Jenis Biji Kopi nggak Hanya Arabika dan Robusta? Yuk Kenali 2 Jenis Biji Kopi yang Jarang Diketahui Ini!

4 Oct 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Kopi di dunia bukan cuma tentang arabika dan robusta. Ada lagi 2 jenis biji kopi lainnya yang kamu perlu tahu!

Kalau ditanya soal biji kopi yang paling sering kamu dengar atau yang paling populer di pasaran, apa jawaban yang akan kamu lontarkan, tromates?

Pastinya kamu akan menjawab antara biji kopi arabika atau biji kopi robusta.

Tapi, apa kamu tahu kalau di dunia ada lagi jenis biji kopi lain di samping biji kopi arabika dan robusta?

Nah, kali ini, untuk merayakan Hari Kopi Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober lalu, kita akan mengenal secara singkat mengenai biji kopi lain selain arabika dan robusta yang, walau nggak sepopuler arabika dan robusta, tetap punya kekhasannya tersendiri. Ada apa saja?

2 Jenis Biji Kopi Selain Arabika dan Robusta

1. Jenis Biji Kopi Excelso (Ekselsa)

Jenis Biji Kopi Excelso

Sumber: coffeeaffection.com

Jenis biji kopi excelso adalah salah satu biji kopi yang bisa dibilang langka dan jumlah produksinya nggak sebanyak arabika dan robusta. Jenis biji kopi ini berasal dari kawasan Afrika Tengah. Umumnya, kopi ini dapat ditemukan di ketinggian 1,000 - 1,300 meter di atas permukaan laut. Namun, kamu bisa menemukannya juga di ketinggian 700 - 800 meter di atas permukaan laut.

Kopi excelso bisa dikatakan kopi yang masih jadi bahan perdebatan karena asal muasal dan klasifikasinya yang agak membingungkan. Lebih lanjut lagi, jenis biji kopi ini dianggap oleh para ahli kopi sebagai jenis biji kopi yang punya kualitas yang nggak sebaik kopi arabika dan robusta.

Aroma

Jenis biji kopi excelso dikenal punya aroma yang cukup kuat dan pekat ketika diseduh. Aromanya bisa dibilang sedikit lebih tajam bila dibandingkan dengan arabika dan robusta.

Rasa

Cita rasa dari jenis biji kopi ini tergolong cukup unik. Cita rasanya sendiri terasa seperti buah beri dengan nuansa coklat dan krim. Kamu pun juga bisa menemukan cita rasa nangka dan asam buah-buahan.

Hal ini tergolong unik sebab agak berbanding terbalik dengan aromanya yang begitu kuat dan tajam ketika diseduh.

Baca Juga: Takut Asam Lambung, tapi Tetap Mau Minum Kopi? 2 Kopi ini Bisa Jadi Jawabannya!

2. Jenis Biji Kopi Liberika

Jenis Biji Kopi Liberika

Sumber: Coffeeaffection.com

Jenis biji kopi liberika merupakan salah satu jenis biji kopi yang unik dan, seperti jenis biji kopi excelso, termasuk yang paling langka di dunia. Produksi kopi ini pun hanya sekitar 2% di dunia, membuatnya betul-betul berada di bawah bayang-bayang kopi arabika dan kopi robusta. Meski begitu, jenis biji kopi ini punya permintaan yang cukup tinggi di pasar Asia Tenggara, termasuk di Filipina dan Malaysia.

Jenis biji kopi liberika berasal dari Liberia, suatu negara di Afrika yang dikenal punya iklim yang panas. Akibatnya, jenis biji kopi ini mampu hidup di ketinggian 400 - 600 meter di atas permukaan laut, meski dapat juga bertahan di ketinggian di atas 1,000 meter di atas permukaan laut.

Jenis biji kopi ini pertama kali dikenal pada abad 18 dan dikenal sebagai jenis biji kopi yang punya ketahanan tinggi terhadap hama dan penyakit. Kondisi ini membuat jenis biji kopi liberika lebih unggul dari kopi arabika dan robusta dalam hal ketahanannya.

Aroma

Aroma dari jenis biji kopi ini punya aroma yang sedikit floral dan fruity. Namun, sesaat setelah diseduh dengan air panas, kamu akan mendapati wangi coklat, kacang-kacangan, dan kayu-kayuan yang cukup kuat menyeruak dari kopi ini. 

Rasa

Menariknya, rasa dari jenis biji kopi liberika sangat berbanding terbalik dengan aromanya. Cita rasa dari kopi liberika terasa sangat bold dengan nuansa smokey namun juga manis di saat yang bersamaan. Di Filipina, kopi liberika sendiri dijuluki manly coffee atau kopinya para lelaki karena cita rasanya yang tergolong bold dan nendang.

Ternyata, kopi nggak hanya soal kopi arabika dan robusta, Tromates! Walau keduanya cukup sulit ditemukan karena jumlah produksi dan permintaannya yang sangat sedikit, kamu tetap bisa menemukannya di pasaran dan menikmati kekhasannya.