Intip 3 Tips Marketing a la Es Teh Indonesia untuk Naikkan Penjualan dan Kembangkan Restoran Kamu!

20 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Di balik menggilanya Es Teh Indonesia, ada 3 tips marketing yang selalu jadi andalan brand minuman populer ini!

Es Teh Indonesia kini merupakan salah satu brand minuman yang begitu meroket dan mampu bertumbuh dengan begitu pesat. Tingkat penjualannya sendiri sudah mencapai Rp100 - Rp150 juta per bulannya, angka yang fantastis untuk sebuah brand minuman yang sederhana.

Mungkin kamu sendiri nggak bisa membayangkan, kok bisa ada brand minuman yang terlihat sederhana punya penjualan dengan angka yang begitu gila dan bisa membuka cabang dimana-mana dalam waktu cepat? Kali ini, mari melihat lebih dalam tentang strategi marketing yang diterapkan oleh Es Teh Indonesia yang mampu membawanya meroket dengan cepat!

1. Sense of Comedy dalam Media Sosial

Salah satu senjata andalan dari Es Teh Indonesia dalam melakukan marketing melalui media sosial adalah dengan mengedepankan humor. Menurut sang founder, Haidhar Wurjanto, ketika sebuah bisnis menyajikan konten yang kaku dan terkesan nggak kreatif serta nggak menghibur, maka bisa-bisa penonton akan merasa bosan dan nggak tertarik lagi untuk mengikuti bisnis tersebut.

Oleh karena itu, menurutnya lagi, konten media sosial haruslah punya sense of comedy. Konten yang dibuat di media sosial harus bisa menghibur banyak orang sebagai bagian dari kreativitas dalam membuat konten tersebut. Lebih lanjut lagi, ketika kamu memiliki konten yang mampu menghibur dan punya selera humor yang baik, maka kamu bisa meningkatkan engagement dengan banyak orang.

Minuman Es Teh Indonesia

Sumber: Estehindonesia.com

2. Konsep yang Nggak Muluk-muluk

Meroketnya bisnis Es Teh Indonesia sendiri nggak lepas dari konsep bisnisnya yang straightforward dan simpel yang dekat dengan masyarakat Indonesia, yaitu es teh, sebuah minuman yang sangat populer dan selalu jadi bagian kuliner masyarakat Indonesia. Namun, konsep tersebut diolah dan dikembangkan lebih lanjut lagi menjadi minuman es teh dengan beragam variasi yang diracik dan disajikan dengan lebih modern. Jika biasanya minuman es teh hanya bisa dinikmati di berbagai tempat seperti warung makan dan restoran konvensional, kini masyarakat, terutama anak muda, bisa menikmati minuman es teh di suasana tempat yang selayaknya cafe yang nyaman dan bisa dipakai untuk nongkrong dan berkumpul bersama teman dan keluarga.

Nggak cuma itu, berbagai variasi minumannya pun membuat masyarakat yang tadinya hanya bisa menikmati minuman es teh biasa jadi bisa menikmati es teh dengan beragam jenis rasa dan variasi. Hal ini pun nggak akan bikin masyarakat yang mengonsumsi produk Es Teh Indonesia jadi mudah bosan

3. Partisipasi di Berbagai Event

Haidhar Wurjanto mengungkapkan, dalam perjalanannya dan perkembangannya, Es Teh Indonesia berpartisipasi di berbagai event dan bazaar. Dengan partisipasi di event dan bazaar, kamu bisa mengetahui respon dan tanggapan masyarakat secara langsung. Kamu pun bisa melihat apakah produk kamu benar-benar cocok untuk masyarakat. Selain itu, partisipasi seperti ini juga memungkinkan brand kamu untuk memperoleh exposure yang lebih tinggi dan meningkatkan awareness masyarakat akan kehadiran brand kamu.

Dengan memanfaatkan konsep yang dekat dengan masyarakat, marketing yang kreatif dan humoris di media sosial, dan aktif di beragam event tertentu, nggak mengherankan jika Es Teh Indonesia berhasil menjadi salah satu nama yang patut diperhitungkan dalam industri brand minuman di Indonesia.