Kopi Long Black & Americano, Bagaimana Cita Rasa & Perbedaannya?

21 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Suka bingung membedakan dua jenis kopi ini? Begini perbedaannya!

Long black dan americano.

Kamu yang sering ke coffee shop tentunya familiar dengan dua jenis kopi ini. Long black dan americano pada dasarnya merupakan minuman yang masuk kategori espresso-based. Artinya, minuman ini dibuat dengan menggunakan espresso sebagai bahan minuman utamanya. Namun, meski sama-sama berwarna hitam atau banyak dianggap sebagai kopi hitam, kedua jenis kopi ini memiliki beberapa perbedaan yang spesifik, baik dari cara membuat hingga cita rasanya. Bakan, perbedaan-perbedaan ini masih belum banyak diketahui baik oleh konsumen maupun pelaku coffee shop itu sendiri. Penasaran? Yuk cari lebih lanjut!

Perbedaan Long Black dan Americano

Sumber: Yourdreamcoffee.com

Long Black

Long black adalah minuman esporesso-based yang berasal dari Australia & Selandia Baru. Minuman ini dibuat dengan cara menuangkan espresso ke air panas yang ada di dalam cangkir atau gelas.

Karena proses pembuatannya ini, long black memiliki rasa yang sedikit lebih kuat bila dibandingkan dengan long black. Selain itu, teksturnya pun sedikit lebih creamy dan kental berkat adanya crema dari espresso yang dituangkan ke air panas.

Alhasil, kalau kamu menikmati kopi hitam dengan rasa yang lebih kuat dan tekstur yang lebih kental, long black bisa jadi pilihan kamu saat akan mampir ke coffee shop kesayangan kamu.

Americano

Berbeda dengan long black, americano yang juga merupakan espresso-based mempunyai asal dari Amerika Serikat.

Kopi ini dipercaya lahir ketika Perang Dunia 2, di mana tentara Amerika Serikat yang sedang bertugas di Italia mencampurkan air panas ke dalam minuman espresso agar memiliki rasa yang serupa dengan kopi yang biasa mereka nikmati ketika sedang di Amerika. Dari sana, lahirlah minuman americano.  

Karena proses pembuatannya yang terbalik dengan long black, di mana air panas dituangkan ke espresso di dalam cangkir atau gelas, maka crema yang ada di espresso akan terpecah.

Alhasil, rasanya pun bisa dibilang lebih mellow dan nggak seintens atau sekuat long black. Jadi, kalau kamu ingin ngopi santai dengan kopi hitam, americano harus jadi pilihan kamu.

Nah, Tromates, jadi lebih paham, kan, ketika datang ke coffee shop dan akan pesan salah satu antara dua kopi ini. Mulai sekarang, kamu nggak akan lagi tertukar atau salah pesan ketika lagi di coffee shop!