuta Bunga punya iklim yang sejuk dan adem. Alhasil, menikmati kuliner yang hangat nan nikmat di Magelang adalah sesuatu yang nggak pernah salah. Di antara sekian banyak kuliner di Magelang, salah satu yang bisa kamu nikmati sembari menikmati suasana sejuk dan bersahaja di Magelang adalah Kupat Tahu Pak Pangat yang sudah punya reputasi melegenda sejak lama.

Berjualan Sejak 1985

Kupat Tahu Pak Pangat adalah rumah makan kupat tahu milik Supangat. Kupat tahu sendiri merupakan kuliner khas Magelang yang menggunakan bahan baku berupa tahu, lontong atau ketupat, kol, dan toge yang disirami bumbu kacang.

Kupat tahu Pak Pangat sudah hadir sejak 1985 dan pada saat itu masih berjualan dengan gerobak hingga tahun 1996. Barulah setelah 1996, Pak Supangat yang akrab dipanggil Pak Pangat membuka warung makan kupat tahunya. Masakan kupat tahunya sendiri telah dikenal sejak lama dan telah menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Magelang yang bisa kamu nikmati.

Di sini, kamu bisa secara langsung melihat Pak Pangat meracik olahan bumbunya untuk masakan kupat tahunya. Pemandangan ini adalah ciri khas dari warung makan kupat tahu milik Pak Pangat. Selain itu, kamu juga bisa request untuk tingkat kepedasan atau jumlah cabai yang dipakai.

Kecap dan Tahu Jadi Ciri Khas

Selain pemandangan yang terbuka dalam meracik bumbunya, ciri khas lain dari kupat tahu milik Pak Pangat adalah kubisnya yang digoreng dan kecapnya yang homemade alias buatan sendiri. Menariknya, kecapnya nggak hanya menggunakan kedelai hitam dan gula merah, Pak Pangat juga menambahkan bahan berupa jeruk pecel untuk kecap buatannya. Alhasil, kecapnya pun mampu menjadi pembeda dalam sepiring kupat tahu racikannya.

Nggak hanya itu, tahu yang digunakan pun begitu lembut. Bertemu dengan rasa manis asam kecap khas Pak Pangat dan kubis goreng yang gurih serta potongan bakwan yang besar dengan tekstur yang empuk untuk dikunyah, maka hadirlah perpaduan rasa yang nikmat dan hangat. Nggak mengherankan jika kupat tahu Pak Pangat memiliki beragam penggemar, baik yang dari Magelang sendiri maupun para wisatawan dari luar kota dan terjual hingga 300 porsi dalam satu hari!

Dengan harga Rp11.000 untuk satu porsinya, kamu bisa menikmati suasana sejuk Magelang sembari menyantap hangat nikmat kupat tahu racikan Pak Pangat yang begitu khas dan begitu legendaris. Kalau tertarik mengunjungi kupat tahu legendaris ini, kamu bisa mampir langsung ke kawasan Magelang Tengah, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati. Hingga kini, rasanya masih tetap khas, konsisten, dan sama sekali nggak berubah meski telah ada sejak lama. Kalau kamu nggak coba kupat tahu di sini, rasanya ada yang kurang saat kamu berwisata di Magelang!