Kopi Luwak Cocok untuk Pecinta Kopi yang Mengidap Penyakit Maag? Yuk Ketahui Faktanya!

17 Nov 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kopi luwak sering direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin ngopi namun punya penyakit maag? Apakah hal ini benar adanya?

Kopi luwak dikenal sebagai salah satu kopi dengan harga termahal di dunia.

Namun, di samping harganya yang mahal dan proses pembuatannya yang cukup nyeleneh, kopi ini sering direkomendasikan banyak orang apabila kamu ingin minum kopi tanpa takut penyakit maag atau asam lambung.

Apakah hal tersebut benar adanya? Mari kita simak pembahasan kali ini!

Kopi Luwak Adalah...

Kopi luwak, sesuai namanya, merupakan salah satu jenis kopi yang hanya ada di Indonesia.

Kopi ini bisa kamu temukan di pulau Jawa dan Sumatera.

Apa yang membedakan kopi luwak dengan kopi-kopi lainnya adalah proses pembuatannya.

Pasalnya, kopi luwak diproduksi dari kotoran luwak yang berasal dari hasil pencernaan buah kopi yang dimakan oleh seekor luwak atau musang kelapa.

Dari sini, lahirlah kopi luwak yang menjelma jadi salah satu kopi termahal di dunia.

Seekor Luwak di Atas Trotoar

Sumber: Unsplash.com

Kandungan Kafein Kopi Luwak

Apakah kopi luwak punya kandungan kafein yang serupa dengan kopi-kopi pada umumnya, seperti kopi arabika dan robusta?

Menariknya, kadar kafein yang terkandung pada kopi luwak tergolong lebih rendah dibandingkan berbagai kedua jenis kopi populer yang telah disebutkan tadi.

Sebuah penelitian dari Universitas Andalas menunjukkan bahwa kopi robusta luwak mengandung 2,04% kafein, sementara kopi arabika luwak mengandung hanya 1,25% kafein.

Hal ini menunjukkan bahwa kedua jenis kopi luwak tersebut lebih rendah kandungan kafeinnya dibandingkan kopi robusta dan arabika biasa.

Apa Kopi Luwak Aman untuk Seseorang yang Mengidap Penyakit Maag?

Kabar baiknya, dengan kadar kafein yang lebih rendah, kopi luwak bisa dikatakan aman untuk seseorang yang mengidap penyakit maag.

Selain karena kadar kafeinnya yang rendah, kopi luwak juga memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah bila dibandingkan kopi arabika dan robusta. Hal ini akan memungkinkan orang-orang yang mengidap penyakit maag untuk bisa minum kopi dengan lebih aman.

Kopi luwak juga bisa dibilang sebagai kopi yang cocok untuk kamu yang baru mulai minum kopi. Pasalnya, kopi luwak punya cita rasa yang lembut, ringan, dan minim rasa getir atau pahit yang nggak bikin mulut nnyaman. Namun, kamu juga bisa mencecap cita rasa buah yang nggak asam dan cenderung menyegarkan.

Kesimpulan

Kopi luwak bisa menjadi alternatif menarik untuk kamu yang ingin tetap minum kopi tanpa perlu takut dengan penyakit maag atau asam lambung. Berkat tingkat keasaman dan kadar kafeinnya yang rendah, kamu yang mengidap penyakit maag atau asam lambung bisa tetap menikmati kopi luwak.

Namun, perlu diingat, bila kamu sudah mulai merasa nggak nyaman dengan perut kamu setelah minum kopi, ada baiknya untuk berhenti sejenak dan mulai batasi konsumsi kopi ya!