Kapan Sih Waktu Terbaik untuk Inventory Management di Restoran?

24 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Masih bingung kapan harus manage inventori di restoran kamu? Di sini jawabannya!

Sebagai kegiatan yang cukup tricky dalam proses operasional restoran, inventory management alias manajemen persediaan barang dan bahan baku di restoran perlu dilakukan dengan detil dan teliti. Salah sedikit saja, hasil inventory management akan bikin bingung dan membuat proses bisnis dan operasional restoran ke depannya jadi berantakan.

 

Nggak hanya memerlukan ketelitian, kamu dan staf restoran kamu juga perlu untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan inventory management. Setiap restoran tentunya memiliki frekuensi atau durasi yang berbeda-beda inventory management. Tapi, kapan sih waktu yang paling pas untuk melakukan inventory management di restoran? Apakah seminggu sekali? Dua minggu sekali? Dua hari sekali? Atau bahkan setiap hari?

 

Kunci untuk Inventory Management

 

Ketika kamu memutuskan untuk berkecimpung di bisnis kuliner atau bisnis restoran, kamu dan staf kamu akan menghadapi berbagai bahan baku restoran yang memiliki waktu kadaluarsa, tingkat kesegaran, tingkat ketahanan, dan tingkat ketersediaan yang bervariasi.

 

Oleh karenanya, kunci dalam melakukan inventory management guna memastikan kualitas dan kesegaran setiap bahan baku restoran adalah konsistensi.

 

Artinya, jangan sampai durasi inventory management untuk bahan baku restoran kamu berubah-ubah. Misalnya, awalnya kamu melakukan inventory management setiap 3 hari sekali, lalu tiba-tiba berubah menjadi seminggu sekali, dan berubah lagi menjadi 5 hari sekali. Ada baiknya kamu menjaga konsistensi dalam inventory management sebab kamu bisa saja melewatkan bahan baku yang sebenarnya akan kadaluarsa atau bahkan melewatkan bahan baku yang persediannya hampir habis.

 

Selain itu, kunci kedua dalam melakukan inventory management bahan baku restoran adalah frekuensi yang sesering mungkin. Ada baiknya bagi kamu untuk melakukan inventory management dalam frekuensi yang lebih sering dalam satu minggu, misalkan dua hari sekali atau setiap hari. Hal ini demi memastikan tingkat kesegaran dan ketahanan bahan baku restoran tetap terjaga. Kalau ada bahan baku yang sudah mendekati kadaluarsa atau bahkan sudah nggak layak pakai, staf restoran kamu pun bisa segera menemukannya dan memastikan bahan baku itu nggak dipakai lagi. Selain itu, kamu bisa segera mendeteksi bahan baku yang sudah mulai menipis dan bisa langsung melakukan restocking Dengan begitu, restoran kamu jadi nggak memakai bahan baku yang sudah kadaluarsa untuk diolah dan bisa memiliki ketersediaan yang cukup untuk bahan baku yang hampir habis.

 

Coba bayangkan kalau bahan baku yang hampir habis atau hampir kadaluarsa di persediaan restoran kamu ternyata adalah bahan baku untuk produk best seller, tentunya kamu akan kehilangan potensi untung yang besar. Makanya, kamu harus sesering mungkin melakukan inventory management sesering mungkin dan sekonsisten mungkin.

 

Jangan Lupa Bantuan Teknologi

 

Meski para staf kamu sudah membangun kebiasaan khusus dalam melakukan inventory management secara rutin dan berkala, ada kalanya kelupaan jadi salah satu kondisi yang menghampiri dan ada kalanya juga mereka miss dalam melakukan rekap bahan baku tertentu. Oleh karenanya, perlu bantuan teknologi berupa sistem atau aplikasi khusus, entah itu aplikasi inventory management atau aplikasi POS yang dilengkapi dengan fitur inventory management.

 

Kehadiran aplikasi inventory management atau aplikasi POS siap menjauhkan kamu dari sistem pencatatan persediaan bahan baku secara manual. Kamu nggak perlu lagi kertas dan pulpen untuk catat-mencatat persediaan bahan baku. Dengan aplikasi tersebut, semuanya jadi serba cepat dan kilat. Proses bisnis dan operasional kamu pun nggak akan lagi terhambat.

 

Salah satu yang bisa kamu coba adalah POS Trofi yang bisa diunduh di App Store dan Play Store! Nggak cuma memudahkan kamu untuk mencatat transaksi, membuat laporan usaha, hingga pembayaran cashless, Trofi siap bantu kamu agar inventory management kamu lebih mudah lewat sistem Trofi yang serba cepat dan otomatis. Inventory management jadi nggak perlu berkali-kali!