Kalau 5 Hal Ini Terjadi, Restoran Kamu Harus Ganti Aplikasi POS!

24 Jun 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Jangan ragu untuk ganti aplikasi POS kalau beberapa hal ini kamu alami di restoran kamu!

Menjalankan bisnis kuliner dan restoran bukan cuma tentang mengelola setiap proses kerja dan staf di restoran kamu. Kamu perlu menaruh perhatian dan mengelola setiap sistem dan aplikasi yang membantu pekerjaan dan tugas dari seluruh staf kamu. Salah satunya adalah aplikasi POS (Point of Sales) atau aplikasi kasir.

Aplikasi POS rasa-rasanya sudah jadi bagian yang nggak bisa dipisahkan lagi dari proses operasional bisnis manapun. Aplikasi POS atau aplikasi kasir amat sangat membantu proses operasional dan manajemen restoran kamu. Namun, ada kalanya, meski aplikasi POS bisa dioperasikan dengan beberapa sentuhan jari saja, mulai nggak bisa memenuhi kebutuhan restoran kamu dan justru malah menjadi hambatan dalam proses bisnis dan manajemen restoran kamu. Oleh karenanya, kalau beberapa hal terkait POS ini mulai terjadi, kamu sudah seharusnya ganti aplikasi POS atau aplikasi kasir restoran kamu!

1. Tampilan Memusingkan

Tampilan alias user interface dari aplikasi POS yang kamu pakai akan sangat memengaruhi operasional dan efisiensi proses bisnis kamu.

Coba bayangkan kalau aplikasi POS kamu punya tampilan yang makin lama terkesan makin ribet dan membingungkan. Kondisi ini bisa bikin staf kamu salah input pembayaran, salah kelola menu, salah masukkan metode pembayaran, atau salah kelola persediaan hanya karena masalah user interface. Masalah setitik, jadi merambat kemanapun, kan?

2. Nggak Mampu Melacak Shift

Katakanlah restoran kamu sudah mulai berkembang dan sudah mampu menampung lebih banyak staf untuk bekerja di sana. Kamu pastinya nggak mau bertahan dengan sistem shift manual dengan pulpen dan secarik kertas, kan?

Karena itu, kamu butuh aplikasi POS atau kasir yang nggak hanya membantu kamu mengurus transaksi saja, tetapi juga mengelola hak akses pegawai sehingga dapat mengatur shift dari staf restoran kamu dengan leluasa dan mudah. Kalau aplikasi POS kamu nggak punya fitur ini, sudah saatnya aplikasi itu kamu ganti.

3. Biaya yang Nggak Terjangkau

Restoran yang berkembang dan mulai semakin besar selalu berjalan beriringan dengan berbagai kebutuhan yang biayanya semakin bertambah besar pula. Salah satu sumber pengeluaran atau biaya dari restoran adalah aplikasi POS. Ketika aplikasi POS yang kamu gunakan punya biaya yang makin mahal, sudah saatnya kamu mengganti aplikasi POS kamu ke aplikasi POS yang lebih terjangkau namun masih memiliki fitur yang mumpuni, variatif, dan mampu menunjang kebutuhan bisnis restoran kamu.

4. Minim Fitur

Sebuah aplikasi POS atau kasir yang begitu-begitu saja alias nggak memberikan banyak fitur yang bermanfaat dan mampu menunjang kebutuhan bisnis restoran kamu sudah selayaknya kamu ganti. Minimnya fitur yang hadir di suatu aplikasi POS hanya akan bikin proses bisnis dan operasional di restoran kamu jadi makin sulit. Alhasil, efisiensi operasional pun jadi menurun dan performa restoran kamu bisa angin-anginan alias nggak konsisten.

5. Laporan Nggak Detil

Selain sebagai media untuk membantu mencatat setiap transaksi yang ada, aplikasi POS atau aplikasi kasir juga harus mampu mengelola laporan yang berkaitan dengan restoran kamu, entah itu laporan penjualan, laporan produk, atau laporan persediaan bahan baku.

Aplikasi POS yang baik harus bisa menyajikan pelaporan dengan detil dan terperinci agar pembelian bahan baku, pemahaman mengenai produk yang paling laku, hingga hasil penjualan bisa dipahami dan dikelola dengan lebih lancar. Ketiadaan fitur ini atau kurangnya detil laporan yang diberikan oleh aplikasi POS yang kamu gunakan bisa jadi tanda untuk mengingatkan kamu untuk segera mengganti aplikasi POS kamu.

Aplikasi POS ibarat salah satu roda gir dalam satu sistem yang disebut restoran. Roda gir itu macet atau rusak, maka bersiap-siap untuk menghadapi operasional dan proses bisnis yang berantakan dan kacau.

Makanya, penting buat kamu untuk memiliki aplikasi POS yang nggak hanya terjangkau, tapi juga punya beragam fitur yang bermanfaat, pelaporan yang detil, simpel, dan selalu diperbarui. Untuk dapatkan itu semua, kamu bisa coba Trofi yang sudah bisa diunduh di App Store dan Play Store. Nggak hanya lengkap secara fitur dan pelaporan, tapi juga terjangkau, karena Trofi adalah aplikasi POS atau kasir yang gratis selamanya!