Kuliner Ayam Terenak di Dunia Ternyata ada di Indonesia!

24 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kuliner ayam ini adalah salah satu makanan khas Indonesia yang cukup populer dan sempat direview oleh salah satu Youtuber kuliner ternama!

Ayam adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Nggak mengherankan jika pada akhirnya ada begitu banyak kuliner ayam yang lahir dan punya ciri khasnya masing-masing.

Indonesia, sebagai negara dengan kuliner yang begitu kaya dan variatif, pun memiliki beragam jenis kuliner ayam yang begitu khas dan lezat, entah itu dari bumbunya hingga proses pengolahannya. Namun, apa kalian tahu kalau kuliner ayam ternikmat dan terlezat di dunia ada di Indonesia? Kuliner ayam ini begitu terkenal akan sensasi pedas dan gurihnya siap bikin seisi lidah dan badan kamu kelojotan. Petunjuk sederhana: Kuliner ini berasal dari daerah Taliwang, Sumbawa Barat.

Dari sini kamu sudah bisa menebak dong apa kulinernya? Yup, inilah ayam taliwang!

Sering Dikira Makanan khas Lombok!

Sesuai namanya, ayam taliwang diambil dari nama daerah tempat asalnya, yaitu Taliwang, Sumbawa Barat. Namun, sebagian besar orang seringkali menganggap bahwa ayam taliwang berasal dari daerah Lombok, sehingga dianggap sebagai makanan khas Lombok. Hal ini kemungkinan besar karena peristiwa sejarah yang terjadi di Lombok, di mana kerajaan Taliwang memperkenalkan kuliner ini di Lombok saat sedang melaksanakan proses perdamaian antara kerajaan Selaparang dan kerajaan Karangasem. Akhirnya, kuliner ayam ini pun mulai dikenal di Lombok dan banyak dianggap sebagai makanan khas Lombok. Kuliner ini pun juga dikenal sebagai kuliner diplomasi berkat peristiwa historis tersebut. Nggak hanya itu, ayam taliwang juga dulu jadi makanan favorit para petinggi Suku Sasak yang hidup dan menetap di pulau Lombok.

Ayam taliwang dimasak dengan menggunakan campuran saus yang dibuat dari berbagai jenis bahan baku dan rempah, seperti bawang putih, bawang merah, garam, gula merah, cabai merah kering, terasi, dan kencur. Setelah semua ayam dibaluri dengan saus tersebut, ayam akan dibakar di atas bara api. Rasanya? Pedas gurih yang begitu menggoda! Terlebih lagi, perasan sedikit jeruk nipis kamu tambahkan ke sajian ayam taliwang. Sensasi pedas ayam taliwang jadi terasa lebih segar! Jangan lupa untuk menikmati sajian plecing kangkung yang dimasak bersama toge dengan baluran bumbu kacang yang bisa menambah kesegaran setelah mulut dibakar pedas nikmat ayam taliwang.

"The Best Grilled Chicken in the World!"

Begitulah kalimat yang keluar dari mulut Mark Wiens, seorang food vlogger ternama di YouTube, sesaat setelah suapan pertamanya dalam menikmati ayam taliwang. Dan rasa-rasanya, ia nggak salah untuk menyebut ayam taliwang sebagai kuliner ayam terenak di dunia.

Sesaat setelah masuk ke dalam mulut, kamu akan merasakan ledakan rasa pedas yang begitu membahana, diiringi dengan cita rasa asin dan gurih yang hadir selanjutnya. Daging ayam taliwang pun terasa begitu empuk dan juicy ketika digigit. Selanjutnya, nikmati sedikit plecing kangkung yang gurih dan menyegarkan untuk meredakan sedikit sensasi pedas membakar di mulut. Sebuah kombinasi yang nggak hanya saling melengkapi, tetapi juga menyeimbangkan.

Kamu bukan pecinta makanan pedas? Tenang, tenang. Selain ayam taliwang pedas, ada juga ayam taliwang manis yang bisa kamu nikmati dengan santai tanpa harus takut lidah kamu terbakar oleh pedasnya cabai. Dinikmati dengan plecing kangkung pun, ayam taliwang manis akan tetap nikmat dan menggoyang lidah kamu!

Mencoba ayam taliwang nggak usah jauh-jauh ke Lombok atau Sumbawa! Kuliner ini sudah tersebar luas ke berbagai penjuru Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Sudah siap menggoyang lidah kamu dengan santapan gurih dan pedas meledak dari kuliner ayam terenak di dunia?