Inovasi Kuliner Nyeleneh, Nikmat, dan Enak dari Jombang: Bakso Durian!

20 Sep 2022
Berhasil mengcopy link blog
Figure Blog
Apa jadinya jika dua kuliner yang sejatinya "beda dunia" ini digabungkan? Nyeleneh, sekaligus nikmat!

Bakso bisa dikatakan jadi salah satu kuliner khas Indonesia yang paling banyak digandrungi dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Dengan variasi dan isian yang beragam, kamu bisa menemukan berbagai jenis bakso yang nikmat dan bisa kamu nikmati kapanpun, terutama kala cuaca sedang dingin-dinginnya.

Namun, ada satu sajian bakso yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya Jombang, yang punya isian yang mungkin, merupakan salah satu isian yang paling aneh untuk bakso. Bukan cuma daging, bakso ini pun diisi oleh durian!

Kuliner Bakso Durian Unik Khas Jombang

Di Jombang, hanya ada satu tempat makan yang menjajakan kuliner bakso durian. Warung tersebut dikelola oleh sosok yang bernama Iis Marta. Kuliner kreasinya tersebut berawal dari eksperimen atau proses iseng yang dilakukannya dalam membuat bakso. Ia menggunakan durian karena memang di dekat tempat tinggalnya, yaitu Kabupaten Wonosalam, terkenal sebagai produsen buah durian dengan hasil panen yang jumlahnya begitu tinggi. Dari sini, ia berpikir untuk menggabungkan bakso dengan durian.

Untuk pengolahannya, Iis menggunakan buah durian asli yang nggak ditambahkan pemanis atau pengawet sama sekali. Setelahnya, adonan daging sapi dibentuk sebesar bola tenis dan kemudian diisi oleh buah durian. Adonan tersebut kemudian dikukus hingga matang dan kemudian disimpan di dandang layaknya berbagai kuliner bakso lainnya.

Penasaran Sama Rasa Bakso Durian?

Ketika kamu pertama kali mendengar kombinasi kedua makanan ini, sepertinya ini akan jadi kombinasi makanan paling aneh dan nyeleneh yang pernah kamu dengar. Yang satu punya cita rasa manis yang khas dan kuat, yang satu lagi bercita rasa gurih. Apakah kuliner ini akan bekerja dengan baik di lidah masyarakat?

Nyatanya, kuliner bakso durian ini sanggup memperoleh tanggapan positif dari masyarakat. Aromanya begitu khas, cita rasa gurih khas bakso pun tetap terasa, legit durian pun bisa kamu nikmati. Banyak orang pun, baik yang tinggal di Jombang maupun wisatawan luar daerah, selalu mengunjungi tempat ini untuk mencicipi kekhasan dan keunikan kulinernya. Nggak heran bila pendapatan Iis Marta dalam menjajakan bakso durian racikannya bisa mencapai Rp20 juta per bulannya, sebuah angka yang cukup luar biasa untuk sebuah warung bakso sederhana.

Kuliner Bakso Durian dari Jombang

Sumber: Tvrinews.com

Lokasinya yang berada di lereng Pegunungan Anjasmoro juga menambah sejuk suasana, bikin kenikmatan dan kehangatan bakso durian di sini jadi semakin terasa. Untuk seporsi bakso durian yang lengkap dengan mie dan kuah yang hangat, kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp15.000. Di samping bakso durian yang jadi andalan warung makan ini, kamu bisa menemukan kolak durian dan durian bakar selepas menikmati bakso durian.

Untuk mencicipi khasnya dan uniknya bakso durian, kamu bisa datang langsung ke warung makan milik Iis Marta yang berlokasi di Dusun Mojoanyar, Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur.