Kreatif & Ampuh, Ini 10 Ide Marketing Restoran yang Bisa Kamu Coba!

17 Jul 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Marketing restoran harus kreatif agar mampu bertahan di tengah persaingan!

Hampir setiap hari, selalu bermunculan banyak usaha kuliner atau restoran yang mengusung beragam jenis kuliner dan konsep. Persaingan pun jadi semakin ketat. Setiap restoran selalu berusaha menonjolkan keunikan dan kualitas produknya. Bahkan, mereka pun sebisa mungkin menggunakan beragam metode pemasaran yang unik agar mampu menarik perhatian dan memperoleh pelanggan tetap.

Sebagai pemilik restoran, kamu pun jangan sampai kalah dalam hal pemasaran produk dan bisnis kuliner kamu. Kamu nggak boleh kalah kreatif dan cerdas dalam melakukan pemasaran bisnis kuliner kamu. Nah, agar kamu nggak bingung lagi cari-cari inspirasi atau ide untuk pemasaran restoran kamu, tenang! Kami punya 10 ide pemasaran kreatif yang bukan main ampuhnya untuk menggaet pelanggan!

1. Awali dari Staf

Pemasaran restoran atau bisnis kuliner kamu bisa kamu awali dari staf kamu. Cobalah untuk meng-highlight setiap staf di balik dapur restoran kamu, ungkap keseharian dan aktivitas mereka di balik dapur, dan angkat cerita mereka ke media sosial restoran kamu. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dan menaruh perhatian pada setiap staf yang bekerja di restoran kamu. Hal tersebut akan membantu untuk mendongkrak brand image restoran kamu.

2. Pakai Open Kitchen

Open kitchen, alias konsep dapur terbuka, bukan cuma sekadar bagian rancangan interior untuk mempercantik restoran kamu. Open kitchen adalah bagian dari pemasaran restoran atau bisnis kuliner yang kamu buat. Kehadiran open kitchen membantu kamu untuk menunjukkan proses kerja setiap staf kamu di balik dapur. Konsep dapur ini memungkinkan transparansi, di mana pelanggan jadi tahu dengan jelas apa saja yang terjadi di dapur dan bahan apa saja yang digunakan. Selain itu, konsep open kitchen bisa menarik perhatian para pelanggan untuk foto atau merekam yang terjadi di balik dapur dan membagikannya di media sosial. Hal ini jadi menimbulkan word of mouth tersendiri untuk restoran kamu.

3. Gunakan Mini Games

Siapa sih yang nggak suka dihibur, terutama dengan permainan kecil-kecilan alias mini game? Nah, agar restoran kamu makin ramai, kamu bisa juga menerapkan mini game seperti fortune wheel setiap beberapa waktu sekali. Mini game ini perlu disertakan dengan berbagai reward menarik. Minimal, reward tersebut bisa membuat mereka tertarik untuk kembali lagi ke restoran kamu. Hadiahnya bisa berupa merchandise, kupon diskon, alat masak, hingga makanan dan minuman gratis.

4. Bermain dengan Cuaca

Tenang, untuk yang satu ini, kamu nggak perlu panggil pawang hujan. Bermain dengan cuaca berarti kamu harus menyesuaikan pemasaran produk di restoran kamu dengan cuaca yang sedang terjadi saat itu. Misalkan, kalau cuaca sedang hujan, kamu bisa melakukan pemasaran atau promosi produk yang cocok untuk dinikmati saat hujan, misalkan cappucino, beberapa pastry hangat, hingga makanan yang berkuah seperti mie atau sup. Kalau cuaca sedang panas-panasnya, lakukan pemasaran atau promosi produk yang bisa menambah kesegaran, seperti minuman dingin atau yang bernuansa tropis atau es krim.

5. Jadi Host untuk Acara

Menjadi tuan rumah untuk acara tertentu adalah kesempatan yang harus kamu ambil untuk restoran kamu. Dengan ikut bagian menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan acara tertentu, orang-orang yang berpartisipasi dalam acara tersebut pun jadi tahu banyak soal restoran kamu. Mereka bisa juga menikmati makanan yang restoran kamu sajikan selama mengikuti acara. Siapa tahu, dengan begini, mereka akan jadi pelanggan kamu selepas mengikuti acara yang restoran kamu naungi.

6. Sediakan Pairings

Sebagai pemilik restoran, kamu harus tahu kalau nggak semua makanan cocok dengan minuman tertentu. Oleh karenanya, kamu perlu namanya pairing yang tepat. Tentukan dulu makanan dan minuman yang cocok untuk dipasangkan bersama. Agar pairing bisa lebih menarik buat pelanggan, coba gunakan skema bundling agar pelanggan bisa memperoleh makanan dan minuman dalam satu paket dengan harga yang lebih murah. 

7. Bikin Secret Menu

Sesuatu yang sifatnya misterius atau rahasia tentu bikin penasaran. Apalagi, kalau kamu punya berbagai menu rahasia di restoran kamu. Kamu bisa membuat konten menu rahasia kamu di media sosial restoran kamu lalu ajak pelanggan kamu untuk menebak nama menunya atau apa saja bahan yang digunakan. Lalu, sediakan reward untuk pemenang yang berhasil menebaknya. Sediakan juga petunjuk-petunjuk kecil di restoran kamu untuk menunjukkan kalau kamu punya menu rahasia yang pelanggan kamu bisa pesan. Menu rahasia itu dijamin bakal bikin word of mouth buat restoran kamu!

8. Ikut Acara Pop-Up

Pop-up event bisa kamu ikuti jika kamu mau melebarkan sayap restoran kamu ke kawasan atau daerah tertentu. Bisa dibilang, pop-up event adalah cara untuk menguji apakah kawasan tertentu cocok dan potensial untuk bisnis restoran kamu. Bawa beberapa menu andalan kamu ke pop-up event tersebut dan lihat bagaimana potensi dan ketertarikan pasar di daerah tempat kamu mengikuti pop-up event. Dengan begitu, kamu jadi bisa menilai potensi pasar sekaligus melakukan pemasaran bisnis kuliner di daerah tersebut.

9. Manfaatkan Hari Besar

Hari besar nggak hanya hari Lebaran, Natal dan Tahun Baru, atau 17 Agustus saja ya! Ada banyak hari-hari besar lain yang bisa kamu jadikan bagian dari promosi dan pemasaran bisnis kuliner kamu. Misalnya, kalau kamu membuka coffee shop, adakan diskon untuk minuman kopi saat Hari Kopi Sedunia, atau promo untuk pelajar yang belajar di coffee shop kamu saat Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional. Cari beberapa hari besar yang unik dan adakan promo khusus. Word of mouth pun akan mengalir dengan sendirinya karena kamu juga ikut merayakan hari besar atau hari spesial tertentu yang orang lain jarang rayakan atau ingat.

10. Program Ulang Tahun

Momen bertambahnya umur adalah momen yang selalu diingat oleh hampir sebagian besar orang. Ucapan ulang tahun yang sederhana saja sudah bisa menghangatkan hati orang yang sedang berulang tahun. Sebagai pemilik restoran, momen ulang tahun ini bisa kamu jadikan salah satu bagian dari pemasaran bisnis kuliner atau restoran kamu. Berikan diskon untuk pelanggan yang sedang berulang tahun dengan memberikan freebies kecil-kecilan, merchandise terbatas, atau free flowing drink untuk pelanggan tersebut. Pastikan cek kebenaran tanggal ulang tahunnya juga ya!

Beberapa ide di atas kami harap bisa membantu kamu untuk mendongkrak pemasaran dan penjualan restoran kamu ya! Selain, ide soal pemasaran atau marketing restoran, kami juga punya beberapa ide untuk dekorasi coffee shop kamu dan cara-cara untuk mempercepat antrean di restoran kamu!